Home » Apa Itu Endorse Instagram, Endorsement dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa Itu Endorse Instagram, Endorsement dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Endorse instagram – Perilaku manusia dari waktu ke ke waktu mengalami perubahan dari yang dahulu berkiblat pada media televisi menjadi media HP. Dalam urusan fashion pun jika dahulu meniru dan mencontoh artis-artis di televisi, sekarang berpindah ke artis instagram tau biasa disebut selebgram.

Walaupun perubahan ini tidak 100 % mengalami pergeseran, namun artis selebgram ini makin banyak di jadikan acuan ketika akan memakai suatu barang.

Berikut adalah beberapa ulasan tentang endorse instagram.

vectorjuice / Freepik

Pengertian Endorse

Endorse artinya adalah pernyataan dari suatu pihak untuk mendukung suatu produk terkait fitur maupun manfaatnya.

Isilah endorse mungkin sudah kita kenal dari jaman dahulu ketika artis-artis di endorse suatu produk untuk memperkenalkan produk tersebut ke publik.

Dan untuk bisnis online instagram bisa memanfaatkan hal ini dengan mengendorse para selebgram untuk membantu agar produk-produk mereka lebih terkenal.

Cara melakukan Endorse Instagram

Para pebisnis online shop bisa mengirimkan produk mereka untuk di pakai oleh para selebgram yang memiliki jumlah followers yang banyak. Jika produk anda di pakai dan di posting di instagram artis selebgram maka secara tidak langsung akan meningkatkan nilai jual dari produk anda.

Untuk masalah endorse, selebgram memasang harga berapa itu tergantung dari tiap individu artis selebgram tersebut. Nilai tarif antar selebgram mungkin juga berbeda-beda tergantung seberapa terkenal mereka dan seberapa banyak jumlah followers mereka.

Endorsement ibarat simbiosis mutualisme yang menguntungkan 2 belah pihak, di satu sisi online shop mendapatkan promosi sedangkan selebgram mendapatkan profit.

Keuntungan Endorse Instagram untuk Pemasaran

Cara promosi yang efektif

Seorang selebgram dengan jumlah followersnya yang banyak, ketika melakukan postingan di Instagram pasti akan menjadi perhatian bagi followersnya, dengan memanfaatkan hal tersebut maka jika produk kita di pakai oleh artis selebgram tersebut maka akan menjadi media promosi yang efektif bagi produk online shop yang di pakai oleh artis selebgram

Meningkatkan kredibilitas

Dengan di pakainya produk anda oleh artis atau publik figure maka akan meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan terhadap akun instagram anda dan juga produk anda bahwa akun anda memanglah akun yang terpercaya dan bukan tipu-tipu.

Meningkatkan penjualan

Dengan banyaknya followers yang melihat produk anda di pakai oleh artis selebgram maka memungkinkan mereka tertarik untuk memakai produk anda.

Jika artis tersebut punya pengaruh besar terhadap fans atau pengikutnya maka para fans biasanya akan meniru artis idolanya dan hal itu bisa meningkatkan penjualan produk anda

Menambah followers

Jika pengikut para artis yang anda endorse tertarik dengan produk anda maka mereka akan follow akun anda. Disitu followers anda akan bertambah

Meningkatkan nilai brand produk

Dengan cara di pakai oleh artis artis terkenal maka secara tidak langsung nilai dari brand produk anda akan ikut terangkat.

Haruskah Melakukan Endorsement?

Jika permodalan atau sirkulasi keuangan usaha sudah lancar, maka melakukan endorsement bukan menjadi suatu masalah, namun jika keuangan belum memungkinkan maka tidak perlu di paksakan karena masih banyak cara promosi yang lainnya.

Pilih Endorse Artis Selebgram Atau Influencer?

Akun Selebgram

Mungkin sebagian orang pengguna Instagram sudah familiar dengan kata selebgram, namun ada yang belum mengetahui sebenarnya apa itu selebgram. Selebgram singkatan dari “Selebriti Instagram’ adalah sebutan yang ditujukan kepada pengguna Instagram yang memiliki followers Instagram banyak atau pengagum yang banyak.

Setiap foto atau video yang di posting biasanya menarik dan mendapatkan respon yang banyak baik suka atau komentar dari netizen atau menjadi viral sehingga akun Instagram tersebut menjadi terkenal.

Tidak ada kategori khusus untuk seseorang bisa menjadi Selebgram, hanya jika kita perhatikan mereka memiliki banyak sekali followers instagram berjumlah puluhan ribu hingga jutaan followers Instagram dan sering mempromosikan produk dari berbagai merk dari pengusaha online di media sosial Instagram. Ini yang biasa di sebut dengan endorsement.

Bagi mereka yang memang sebelumnya sudah menjadi artis terkenal dan biasa muncul di layar kaca maka dengan sendirinya bisa menjadi seorang Selebgram, namun ada juga Selebgram yang sebelumnya bukan siapa-siapa dan menjadi terkenal dengan akun Instagram saja.

