Desain logo Barbershop harus dibuat dengan langkah yang tepat dan tema yang menarik. Hal tersebut dilakukan agar pengunjung tertarik untuk mengunjungi Barbershop yang menggunakan desain logo tersebut.
Beberapa pengusaha memilih menggunakan jasa desain logo karena ingin hasil yang cepat. Namun, baik membuat sendiri maupun menggunakan jasa desain terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan tentang desain logo untuk barbershop yang baik.
Kriteria Desain Logo Barbershop yang Baik dan Efektif
Desain logo pada usaha Barbershop yang baik dan efisien memiliki beberapa kriteria yang harus dimiliki. Berikut ini kriteria desain logo untuk Barbershop yang baik dan efisien antara lain:
1. Bisa Dideskripsikan
Desain logo Barbershop yang baik harus bisa dideskripsikan dengan baik oleh para calon pengunjung ketika melihatnya. Logo yang baik tidak akan membuat target pasar kesulitan menemukan makna logo tersebut.
2. Asli Atau Original
Desain logo yang dibuat untuk usaha Barbershop harus asli dan tidak plagiat dari logo lain. Keaslian desain ini juga bisa ditambahkan dengan ide kreatif sehingga membentuk desain logo yang unik.
3. Timeless Atau Bertahan Lama
Pada usaha Barbershop, sangat penting untuk memilih desain dengan baik agar pengusaha tidak berpikir menggantinya. Desain yang bersifat timeless akan membuat pelanggan cepat lupa dengan Barbershop tersebut.
4. Sederhana Dan Memorable
Bentuk desain logo Barbershop juga harus didesain dengan sederhana serta mudah untuk diingat. Desain logo yang terlalu rumit hanya akan membuat pengunjung tidak tertarik atau tidak dapat mendeskripsikannya.
5. Flexible
Desain logo untuk Barbershop juga akan lebih baik jika bersifat flexible. Bentuk Desain logo yang terlalu rumit akan sulit dimengerti oleh para target pasar yang dituju
6. Sesuai Dengan Tren
Sebelum membuat desain logo untuk Barbershop penting untuk melakukan analisa tren. Hal ini dikarenakan kebanyakan target pasar akan lebih tertarik dengan usaha yang mengikuti tren.
7. Menggunakan Pilihan Warna Yang Sesuai
Dalam membuat desain logo, pemilihan warna yang tepat akan mempengaruhi keindahan logo ketika dilihat. Contohnya pada usaha Barbershop, warna yang cocok untuk dipilih adalah warna laki-laki, misalnya hitam.
8. Relevan Dengan Makna Dan Merk Usaha
Setiap usaha termasuk usaha Barbershop pasti memiliki makna atau tema khusus. Desain logo untuk Barbershop juga harus dibuat sesuai dengan makna usaha agar makna tersebut dapat tersampaikan kepada pengunjung.
Langkah Menentukan Desain Logo Untuk Barbershop
Hal lain yang juga penting untuk diketahui mengenai desain logo untuk Barbershop adalah langkah mendesainnya. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat desain logo untuk Barbershop antara lain:
1. Memahami Tujuan Desain Logo
Langkah yang baik dalam membuat desain logo untuk Barbershop adalah dengan memahami tujuan dari desain logo yang dibuat. Dari tujuan tersebutlah nantinya akan diketahui tema dan konsep desain yang cocok.
2. Memilih Tema Logo
Langkah yang kedua adalah memilih tema logo karena setiap usaha termasuk Barbershop pasti memiliki tema. Tema logo ini nantinya bisa dimasukkan ke dalam desain secara tersirat melalui bentuk desain logonya.
3. Membuat Konsep Dan Membuat Desain
Setelah mengetahui tema dari logo yang akan dibuat, selanjutnya adalah membuat konsep. Konsep yang sudah dibuat dapat dipetakan dan dibuat menjadi desain yang relevan dengan konsep.
4. Melakukan Pratinjau Dan Evaluasi Desain
Setelah desain logo Barbershop yang dibuat sudah jadi, selanjutnya adalah melakukan pratinjau dan evaluasi. Jika ternyata masih perlu perbaikan, maka bisa dilakukan perbaikan yang perlu atau tambahan hiasan.
Demikianlah ulasan mengenai desain logo Barbershop yang perlu dirancang dengan baik agar sesuai dengan selera pengunjung. Pemilihan logo Barbershop yang tepat akan membuat banyak pengunjung tertarik.