Ada keterampilan lain yang Anda perlukan sebagai copywriter. Beberapa di antaranya termasuk namun tidak terbatas pada, Web Copywriting dan Periklanan. Keterampilan ini akan datang dengan latihan dan pengalaman.
Daftar Isi
Jenis Copywriting Paling Umum
Sementara mengenai jenis-jenis Copywriting, itu terbagi menjadi-beberapa macam. Mereka tidak dibuat serupa, melainkan tergantung spesialisasi, tergantung audiens bisnis yang ingin dipasarkan. Simak penjelasan beberapa jenis copywriting berikut ini.
-
Copywriting Brand
Mungkin orang awam akan berpikir bahwa bekerja sebagai copywriter brand sama halnya dengan kerjaan di bidang pemasaran membuat iklan, papan reklame, sejenisnya. Dalam hal ini, copywriter jenis ini memiliki tanggung jawab lebih.
Mereka akan bekerja melampaui fitur khas iklan biasa dan bertujuan untuk menciptakan respons emosional yang kuat dari pengunjung. Tujuan brand copywriting adalah menciptakan pengalaman berkesan bagi audiens target bukan perbandingan dengan pesaing.
-
Copywriting Media Sosial
Tujuan isi konten ini adalah membuat salinan di media sosial dan melibatkan audiens melalui postingan dan iklan. Pelaku copywriting harus tahu mengadaptasi pesan sebuah merek dalam berbagai format unik. Kiriman di Facebook akan beda di TikTok dan platform lainnya.
-
SEO Copywriting
SEO merupakan cara atau teknik membuat konten sebuah situs atau web berperingkat lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari. Untuk mendapatkankan peringkat ini, maka tulisan konten perlu memberikan nilai orisinal sehingga pengguna puas akan saran tersebut.
-
Copywriting Insight
Pada intinya, insight copywriting adalah cara pembuatan konten dengan tujuan membangun suatu merek sebagai otoritas industri. Tugasnya adalah membuat konten yang berisi pendidikan bernilai tinggi, namun perlu dibuat sederhana dan jelas.