Home » 12 Cara Menghasilkan Uang Tambahan Secara Online dan Offline

12 Cara Menghasilkan Uang Tambahan Secara Online dan Offline

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan individu, mungkin kamu merasa bahwa pendapatan dari pekerjaan utama mu saat ini tidak cukup. Belum lagi masalah  cicilan, tuntutan hidup hingga kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi.

Jika kamu sedang mengalami hal ini, berarti sudah saatnya kamu cari pekerjaan sampingan untuk mendapatkan uang tambahan. Cara menghasilkan uang ini bisa dilakukan baik secara online maupun offline.

Cara Menghasilkan Uang Tambahan Secara Online

Di era digital seperti sekarang ini banyak sekali peluang untuk mencari penghasilan tambahan. Mulai dari media sosial, website, sampai desain grafis bisa kamu manfaatkan sebagai sumber pundi-pundi pendapatmu. Berikut beberapa cara menghasilkan uang secara online yang bisa dicoba:

  • Menjadi social media influencer

Social media influencer menjadi salah satu pekerjaan yang paling banyak peminat akhir-akhir ini. Apalagi kini banyak perusahaan yang menganggap bahwa memakai jasa influencer jauh lebih efektif dan mudah untuk mencapai target pasar.

Jika kamu ingin menekuni jenis pekerjaan ini syaratnya harus aktif, kreatif dan memiliki banyak pengikut di media sosial. Konten yang kamu sajikan juga harus berbobot dan bisa mempengaruhi orang lain agar mau menggunakan atau memakai produk dan jasa yang kamu tawarkan.

Rajin-rajinlah berinteraksi dengan para followers agar dapat membangun hubungan baik dengan mereka. Tak hanya itu, interaksi dengan followers juga dapat membangun personal brand yang berguna untuk brand agar dapat meng-approach kamu untuk mempromosikan produknya.

  • Membuka toko online

Ingin membuka usaha dari rumah saja? Jika iya, membuka toko online bisa jadi salah satu jalan ninjanya. Kamu bisa membuka toko online di sejumlah marketplace, misalnya Shopee, LAZADA hingga Tokopedia.

Tenang saja, kamu tidak harus membuat sebuah produk untuk dijual. Tinggal daftar menjadi reseller atau dropshiper  dan tawarkan semua produk jualan kamu ke berbagai akun marketplace di atas. Namun sebelum itu, jangan lupa untuk reset pasar dulu ya, agar bisnis kamu lancar tanpa kendala.

  • Afiliasi

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan penghasilan secara online adalah mengikuti program afiliasi atau affiliate marketing. Ini adalah suatu bisnis yang dijalankan dengan cara membayar komisi kepada penjual barang yang berhasil menjual barangnya di internet.

Dengan mengikuti program afiliasi, kamu bisa mendapatkan uang dengan menjual produk dari situs yang menyediakan jasa afiliasi. Kamu cukup mempromosikan produk tersebut dengan cara menaruh link afiliasi melalui blog atau akun media sosial kamu tanpa harus memiliki barangnya, lho! Mudah bukan.

  • Membuat blog

Kamu suka nulis? Coba deh kamu bikin blog! Beberapa platform blog gratis yang bisa kamu coba adalah Blogger dan WordPress. Atau jika kamu ingin lebih niat, kamu bisa langsung membeli sebuah domain di tempat penyedia domain yang terpercaya.

Kamu bisa mengisi blog itu dengan niche tulisan yang kamu suka dan menulislah dengan rutin. Jika blog kamu memiliki tulisan yang bagus dan kamu rutin mengunggah tulisan baru setiap minggunya, blogmu pun akan dikunjungi banyak orang sehingga menciptakan traffic yang tinggi.

Jika kamu tekun dan pantang menyerah, bukan tidak mungkin kamu akan dibayar sebuah brand untuk menulis di blogmu sekaligus bisa pasang iklan di blog, lho! Lumayan banget kan?

  • Jasa desain

Tingginya permintaan para pengusaha terhadap logo yang bisa mewakili perusahaannya bisa kamu manfaatkan dengan membuka jasa desain. Jasa desain tidak terbatas pada logo saja lho. Kamu juga bisa membuat jasa menggambar ilustrasi atau yang lebih akrab disebut commission.

Kamu bisa memasarkan jasamu melalui situs khusus freelancing, seperti Sribulancer atau Fiverr. Jangan lupa pajang portofolio gambar terbaikmu di akun media sosial juga ya biar sekalian promosi karyamu!

Cara Menghasilkan Uang Secara Offline

Selain melalui online, ternyata kamu juga bisa mendapatkan tambahan penghasilan melalui offline. Kamu bisa memanfaatkan skill, kendaraan, hingga properti yang kamu punya untuk meningkatkan income. Apa saja caranya? Ini dia cara menghasilkan uang secara offline!

  • Menjadi driver ojol atau mobil

Kamu punya dan bisa mengendarai kendaraan? Suka bertemu orang baru? Jago menghafal peta dan jalanan? Gunakan keahlianmu yang kamu miliki untuk menjadi driver ojol atau mobil. Kamu bisa mengirimkan lamaran ke sejumlah perusahaan seperti Gojek dan Grab.

