Home » Cara Upgrade Windows 7 ke Windows 10 Tanpa Kehilangan Data

Cara Upgrade Windows 7 ke Windows 10 Tanpa Kehilangan Data

Pengguna laptop dan komputer sering ragu untuk melakukan upgrade Windows. Karena bisa menyebabkan kehilangan data. Namun, ada cara upgrade Windows 7 ke Windows 10 tanpa kehilangan data yang bisa dilakukan oleh para pengguna perangkat ini.

Sebenarnya upgrade sendiri pada dasarnya tidak akan mempengaruhi isi data yang ada di dalam perangkat. Namun, untuk mempertahankan beberapa file, para pengguna harus melakukan prosedur yang benar dalam melakukan update.

Daftar Isi

Prosedur Upgrade Windows 7 ke Windows 10 Tanpa Kehilangan Data

Seperti yang disebutkan sebelumnya, dengan prosedur atau langkah yang benar, para pengguna bisa mempertahankan file dan data yang ada di dalam perangkat. Karena itu, di bawah ini adalah cara melakukannya dan langkah yang harus dilakukan.

Sebelum melakukan prosedur upgrade ini, pastikan pada perangkat sudah terpasang Media Creation Tool. Aplikasi resmi dari Microsoft untuk melakukan upgrade Windows.

BACA JUGA:  Cara Melihat Spek Laptop dengan Mudah!

Biasanya setiap perangkat yang memiliki Windows pasti sudah memiliki aplikasi ini sebagai bawaan dan tinggal diinstall saja. Namun, jika tidak ada maka para pengguna bisa mendownloadnya di situs resmi Microsoft. Berikut adalah cara untuk memanfaatkannya:

  • Setelah aplikasi Media Creation Tool dinstall, langsung buka aplikasi pada perangkat.
  • Kemudian, siapkan file install Windows 10, file ini juga bisa didapatkan di situs resmi Microsoft.
  • Akses file install Windows 10 dengan aplikasi Media Creation Tools dan tunggu proses persiapan selesai.
  • Setelah proses persiapan selesai, akan muncul kontak dialog pada layar utama perangkat yang memberikan opsi untuk upgrade sistem.
  • Pilih opsi ‘Upgrade This PC Now’ pada opsi yang muncul.
  • Setelah itu, proses upgrade akan dimulai. Media Creation Tool akan mendownload file sistem dari Windows 10.
  • Ketika proses install akan selesai, akan muncul beberapa dialog salah satunya adalah ‘Choose What To Keep’ yang mengatur mengenai penyimpanan file.
  • Pilih opsi ‘Keep personal file and apps’ dan klik tombol ‘Next’ untuk melanjutkan proses install.
BACA JUGA:  4 Perbedaan Monitor LCD dan LED yang Harus Diketahui

Para pengguna tinggal menunggu saja proses install sampai selesai. Kemudian, lakukan restart terlebih dahulu sebelum menggunakan perangkat yang sudah diupgrade.

Hal yang Harus Dilakukan Setelah Upgrade

Setelah mengetahui cara upgrade Windows 7 ke Windows 10 tanpa kehilangan data, pengecekan tetap harus dilakukan terhadap sistem yang sudah diinstall. Berikut adalah beberapa hal perlu diperiksa setelah melakukan upgrade:

1. Pastikan Versi dari Windows 10 yang Digunakan

Windows 10 sendiri terdiri dari berbagai versi, pastikan perangkat sudah menggunakan versi yang baru. Jika belum, para pengguna bisa langsung melakukan upgrade melalui sistem Windows 10 yang sudah terpasang.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!