Home » Fungsi Aplikasi VPN dan Resiko Penggunaanya, Penting Diketahui!

Fungsi Aplikasi VPN dan Resiko Penggunaanya, Penting Diketahui!

VPN merupakan layanan gratis dan berbayar yang memungkinkan pengguna untuk bisa mengakses web dengan menggunakan server jaringan lain. Fungsi aplikasi VPN juga tidak hanya untuk membuka website yang telah diblokir. Namun masih banyak fungsi lainnya.

Daftar Isi

Fungsi Aplikasi VPN

Fungsi VPN yaitu layanan yang digunakan untuk menerobos akses situs dengan menggunakan jaringan lain yang tidak diblokir. VPN sendiri yaitu singkatan dari Virtual Private network.

Fungsi dari VPN tidak hanya itu melainkan masih ada lagi fungsi lain yang bisa dimanfaatkan penggunanya. Dibawah ini adalah fungsi VPN lebih lengkapnya:

1. Untuk Mengakses Web Yang Diblokir

Kominfo memang memblokir beberapa situs seperti reddit, Tumblr, dan Netflix. Jika web sudah diblokir oleh kominfo maka tidak akan bisa dibuka dengan berbagai provider yang ada di tanah air.

BACA JUGA:  Chrome Dino Tanpa Koneksi Internet, Cocok Dimainkan Saat Bosan!

Untuk itu banyak pengguna smartphone yang memanfaat VPN untuk membuka situs tersebut. Meskipun pengguna harus memasang aplikasi VPN dan membukanya terlebih dahulu namun setelah itu web yang diblokir akan bisa dibuka kembali.

2. Merubah IP Address

Fungsi lain dari aplikasi VPN yakni dapat digunakan untuk merubah IP Address. Pengguna yang merubah IP Address menjadi Anonymous akan sulit dideteksi keberadaannya. Tentu fungsi ini sangat menguntungkan bagi penggunanya.

3. Melindungi Data Privacy Ketika Mengakses Wifi umum

Melindungi data pribadi memang sangat penting karena jika data pribadi bocor maka akan ada oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkannya. Dengan menggunakan VPN maka pengguna bisa melindungi privacy ketika mengakses Wifi umum. Mengaktifkan VPN ajan meminimalisir terhadap kejahatan pencurian data oleh pihak tertentu.

BACA JUGA:  Cara Menginstall Ulang Windows 10 Melalui Flashdisk, Paling Mudah Dilakukan

4. Dapat Menyembunyikan Lokasi

Jika sudah melakukan perubahan pada IP address maka lokasi real time juga akan berpengaruh. Menyembunyikan lokasi secara real time juga merupakan fungsi aplikasi VPN baik Android maupun iOS. Tujuan online pengguna dapat berganti seiring dengan lokasi server yang diganti juga.

5. Mampu Merahasiakan Kegiatan Browsing

Selain bisa melindungi data pribadi, aplikasi VPN juga bisa menjaga dan merahasiakan kegiatan browsing penggunanya. Kegiatan browsing yang dilakukan tidak akan bocor jika menggunakan VPN. Tentu ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang merahasiakan aktivitas onlinenya.

Resiko Menggunakan Aplikasi VPN

Selain banyak fungsi yang bisa dirasakan penggunanya, aplikasi VPN juga ada resiko dalam penggunaannya. Pengguna harus mewaspadai resiko yang ada ketika menggunakan VPN secara gratis.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!