Home » Rumus Cara Menghitung Harga Pokok Produksi dengan Mudah

Rumus Cara Menghitung Harga Pokok Produksi dengan Mudah

Dalam dunia bisnis, cara menghitung harga pokok produksi menjadi sebuah kewajiban yang harus diterapkan para pebisnis. Harga pokok produksi merupakan seluruh biaya yang dikeluarkan untuk membuat produk mulai bahan baku sampai dijual.

Apabila Anda baru pertama kali merintis usaha, menjadi hal wajar apabila masih kesulitan dalam menentukan harga pokok produksi pada produk atau jasa. Mengingat dalam menentukan harga pokok sebuah produksi wajib menggunakan cara yang tepat.

Bahkan cara yang digunakan tidak sembarangan, sebab pelaku bisnis harus mengetahui secara lengkap tahap-tahap melakukannya. Ketelitian menjadi kunci dalam menemukan harga produksi secara pokok agar terhindar dari kerugian.

Jangan sampai ketika ingin menawarkan produk tertentu belum memiliki harga pokok produksi secara jelas. Karena setiap harga pokok produksi dijadikan acuan untuk menentukan harga jual dan jumlah keuntungan setiap produk atau jasa yang ditawarkan.

Pengusaha harus memastikan harga pokok produksi paling tepat demi memperoleh penghasilan tinggi tanpa ada hambatan. Setiap penjualan barang pada usaha bisnis sendiri bisa untung banyak setelah biaya pokok produksi dapat diketahui.

Setiap produk mempunyai tarif produksi berbeda-beda, maka jangan sampai memukul harga secara rata. Pasalnya masih banyak pemula yang tidak ingin ribet dan memilih cara cepat dengan memukul rata harga pokok produksi .

Jika Anda penasaran terhadap cara menentukannya, jangan khawatir karena kami akan memberikan ulasan secara lengkap. Inilah panduan dalam menentukan harga pokok produksi secara tepat dan mudah bagi setiap pelaku usaha amatir.

Cara Menghitung Harga Pokok Produksi

Cara Menghitung Harga Pokok Produksi

Cara menemukan biaya produksi hanya secara pokok tentu membutuhkan rumus agar dapat diperoleh secara benar. Sangat penting dicermati khususnya perintis usaha, inilah langkah menghitung harga pokok produksi agar tidak mengalami kerugian.

  1. Hitung Bahan Baku

Setiap proses pembuatan pada barang tertentu membutuhkan bahan baku yang tentunya ada biaya. Tahap pertama agar harga pokok produksi barang dapat dicari, pertama harus menghitung seluruh biaya bahan baku.

Cara menghitung harga pokok produksi dengan melihat bahan baku sudah bisa melihat seberapa besar tarif pembuatan. Caranya, jumlahkan saja modal awal pembuatan bahan baku dengan pembelian, lalu dikurangi saldo akhir.

Jadi bisa dilihat dari rumus biaya bahan baku = modal awal untuk bahan baku + jumlah pembelian – saldo akhir. Nantinya Anda akan menemukan biaya keseluruhan untuk membuat barang sebelum dijual.

  1. Hitung Tarif Produksi Barang

Setelah menemukan biaya bahan baku, sebagai pelaku usaha harus menentukan tarif keseluruhan saat proses produksi. Mengingat produksi barang memiliki nilai berbeda-beda tergantung dari jenis produk yang akan dijual ke pembeli.

Pada biaya produksi, Anda dapat menentukan biaya pokok dengan cara menjumlahkan tarif bahan baku, tenaga kerja, dan beban overhead. Overhead merupakan biaya yang diperlukan seperti servis peralatan untuk kepentingan produksi.

Dengan menjumlah ketiga komponen tersebut otomatis mampu menentukan harga biaya produksi secara tepat. Namun tidak hanya sampai di sini, karena harga pokok produksi akan dihitung lebih detail melalui ulasan lanjutan berikut.

