Home » Financial Advisor: Pengertian, Peran dan Manfaat Bagi Pribadi dan Bisnis

Financial Advisor: Pengertian, Peran dan Manfaat Bagi Pribadi dan Bisnis

Indonesia sedang menunjukkan adanya kenaikan tren inklusi keuangan, yaitu bertambahnya layanan keuangan, financial advisor salah satunya. Adanya kenaikan tersebut merupakan penanda bahwa masyarakat Indonesia mulai memperhatikan keuangannya.

Naiknya angka inklusi keuangannya juga dipacu oleh meningkatnya kesadaran serta literasi masyarakat Indonesia. Edukasi dari berbagai pihak, seperti pemerintah dan influencer.

Serta bertambahnya layanan keuangan menjadi pemicu mengapa anak muda ingin merencanakan keuangannya secara teratur. Namun tidak semua orang mampu merencanakan atau mengelola uangnya secara baik.

Masih banyak orang menghabiskan uangnya untuk berbagai keinginan jangka pendek, akibatnya tidak punya simpanan bagi masa depannya. Permasalahan ini sebenarnya dapat diatasi ketika seseorang memiliki penasihat keuangan.

Tidak hanya membantu mengelola saja. Tetapi juga menunjukkan bagaimana langkah membelanjakan uangnya secara lebih efisien dan efektif.

BACA JUGA:  Memahami Apa Itu Ekonomi Bisnis, Pengertian dan Ruang Lingkup di Dalamnya

Pengertian dan Peran Financial Advisor

Financial advisor atau penasihat keuangan adalah sebuah pihak yang membantu kliennya agar lebih teratur dalam mengelola keuangan pribadi atau bisnisnya. Tidak hanya membicarakan tentang pemasukan atau pengeluaran, tetapi juga investasi.

Dalam menjalankan tugasnya, seorang advisor harus mampu memahami bagaimana kondisi kliennya secara utuh dan obyektif. Tidak jarang klien kurang memahami bagaimana kondisi kesehatan keuangannya, jangka pendek maupun jangka panjang.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!