  • Menjadi pekerja paruh waktu

Pekerjaan paruh waktu umumnya dilakukan oleh mahasiswa untuk menambah uang saku. Pendapatan yang cukup stabil dan pengalaman kerja di industri terkait bisa kamu dapatkan dengan bekerja paruh waktu.

Namun, jangan lupa untuk memperhatikan ketersediaan waktu dan tenaga yang kamu miliki sebelum mendaftar sebagai pekerja paruh waktu agar tidak mengganggu pekerjaan utama.

  • Memasang iklan di mobil pribadi

Selain via media sosial, kini mobil pribadi juga banyak dimanfaatkan sebagai sarana beriklan, lho! Ini adalah potensi yang bagus untuk menghasilkan pendapatan tambahan dengan memasang iklan di mobil pribadimu.

Pemasangan iklan bisa dilakukan di sejumlah bagian mobil, misalnya di kaca belakang atau sebagian body mobil. Setelah periode promosi berakhir, kamu akan mendapatkan sejumlah uang.

  • Membuka jasa laundry pakaian

Bagi sebagian orang, mencuci dan melipat pakaian adalah pekerjaan yang menjemukan. Kamu bisa menyediakan solusinya dengan membuka jasa laundry pakaian.

Cukup manfaatkan area sekitar rumah untuk membuka usaha laundry. Buka dengan harga murah dan berikan pelayanan terbaik untuk memastikan baju-bajunya bersih dan rapi. Dijamin usaha laundry pasti laris manis!

  • Menyewakan mobil pribadi

Wisatawan yang datang dalam jumlah banyak tentunya butuh kendaraan yang nyaman yang dapat membawa mereka berlibur. Ini bisa kamu jadikan peluang untuk menyewakan kendaraan van untuk melayani jasa wisata. Atau bisa juga menyewakan mobil untuk dipakai di acara pernikahan.

  • Pakai suaramu yang unik untuk membuat voice over

Suara kamu unik dan kamu jago menirukan suara karakter? Kamu bisa cobain daftar jadi dubber animasi atau voice over untuk iklan-iklan TV dan radio. Pekerjaan seperti ini masih jarang peminatnya dan bayarannya juga lumayan lho!

  • Menyewakan kos-kosan atau apartemen

Untuk kegiatan satu ini, tentunya kamu harus punya sebuah unit apartemen atau kos-kosan terlebih dulu. Namun, semakin meningkatnya animo masyarakat untuk staycation pastinya membuat apartemen kerap dicari sebagai alternatif penginapan yang terjangkau.

Manfaat Memiliki Penghasilan Tambahan

Selain menambah income bulanan, memiliki pekerjaan sampingan dapat menyehatkan kondisi keuangan kamu loh. Kira-kira apa sajakah manfaat memiliki penghasilan tambahan?

  • Mencapai kebebasan finansial

Mengerjakan pekerjaan sampingan berarti kamu akan memiliki lebih dari satu sumber penghasilan. Sumber penghasilan yang bertambah akan membawa kamu kepada kebebasan finansial yang selama ini kamu idam-idamkan. Kamu akan memiliki uang tambahan untuk menyiapkan dana darurat atau tujuan finansialmu yang lain.

  • Dapat melunasi hutang lebih cepat

Jika kamu kebetulan sedang dilanda utang, tentunya diperlukan sejumlah uang untuk melunasinya. Mungkin pekerjaan yang kamu tekuni sekarang dirasa belum cukup maka memiliki pekerjaan sampingan dapat menjadi solusi yang tepat untuk mendapatkan uang tambahan guna melunasi utangnya. Salah satu ciri kebebasan finansial adalah dengan minim atau tak ada utang yang ditanggung.

  • Dapat menggunakan uang untuk berinvestasi

Sumber penghasilan lainnya yang kamu miliki bisa kamu manfaatkan untuk melakukan investasi yang kamu inginkan. Investasi ini bisa berupa reksa dana, bursa saham atau emas atau properti. Bukan tidak mungkin kamu akan segera memiliki asetmu sendiri!

  • Membantumu mewujudkan impian lebih cepat

Pergi berlibur ke suatu negara? Butuh gadget baru untuk menunjang pekerjaan, atau membeli album terbaru rilisan musisi favoritmu? Tentu bisa dicapai apabila kamu telah merencanakan arus keuangan dengan tepat. Selain perencanaan yang tepat, sumber penghasilan yang cukup juga diperlukan. Dengan begitu, kamu akan dapat melangkah kepada impianmu lebih cepat.

  • Beramal kepada yang membutuhkan

Beramal menjadi kewajiban umat manusia sebagai bentuk syukur dan kepedulian sesama manusia. Beramal dapat dilakukan dengan bersedekah. Semakin banyak penghasilan yang kamu terima, semakin banyak pula jumlah yang bisa kamu sedekahkan. Banyak yang meyakini bahwa sedekah dapat membukakan pintu menuju rezeki!

Itulah tadi beberapa cara menghasilkan uang secara online maupun offline yang bisa kamu coba. Selamat mencoba semoga berhasil. Semangat!

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!