Home » 6 Tips Freelance untuk Pelajar agar Efektif dan Tidak Mengganggu Sekolah

6 Tips Freelance untuk Pelajar agar Efektif dan Tidak Mengganggu Sekolah

Pada zaman sekarang bekerja sebagai freelance untuk pelajar ternyata cukup mudah. Cocok digunakan untuk Anda yang masih menjadi pelajar SMP, SMA atau kuliah. Bagi orang yang sudah bekerja juga boleh.

Umumnya lebih banyak dipilih oleh siswa atau mahasiswa yang hampir atau sudah lulus. Terutama jika saat ini memang belum menemukan pekerjaan. Hasilnya perlu mengambil side job dengan pendapatan yang baik.

Mengambil pekerjaan semacam ini terbilang sangat menyenangkan bahkan bagi orang yang melihatnya saja. Terlebih hanya berhadapan dengan laptop atau komputer saja. Tanpa adanya persyaratan terlalu sulit saat mencoba.

Disini Anda bisa mengatur sendiri bagaimana momen penerimaan job. Mau mengambil dalam jumlah banyak atau sedikit terserah dengan kemampuan. Tapi tetap harus punya target berupa meraih gaji yang cukup dulu.

Meski bukan termasuk memperoleh pendapatan secara rutin, bukan berarti gajinya kecil. Malah besar jika proyek yang diperoleh bagus. Belum lagi memperoleh kepercayaan dari para klien dari semua golongan.

Tips Freelance untuk Pelajar Pasti Efektif

Freelance untuk Pelajar

Agar pekerjaan ini berjalan dengan baik tanpa ada hambatan atau trouble, perhatikan langkah-langkahnya dulu. Terlebih jika masih memiliki kesibukan lain sebagai pelajar. Harus menyesuaikan kemampuan, waktu dan faktor penting lainnya.

  1. Ketahui Passion

Trik pertama saat memulai kegiatan freelancing ini adalah ketahui passion. Terutama agar tahu apa proyek yang ingin diambil. Harus berdasarkan hal favorit dan punya kemampuan dalam bidang tersebut.

Pada setiap situs freelance untuk pelajar, umumnya orang suka memilih desain grafis, edit foto atau video. Bisa juga sekedar menulis artikel konten. Terlebih programming dan developing mungkin masih cenderung berat.

  1. Rajin Kunci Kesuksesan

Satu hal yang perlu Anda ingat, namanya rajin selalu menjadi kunci kesuksesan. Makanya setiap pekerja lepas pastinya tidak boleh malas. Terlebih karena harus rajin mempromosikan diri dan skill.

Apalagi hal semacam ini gunanya demi mencari klien. Pasti dapat membuktikan kalau Anda memang pantas menerima job. Tentu akan lebih bagus dibanding dengan saingan pada time proyek sejenis.

Mungkin selama ini kalau berbicara tentang kerja lepas, maka selalu identik dengan kesantaian. Padahal mereka juga selalu dikejar dengan deadline. Dalam artian harus mengerjakan dengan cepat.

Tidak heran kalau kurang rajin dalam bekerja, maka pendapatan pasti selalu kecil. Penyebab utamanya mungkin karena proyek yang diambil sedikit. Meskipun banyak, pekerjaan selesainya malahan lama.

  1. Riset Gaji

Sebelum Anda memulai freelance untuk pelajar, usahakan selalu riset gaji terlebih dahulu. Terlebih karena saat ini posisi atau kedudukan masih pelajar. Kebanyakan pasti tidak dapat berekspektasi gaji tinggi.

Dalam melakukan riset berapa gaji yang cocok, bisa mencari lewat forum. Dapat ditemukan di media sosial maupun platform lainnya. Boleh tanya dengan freelancer lain tentang berapa gaji rata-rata mereka.

Sebenarnya untuk pendapatan bisa diperoleh melalui tawaran langsung dari sang klien. Kalau memang membuat Anda senang, maka dapat dipertahankan. Kalau kurang puas, maka boleh meminta kenaikan sesuai hasil.

Tapi jika Anda memiliki kemampuan yang memang baik, gaji akan lebih besar. Terutama masih banyak juga pelajar juga memiliki skill yang baik. Bahkan tidak kalah hasilnya dengan para freelancer profesional.

  1. Update Kebutuhan Klien

Selanjutnya Anda perlu selalu update apa saja kebutuhan klien. Pasti semua keinginan tidak akan sama disebabkan oleh perubahan zaman. Bahkan seringkali bisa saja berubah setiap hari tanpa terhentikan.

Tapi untuk para pekerja lepas bisa tenang karena freelance untuk pelajar akan membantu. Terlebih dengan terdapat fitur viral pada website. Bisa mencari tahu apa yang sedang hot dan dimasukkan proyek.

Misalnya desain 2D dibuat dengan tambahan warna dan simbol kekinian. Tidak masalah jika meniru desain orang lain tapi harus ada sisi original. Terutama pada bagian yang dianggap paling menonjol.

Hal ini juga penting dilakukan jika mau membuat proyek foto dan video. Misalnya ada pekerjaan edit foto, ada efek tertentu bisa digunakan. Sama halnya dengan video yang memiliki transisi modern.

  1. Pentingnya Personal Branding

Selanjutnya Anda juga perlu mempelajari tentang bagaimana pentingnya personal branding. Sebenarnya hal ini bisa kita masukkan dalam poin kedua. Tapi disini lebih khusus untuk promosi tentang keunikan.

Dalam melakukan branding, maka bisa dengan dengan memajang karya pada akun website freelancing. Tapi kalau memiliki media sosial juga sama-sama efektif. Semua karya milik Anda tinggal pajang disana.

Usahakan saat melakukan branding freelance untuk pelajar, selalu terdapat tulisan khusus. Di mana paling penting mengenai apa pesan yang terdapat pada karya tersebut. Selalu membawa kesan baik untuk calon klien.

Selain itu bergabung dengan grup sesuai pekerjaan juga boleh. Misalnya memiliki keahlian dalam membuat desain, boleh gabung ke grup Photoshop dan sebagainya. Pasti akan ada orang tertarik dengan jasa Anda.

  1. Jangan Melewati Deadline

Trik terakhir yaitu jangan pernah melewati deadline saat bekerja. Tidak ada klien yang senang jika pekerjaan yang sudah mereka beri terlambat selesainya. Meski hanya beberapa jam pasti tetap ada masalah.

Inilah yang menjadi tanggung jawab besar bagi kebanyakan freelancer. Meski mau lebih lambat dalam menyerahkan job, harus ada komunikasi dengan klien. Akhirnya ada kesepakatan yang selalu memberi keuntungan keduanya.

BACA JUGA: 10 Daftar Situs freelance Indonesia

Tapi menghindari deadline memang menjadi identitas yang harus Anda miliki. Terlebih karena memiliki kemampuan tepat waktu, pasti selalu dijadikan andalan bagi konsumen. Tanpa ragu selalu pesan jasa kita.

Kalau berhasil menjalankan semua trik diatas, pasti pekerjaan selalu berjalan dengan baik. Meski ada hambatan, tapi dapat dibicarakan dengan baik. Terlebih jika klien sudah percaya dengan kemampuan Anda.

Menjalankan semua tips tersebut juga menjadi pendorong agar calon klien berdatangan. Kualitas proyek yang dikerjakan juga akan mendorong kesuksesan tercipta. Pastikan hubungan dengan klien freelance untuk pelajar kuat.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!