Home » Cara Monetisasi YouTube Channel dan Persyaratannya

Cara Monetisasi YouTube Channel dan Persyaratannya

Membuat konten video di YouTube kini menjadi alternatif memperoleh penghasilan di internet. Cara monetisasi YouTube channel sebenarnya cukup mudah dengan syarat tertentu. Pengguna setidaknya berusia 18 tahun dan memiliki banyak subscribers.

Selain itu, pengguna bisa monetisasi dengan mengaktifkan sejumlah fitur seperti AdSense, Premium, Membership, dan lainnya. Berikut ini pembahasan tentang syarat dan cara monetisasi channel YouTube yang wajib disimak.

Syarat Monetisasi Youtube Channel

Monetisasi diketahui sebagai cara untuk memperoleh pendapatan dari membuat konten di YouTube. Tentunya pengguna harus memenuhi syarat serta ketentuan yang berlaku agar monetisasi berhasil.

Pengguna diminta untuk mengikuti kebijakan dan aturan dari YouTube seperti pembatasan konten hingga hak cipta. Lalu, pengguna harus berada di negara yang termasuk sebagai YouTube Partner.

Selanjutnya, pengguna harus mencapai setidaknya 1.000 subscribers dengan total 4.000 jam selama setahun terakhir. Pengguna juga harus mengaktifkan Google AdSense jika ingin kontennya dimonetisasi melalui iklan.

Cara Monetisasi YouTube Channel

Memperoleh penghasilan dari YouTube kini tidak hanya dari iklan saja. Namun, terdapat sejumlah fitur baru yang ditambahkan seperti Membership Channel, Merchandise, dan lainnya. Berikut ini beberapa cara monetisasi YouTube Channel yang perlu diketahui:

1. Melalui Google Adsense

Iklan menjadi sumber pemasukan utama untuk mendapatkan uang dari YouTube. Pengguna dapat mengatur dan meletakkan posisi iklan di konten yang ditayangkan.

Cara mengaktifkan AdSense ini bisa dilakukan membuka menu “Creator Studio”. Lalu, pilih menu “Channel” dan klik opsi “Status and features”. Lanjutkan dengan memilih “Monetization” lalu ikuti perintah di dalamnya.

Setelah itu, YouTube berhak menilai apakah channel tersebut bisa mendapat monetisasi atau tidak. Jika ditolak, pengguna tetap bisa mendaftar kembali setelah 30 hari.

2. Menggunakan Fitur Merchandise

Fitur ini memudahkan pengguna untuk memasang barang yang dijual di laman video. Syaratnya pengguna harus berusia minimal 18 tahun serta mempunyai setidaknya 10.000 subscribers.

Cara menampilkan fitur Merchandise ini cukup simple, pengguna hanya perlu membuka YouTube Studio. Kemudian, pilih menu “Monetisasi” dan klik opsi “Merchandise”. Opsi tersebut akan muncul apabila pengguna telah memenuhi persyaratan yang tertera.

3. Mengaktifkan Membership Channel

Membership Channel ini memungkinkan pengguna YouTube terdaftar sebagai member berbayar setiap bulannya. Nantinya pengguna bisa menikmati konten eksklusif yang tidak dapat diakses selain member.

Persyaratan yang harus dipenuhi yaitu pengguna minimal berusia 18 tahun dengan subscribers kurang lebih 30.000. Kemudian, lakukan proses aktivasi melalui laman YouTube Studio.

Kemudian, akses menu “Monetisasi” serta pilih opsi “Memberships”. Nantinya pengguna diminta mengikuti sejumlah petunjuk yang tertera untuk mengaktifkan monetisasi.

4. Melalui YouTube Premium

YouTube Premium memungkinkan pengguna menonton konten video tanpa iklan serta fitur menarik lainnya. Pengguna harus membayar subscriptions setiap bulannya untuk menggunakan fitur tersebut.

Bagi yang menjalankan channel, pengguna akan otomatis memperoleh penghasilan dari setiap video yang ditonton oleh orang lain. Tentunya pengguna harus memenuhi persyaratan khusus jika ingin monetisasi channel di YouTube Premium.

5. Menggunakan Super Chat

YouTube kini menghadirkan fitur super chat pada live streaming  dengan cakupan yang lebih luas. Penonton bisa mengirimkan pesan di kolom chat pada saat live streaming berlangsung.

Pengguna dapat berkesempatan mendapat bayaran dengan mengaktifkan Super Chat. Pada fitur ini, penonton bisa mengirim pesan sekaligus memberikan sejumlah uang dengan nominal tertentu.

Demikian pembahasan mengenai cara monetisasi YouTube channel. Pastikan pengguna telah memenuhi persyaratan yang tertera agar monetisasi diterima. Selain itu, pengguna perlu membuat konten berkualitas untuk meningkatkan penghasilan.

error: Content is protected !!