Tentukan Harga Pokok Produksi dengan Rumus Sederhana

Cara Menghitung Harga Pokok Produksi

Pengusaha diwajibkan untuk menghitung biaya pokok produksi agar bisa menjual barang secara benar. Karena dengan adanya harga pokok produksi bisa membuat seluruh produk hasil usaha terjual lancar dan menghasilkan keuntungan.

Cara menghitung harga pokok produksi adalah menambahkan harga pokok produksi dengan persediaan barang awal dan ketersediaan produk akhir. Dalam menentukan harga pokok produksi tentu ada banyak keuntungan yang diterima pelaku bisnis tanpa terkecuali.

Dikarenakan biaya produk untuk dijual harus ditentukan dari besar kecilnya harga pokok produksi yang telah dibuat. Hal tersebut demi memastikan besarnya suatu keuntungan ketika sedang merintis usaha pada awal kali berbisnis.

Mencatatkan harga pokok produksi bisa dijadikan acuan untuk menentukan biaya jual kepada pasar. Dalam menentukan harga jual, tentu harus melalui tahap lain agar tidak mampu memperoleh keuntungan melimpah.

Jangan sampai melupakan cara menghitung harga pokok produksi, karena kebanyakan pengusaha amatir masih kurang memperhatikannya. Apabila perusahaan berjalan lancar, maka kunci utama meraup pendapatan berlimpah adalah sudah menentukan harga pokok produksi .

Mengingat dengan memperhatikan biaya pokok pembuatan barang sangat membantu perusahaan menjual produk apapun. Jadi tidak perlu kesulitan dalam menentukan harga jual, sebab tinggal melihat perhitungan dari tarif utama produksi.

Adapun manfaat setelah menentukan harga utama untuk memproduksi barang tertentu sebelum dijual. Agar Anda tidak penasaran lagi, inilah manfaat setelah menemukan biaya produksi yang digunakan untuk menentukan harga penjualan produk.

Manfaat Utama dalam Menghitung Harga Pokok Produksi

Cara Menghitung Harga Pokok Produksi

Cara menghitung harga pokok produksi sudah dikuasai, maka setiap pengusaha dijamin menerima manfaat secara langsung. Manfaat melimpah ketika sudah menentukan biaya produksi secara pokok akan dijelaskan lengkap sebagai berikut.

Kunci sukses perusahaan berjalan lancar adalah harus mempunyai biaya produksi yang tepat tanpa ada kesalahan dalam menghitungnya.

  • Manfaat pertama dari penghitungan jumlah biaya keseluruhan produksi adalah mengetahui besarnya biaya pembuatan.

Mungkin Anda tidak akan pernah tahu biaya untuk membuat produk tertentu apabila belum menghitung dengan pedoman rumus harga pokok produksi. Untuk menyukseskan bisnis, maka pelaku usaha wajib tahu harga pembuatan barang jual.

  • Kemudian manfaat kedua dari penghitungan harga pokok produksi dijamin tidak bikin sia-sia dalam memproduksi barang. Karena pengusaha mampu memahami semua biaya bahan baku di gudang tanpa ada angka yang meleset sedikitpun.

BACA JUGA: Apa itu Bisnis Retail dan Cara Kerjanya

  • Lalu menghitung harga pokok produksi juga bermanfaat untuk mempermudah proses penghitungan laba rugi. Mengingat setiap laporan laba rugi harus ditentukan dengan menghitung harga pokok produksi terlebih dahulu sebagai komponen terpenting.
  • Terakhir, perusahaan dapat menentukan sebuah besaran laba sesuai keinginan yang masih masuk akal. Jadi Anda bisa menentukan laba secara mudah hanya berpedoman dan melihat dari biaya produksi tanpa harus kesulitan.

Mulailah mempelajari seluruh panduan yang harus diterapkan sebagai pengusaha secara muda. Setelah memahami cara menghitung harga pokok produksi dan menerapkan di perusahaan, kami jamin bisnis semakin lancar dengan keuntungan tinggi.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!