Home » 4 Cara Sambungkan Laptop ke TV Mudah dan Anti Ribet

4 Cara Sambungkan Laptop ke TV Mudah dan Anti Ribet

Cara sambungkan laptop ke tv terkadang terdengar asing, padahal caranya cukup mudah dan tentu akan berguna bagi yang memiliki hobi menonton. Semua itu dikarenakan layar kecil membuat tidak nyaman saat menonton. Tenang saja saat ini sudah ada solusinya yaitu bisa disambungkan secara mudah dan cepat dengan perangkat elektronik berupa TV.

Tentu dengan adanya hal tersebut bisa menampilkan kesan yang lebih elegan atau menjaga profesional ketika bekerja. Serta juga masih banyak berbagai keuntungan lain yang bisa dirasakan secara mudah. Apalagi hal tersebut begitu cepat dilakukan. Simak penjelasan selengkapnya seperti berikut ini:

1. Gunakan Google Chromecast

Cara sambungkan laptop ke TV pertama adalah dengan memanfaatkan Google chromecast. Mungkin cara tersebut tidak lagi asing, bahwa dulunya kabel fisik yang sengaja didesain khusus untuk dapat menghubungkan TV ke laptop. Tapi kini memanfaatkan Google Chromecast hanya perlu dengan bantuan internet. Berikut langkahnya:

  • Pertama adalah unduh aplikasi Google home kemudian klik start pada aplikasi.
  • Tautkan akun Google untuk login pada halaman ini kemudian pilih chromecast. Jika langkah tersebut telah dilakukan jangan lupa untuk memindai perangkat agar bisa tersambung satu sama lain.
  • Barulah lakukan verifikasi untuk menyambungkan kedua perangkat ini berupa laptop dan juga TV. Klik icon berupa titik 3 untuk opsi cast terakhir cukup dengan memilih konten yang ingin ditonton.
BACA JUGA:  5 Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10

2. Sambungan HDMI

Berikutnya Cara sambungkan laptop ke TV adalah dengan memanfaatkan kabel berupa sambungan HDMI. Tentunya ini juga begitu mudah dilakukan hanya dengan memerlukan kabel berbentuk HDMI tersebut. Apalagi penjelasan detailnya juga akan diberikan seperti berikut ini:

  • Pertama arahkan pada kabel bagian HDMI ini ke masing-masing ujung laptop dan juga TV, lalu nyalakan di saat bersamaan.
  • Kemudian tentukan mana HDMI 1 dan 2 dengan melakukan input dan mengatur tombol. Jika semuanya ini telah selesai maka secara otomatis akan tersambung.
  • Terakhir masing-masing pengguna bisa dengan mudahnya langsung menonton berbagai siaran yang diinginkan.

3. Gunakan Sambungan VGA

Selanjutnya cara sambungkan laptop ke TV  yaitu dengan memanfaatkan sambungan VGA. Sebenarnya ini juga berbentuk kabel dengan nama VGA, sehingga bisa melakukan transfer berbentuk visual menuju TV dari bantuan laptop. Tetapi untuk audionya sendiri masih diperdengarkan lewat bantuan laptop yang digunakan.

  • Cara pertama yaitu dengan menyalakan kedua perangkat hingga disambungkan dengan bantuan kabel VGA. Kemudian lakukan pengaturan pada remote TV lalu memilih RGB atau PC.
  • Selanjutnya kedua perangkat tersebut akan terhubung otomatis dan atur pada laptop di bagian menu setting. Pilih display TV serta lakukan pengaturan terkait resolusi yang diinginkan.
BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Test Mode Windows 10 agar Layar Bersih

4. Gunakan Kabel USB-C

Terakhir cara mudah untuk menyambung kedua perangkat ini dengan memanfaatkan kabel USB C. Tapi pastikan dahulu apakah tersedia atau tidaknya pada TV untuk port USB C. Apabila tidak ada maka perlu memanfaatkan kabel adapter Lalu ikuti beberapa langkah berikut:

  • Pertama tentu saja dengan menyambungkan kabel USB C ini pada bagian laptop dan juga TV setelahnya kedua perangkat harus dinyalakan.
  • Pengguna juga perlu untuk mengatur sejumlah input TV dengan bantuan remote. Baru kemudian tayangan tersebut akan langsung ditampilkan. Masing-masing dari pengguna bisa sesuka hati memilih siaran atau tontonan mana yang ingin disaksikan.

Itulah penjelasan singkat terkait cara sambungkan laptop ke TV yang tentunya mudah untuk dilakukan. Jika ingin melakukan penyambungan kedua aspek tersebut, tentunya dapat membantu dalam berbagai kegunaan.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!