Home » Simak 5 Cara Menghidupkan Laptop Acer yang Mati Termudah

Simak 5 Cara Menghidupkan Laptop Acer yang Mati Termudah

Umumnya cara menghidupkan laptop Acer yang mati tentu saja dengan bantuan tombol power. Tetapi berbagai keadaan hal tersebut justru tidak bisa dilakukan. Mungkin dikarenakan tidak berfungsinya bagian tombol power ini sehingga terpaksa mencari sejumlah alternatif lain agar laptop bisa dinyalakan.

Mengingat jika keberadaan tombol power memiliki multifungsi tidak hanya dari segi menyalakan. Tetapi juga bisa untuk restart laptop, tapi saat ini bermasalah tentu menghambat berbagai aktivitas yang diinginkan. Untuk itu, simaklah berbagai penjelasan berikut ini agar lebih paham:

Daftar Isi

1. Gunakan Charger

Cara menghidupkan laptop Acer yang mati pertama adalah dengan memanfaatkan bantuan charger. Mungkin laptop tersebut mati atau tidak bisa dinyalakan lantaran tidak adanya daya baterai yang tersedia. Maka mengecasnya terlebih dahulu selama beberapa saat hingga kemudian ingin menghidupkan kembali laptop Acer.

  • Cara yang dianjurkan pertama adalah dengan melakukan penyambungan pada bagian charger. Serta bagian pengisi daya pastikan jika telah menyambungkan pada stop kontak akan timbul lampu dengan warna merah.
  • Berarti proses pengisian daya sedang berlangsung. Setelah menunggu selama beberapa saat tekan kembali tombol power untuk dapat menghidupkan laptop ini.
BACA JUGA:  6 Aplikasi Bluetooth untuk PC Windows 10 Paling Populer

2. Gunakan Power Reset

Berikutnya sebagai cara menghidupkan laptop Acer yang mati adalah dengan melakukan power reset. Bertujuan dalam mengatasi penyebab mengapa laptop tidak bisa dinyalakan terutama berkaitan dengan arus listrik. Untuk hal ini sebenarnya juga begitu mudah untuk dilakukan cukup simak penjelasannya seperti berikut:

  • Pertama tentu saja harus mencabut kabel charger yang telah terpasang pada bagian laptop ini. Lalu juga buka pada bagian bawah daripada laptop yang biasanya merupakan tempat baterai.
  • Bersamaan dengan pelepasan baterai ini juga jangan lupa untuk menekan tombol power.
  • Pasang ulang baterai lalu charger hingga terisi daya setelahnya baru kembali tekan power untuk menghidupkan laptop.

3. Memeriksa Monitor

Rekomendasi cara menghidupkan laptop Acer yang mati selanjutnya adalah dengan melakukan pemeriksaan pada bagian monitor. Terkadang laptop Acer yang mati dikarenakan tidak terlihatnya cahaya pada layar. Bisa jadi ini merupakan pertanda adanya bagian kerusakan di layar atau monitor simak ulasan selengkapnya:

  • Awalnya pengguna harus mengecek semua sambungan yang terdapat pada perangkat mulai dari charger, USB hingga hingga kabel lainnya. Sehingga nantinya tidak akan mengganggu ketika proses booting.
  • Lalu Nyalakan laptop seperti biasa pertanda jika laptop atau layar rusak. Ini biasanya munculnya suara berisik tetapi tidak ada yang tampilan apapun pada layar. Untuk cara memperbaikinya adalah dengan mengganti pada bagian LCD atau layar laptop.
BACA JUGA:  Cara Menyambungkan Laptop ke Printer Dengan dan Tanpa Kabel

4. Periksa RAM dan Memori

Hal berikut yang harus dilakukan untuk mengatasi apabila laptop Acer mati dengan memeriksa pada bagian penyimpanan. Yaitu berkaitan dengan memori sekaligus juga RAM yang biasanya menyimpan banyak file atau dokumen lain. Sekaligus juga pemeriksaan dengan kedua aspek tersebut sangatlah mudah.

  • Awalnya harus melepas semua komponen yang terhubung pada laptop berupa memori serta RAM.
  • Pastikan jika kedua komponen yang telah dilepas ini tidak mengalami kekotoran dan bersihkan dengan menggunakan tisu. Sekaligus juga gunakan cairan khusus untuk pembersihnya.
  • Jika ditemukan adanya sedikit bagian yang retak berarti harus menggantinya dengan yang baru. Karena mengindikasikan jika RAM tidak bisa lagi dipakai.

5. Menghubungi Jasa Service

Ini termasuk dari pada langkah selanjutnya yang harus dilakukan. Sekaligus juga pilihan cara untuk mengatasi mengapa laptop Acer mati. Dikarenakan tidak lagi bisa diurus sendiri melainkan harus mendatangi tempat atau pihak yang lebih berpengalaman.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!