Home » Financial Reporting: Pengertian, Langkah Pembuatan dan Tantangannya

Financial Reporting: Pengertian, Langkah Pembuatan dan Tantangannya

Sebagai bagian dari pengembangan bisnis, financial reporting yang akurat dan sistematis sangat diperlukan. Akan sangat sulit memberikan keputusan yang tepat dan solutif apabila tidak mengetahui bagaimana kondisi kesehatan finansial bisnisnya.

Sebagai pemilik usaha tentunya harus memiliki kepekaan dan pemahaman tentang bagaimana laporan keuangan dibentuk serta dipergunakan. Karena selain membantu mempertimbangkan keputusan, juga membantu menarik pendanaan dari investor maupun bank.

Finansial report sendiri memiliki definisi sebagai sebuah rangkuman informasi tentang kondisi finansial sebuah perusahaan dalam rentang waktu tertentu. Seberapa banyak uang yang dimiliki, dari mana uangnya berasal, dan untuk apa uang tersebut, adalah poinnya.

Informasi tersebut sangat penting karena ada banyak sekali keputusan yang terkait dengan kondisi keuangan perusahaan. Contohnya mengurus perpajakan, menarik calon investor, atau menggunakan modalnya untuk mengembangkan bisnis lebih jauh lagi.

Memahami Nilai Penting Financial Reporting

Meskipun setiap orang memahami pentingnya membuat laporan keuangan, namun kenyataannya belum semua orang menyusunnya secara baik. Bahkan tidak jarang mengabaikan detail – detail penting dalam pelaporannya, padahal memiliki beberapa manfaat.

1.      Membuat Keputusan Finansial menjadi lebih baik

Setiap keputusan yang baik berdasarkan data – data aktual. Contohnya ketika memutuskan hendak melakukan campaign di media sosial menggunakan ads.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!