Hasil tulisan copywriter umumnya ditemukan di halaman situs web, iklan berbayar, landing page, laman produk, hingga brosur di internet. Semuanya akan menggunakan pendekatan yang sangat pendek dan langsung ke poin penting.
Konten yang ditulis lebih berfokus pada manfaat dan tindakan selanjutnya yang harus diambil pengguna. Sang copywriter akan melangkah lebih jauh dengan terus melakukan riset produk, menganalisis psikologi perilaku, dan mengembangkan solusi kreatif untuk masalahnya.
Pada dasarnya, copywriting adalah tulisan singkat, menarik, kadang-kadang mengundang emosi menginspirasi, memotivasi, atau mendorong orang untuk melakukan tindakan tertentu yang mungkin mereka tidak akan lakukan secara normal.
Copywriting ini menjadi bagian penting yang berperan menyukseskan suatu teknik pemasaran, membuatnya sangat penting dalam industri penjualan, iklan, organisasi amal, dan semakin sering digunakan untuk posting media sosial.
Hingga sekarang, di tengah meningkatnya podcast dan video, copywriting tetap masih memberikan dampak besar dalam hal pemasaran. Bahkan ini terus bekerja menghasilkan traffic ke pembuat video/podcast.
Keterampilan Seorang Copywriter yang Perlu Diketahui
Copywriting adalah tugas untuk membuat tulisan pro, tetapi bukan itu saja, melainkan perlu terus belajar tentang pelanggan dari produk atau fitur yang akan ditulis. Ini perlu untuk membantu menemukan kata-kata paling tepat dalam mengungkap konten tulisannya.