Akun Influencer

Salah satu jenis akun yang banyak di cari untuk di endorse selain akun Selebgram adalah Akun Influencer. Influencer adalah seseorang yang memiliki pengaruh besar terhadap suatu pasar tertentu, kelompok dan komunitas tertentu.

Misalkan seorang Bambang Pamungkas memiliki pengaruh besar dan fans banyak pada komunitas penggemar sepakbola bukan bulutangkis, sebaliknya seorang Taufik Hidayat memberikan pengaruh besar dan banyak fans di dunia bulutangkis bukan sepakbola.

Akun influencer sebenarnya bukan untuk mencari endorsement, tapi banyak di pilih oleh pebisnis online untuk di endorse karena komunitas dan pasarnya jelas. Jika anda seorang pebisnis di bidang jersey, sepatu, dan pernak pernik di bidang sepakbola maka akan lebih efektif jika anda mengendorse seorang Bambang Pamungkas daripada mengendorse seorang Selebgram.

Nah dengan mengetahui apa itu Selebgram dan apa itu Influencer maka anda bisa mempertimbangkan 2 jenis akun tersebut jika akan melakukan endorse untuk pemasaran produk anda. Semoga bermanfaat.

Cara Memilih Endorsement Instagram Yang Tepat

Walaupun endorse selebgram merupakan promosi yang efektif namun menemukan artis endorse yang tepat tidaklahlah mudah. Karena artis satu dengan lainnya memiliki karakter yang berbeda-beda dan anda harus menyesuaikan dengan anggaran yang anda miliki dan produk yang anda jual.

Pemilihan endorsement yang tepat akan meningkatkan nilai brand anda. Berikut kami sampaikan beberapa tips cara memilih endorsement

Jangan memilih sembarangan

Pada saat ini ada banyak artis selebgram jasa endorsement dengan harga yang murah, tetapi anda harus tetap memperhatikan bahwa artis selebgram yang anda pilih relevan atau tidak untuk meningkatkan nilai brand anda.

Anda harus lebih sabar untuk memilih artis selebgram yang tepat dan sesuai dengan produk anda.

Lihat history endorsement artis tersebut

Teliti dan gali informasi dari beberapa produk yang telah di promosikan oleh artis selebgram tersebut,agar anda memiliki ide bagaimanakh produk anda akan di promosikan nanti. Lihat juga apakah followersnya dapat menerima dengan baik dari apa yang telah di promosikan.

Lihat Profil selebgram tersebut

Bagaimanakan profil dari selebgram tersebut akan menetukan apakah artis tersebut akan cocok atau tidak dengan produk yang akan anda promosikan. Kita ambil contoh anda berjualan hijab maka kurang tepat jika anda mengendorse artis yang kesehariannya tidak memakai hijab.

Memastikan followers mereka tepat untuk produk anda

Hal ini sangat penting karena tujuan dari endorse selebgram adalah mendapatkan interaksi dan penjualan dari followers selebgram tersebut.

Kita ambil contoh jika produk anda adalah produk yang menjual barang tentang baju wanita, maka seorang Ade Rai tidak akan membantu untuk terhubung dengan konsumen yang anda inginkan. Beda jika anda menjual alat-alat fitnes maka Ade Rai akan sangat cocok untuk anda endorse.

Memperhatikan keterlibatan followers terhadap artis selebgram tersebut

Anda harus memilih artis endorsement dengan keterlibatan followersnya yang tinggi konversinya. Misalkan seorang artis memiliki jumlah followers 5 juta namun tiap posting hanya memiliki jumlah like, komentar hanya 50 maka konversinya adalah kecil.

Semakin besar followers yang  terlibat dalam postingan yang di buat oleh artis selebgram andamaka semakin besar pula para followers tersebut akan mendengarkan dari apa yang di rekomendasikan dari artis selebgram tersebut.

Perhatikan kualitas foto dan konten di akun selebgram

Seorang artis selebgram yang profesional maka akan memposting foto dengan cara yang baik dan terlihat profesional. Kualitas foto yang di posting juga tidak asal-asalan. Ini akan menjadi tolok acuan bagaimanakan artis tersebut nantinya akan mempresentasikan produk anda di postingan mereka.

Bandingkan dengan selebgram lainnya

Dengan mencari beberapa artis endorsement maka anda memiliki pilihan. Jika sama-sama memiliki potensi pomosi yang sama kuatnya maka anda bisa memilih mana artis tersebut yang memberikan harga lebih murah karena itu berarti akan menekan anggaran promosi anda.

Kesimpulan

Memilih artis selebgram memang tidaklah mudah, anda harus benar-benar memastikan bahwa artis tersebut bisa bermanfaat untuk promosi untuk produk anda.

Artis tersebut haruslah memiliki etos kerja yang bagus dan memiliki komitmen untuk bisa membantu meningkatkan nilai jual produk anda jadi bukan semata untuk mendapatkan uang saja.

Semoga ulasan yang kami sampaikan ini bisa memberikan anda referensi bagaiamanakah anda akan mencari artis endorsement yang tepat untuk produk anda.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!