Home » Laporan Keuangan Perusahaan Dagang, Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Laporan Keuangan Perusahaan Dagang, Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Laporan keuangan perusahaan dagang penting dilakukan bagi kalangan yang hendak membangun bisnis dan perusahaan. Membuat jurnal untuk tujuan kelancaran administrasi pajak tidak boleh dilakukan asal-asalan.

Setiap perusahaan umumnya menjalankan roda bisnis untuk mencari keuntungan maupun laba. Namun hal tersebut bisa terkendala lantaran berbagai macam hal yang terjadi di internal perusahaan.

Oleh sebab itu perusahaan membutuhkan catatan berisi laporan keuangan yang dibuat oleh akuntan profesional. Catatan tersebut dibutuhkan untuk mengetahui setiap perkembangan bisnis perusahaan per periode.

Laporan keuangan perusahaan dagang bermanfaat bagi pebisnis yang ingin mengetahui prospek laba dan rugi bisnis di masa depan. Sederhananya, laporan tersebut bisa Anda manfaatkan untuk melihat kondisi keuangan perusahaan.

Berdasarkan catatan tersebut pemimpin perusahaan dapat menentukan dan mempertimbangkan keputusan. Sehingga keputusan yang diambil dapat mendongkrak keuntungan perusahaan di masa depan karena menggunakan berbagai pertimbangan dan analisa.

Tidak hanya itu saja dalam skala besar rupanya laporan mempunyai peran yang besar. Salah satu contohnya dapat dijadikan referensi oleh kalangan investor yang ingin bergabung ke dalam bisnis tersebut.

Pengertian Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Laporan keuangan untuk perusahaan perdagangan merupakan catatan yang memang dirancang oleh bagian manajemen atau akuntan profesional. Laporan tersebut dibuat untuk menyajikan kinerja maupun posisi keuangan perusahaan.

Catatan yang berisi laporan dibuat pada masing-masing periode. Sehingga perusahaan dan investor dapat mengetahui perkembangan bisnis dari masa ke masa secara rinci, jelas, dan terstruktur.

Laporan dagang perusahaan biasanya mencangkup beberapa hal yang berhubungan dengan prospek bisnis perdagangan. Seperti laporan tentang laba dan rugi, neraca, ekuitas pemilik usaha, dan arus kas dagang.

Dalam penerapannya laporan keuangan perusahaan dagang tidak hanya diperlukan oleh pihak intern yang menjalankan bisnis saja. Perannya juga penting untuk pihak luar perusahaan seperti kreditor, investor, dan lainnya.

Kapan periode pembuatan laporan keuangan yang baik bagi perusahaan dan investor? Secara umum catatan keuangan bagi perusahaan perdagangan dibuat pada akhir periode dari bisnis yang sedang dijalankan.

Setiap perusahaan memang mempunyai catatan waktu atau periode bisnis yang tidak sama. Misalnya perusahaan A membuat catatan laporan sebulan sekali sementara perusahaan B mencatatkan hasil laba rugi seminggu sekali.

Meskipun berbeda waktu pencatatan namun tujuan akhir dari pembuatan laporan tersebut sama. Tujuannya untuk mengetahui perkembangan dan prospek laba rugi perusahaan selama periode yang ditentukan.

Lantas mengapa perusahaan dagang perlu mengupdate catatan keuangannya? Hal ini lantaran perusahaan dagang merupakan jenis bidang usaha yang menjual benda, objek, maupun produk kepada konsumen.

Sehingga produk yang diperjualbelikan dalam sektor bisnis ini diantaranya pakaian, kendaraan, toko gadget dan bisnis dagang lainnya. Dengan adanya pencatatan tiap periode maka perusahaan dagang tersebut dapat memantau laba.

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang Indonesia

Catatan yang berisi laporan financial perusahaan di Indonesia bisa dibuat dengan menerapkan beberapa contoh. Berikut ini adalah contoh-contoh laporan catatan financial pada perusahaan perdagangan di Indonesia:

  • Laporan laba rugi pada perusahaan dagang

Contoh pertama yaitu laporan jenis laba rugi yang dibuat oleh perusahaan di bidang perdagangan. Laporan laba rugi biasa dikenal dengan istilah catatan operasi atau profit loss statement.

Catatan tersebut merupakan laporan keuangan yang bersifat krusial dan utama bagi perusahaan. Tujuan pembuatan laporan laga dan rugi yaitu untuk melaporkan secara ringkas pendapatan perusahaan.

Selain itu laporan jenis ini juga digunakan untuk melihat kerugian, keuntungan, dan pendapatan bersih dari produktivitas perusahaan. Tentunya catatan tersebut memuat informasi selama kuartal maupun periode waktu tertentu.

Di dalam contoh laporan keuangan perusahaan dagang ini memuat informasi krusial. Diantaranya pendapatan (revenues), beban (expenses), keuntungan dan kerugian (gains and losses), pendapatan bersih (net income).

  • Laporan arus kas perusahaan dagang

Laporan arus kas merupakan salah satu contoh catatan keuangan yang sifatnya penting dan utama bagi perusahaan dagang. Catatan tersebut merupakan laporan kas perusahaan yang berisi arus belanja dan hasil.

Periode yang dimaksud di dalam laporan arus kas seperti tahunan, kuartal, maupun bulanan. Laporan tersebut merupakan jembatan antara neraca dan catatan laba rugi karena menunjukkan arus kas keluar masuk.

Terdapat tiga bagian penting yang tercantum di dalam catatan arus kas perusahaan dagang. Ketiganya yaitu aktivitas operasi, aktivitas investasi dan aktivitas pendanaan yang mempunyai peranan masing-masing.

  • Laporan neraca perusahaan dagang Indonesia

Neraca dibuat agar membantu pemilik bisnis agar bisa menganalisa dan mengevaluasi posisi financial perusahaan. Neraca keuangan dapat digunakan untuk menentukan langkah kebijakan dan keputusan perusahaan.

Neraca berbeda dari contoh-contoh sebelumnya yang dibuat pada periode masa sekarang. Rupanya neraca dibuat dengan merinci laporan keuangan pada tahun-tahun sebelumnya dengan metode perbandingan.

Fungsi Utama Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Catatan yang berkaitan dengan akuntansi pada dasarnya diperlukan oleh perusahaan dagang sebagai sarana komunikasi informasi. Lewat laporan keuangan tersebut perusahaan dapat mengambil berbagai informasi keuangan yang dibutuhkan.

Selain itu catatan laporan financial dapat dibagikan kepada pihak-pihak yang mempunyai kepentingan sama di dalam perusahaan. Mulai dari pihak internal sampai pihak luar yang mempunyai pengaruh besar terhadap jalannya perusahaan.

BACA JUGA: Manfaat Analisis Laporan Keuangan

Fungsi utama laporan keuangan perusahaan dagang dapat dilihat berbagai hal yang didapat dari pembuatannya. Dalam hal ini laporan financial perusahaan mencerminkan keunggulan dan kelemahan sebuah bisnis.

Terdapat beberapa fungsi pokok dari pembuatan laporan bagi perusahaan dagang di Indonesia. Diantaranya untuk mengawasi keuangan, menentukan dividen, informasi ke investor, dan kontrol pengawasan pemerintah.

Jadi, berdasarkan contoh, pengertian sampai fungsinya memang catatan keuangan sangat krusial bagi perusahaan perdagangan. Oleh karena itu laporan keuangan perusahaan dagang wajib dibuat dengan baik dan benar.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!