Email banyak digunakan sebagai syarat-syarat pelengkap untuk registrasi akun, contohnya Shopee. Karena beberapa hal, terkadang penggantian email akun Shopee harus dilakukan. Karena cara mengganti email di Shopee tidak sembarangan, pengguna harus mempelajari langkah-langkahnya terlebih dahulu.
Shopee sendiri menyediakan dua cara untuk melakukan pergantian email pada akun penggunanya. Bisa melalui browser pada perangkat laptop ataupun PC, serta menggunakan aplikasi Shopee bagi pengguna smartphone. Lantas bagaimanakah cara menggantinya? Yuk ikuti langkah-langkah berikut!
Cara Mengganti Alamat Email di Shopee Menggunakan Browser Laptop atau PC
Tidak hanya aplikasi smartphone saja, Shopee juga menyediakan website untuk pengguna yang lebih senang berbelanja melalui perangkat laptop atau PC. Interface-nya yang rapi dan ringkas membuat penggunanya bisa dengan mudah menemukan menu-menu yang ingin dituju.
Untuk menggunakan cara mengganti email yang satu ini, pastikan pengguna mengingat password dari akun Shopee-nya. Sebab sebelum langkah mengganti email, pengguna pasti akan dimintai password untuk alasan keamanan. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengganti email-nya:
- Bukalah website resmi Shopee melalui browser yang tersedia pada laptop atau PC. Ketiklah alamat shopee.co.id pada kolom pencarian, kemudian tekanlah tombol ‘Enter’.
- Pilihlah menu ‘Akun Saya’ setelah laman terbuka dengan sempurna. Nantinya akan terpampang mengenai informasi pribadi milik penggunanya. Carilah kolom yang berisi alamat email.
- Kliklah opsi ‘Ubah’, kemudian masukkanlah ‘Password’ saat sistem Shopee memintanya. Setelah mengklik opsi ‘Konfirmasi’, pengguna baru bisa mengganti email miliknya dengan email yang baru.
- Apabila email telah selesai diganti, langsung saja klik ‘Konfirmasi’ dan melanjutkan langkah yang selanjutnya.
- Setelah ini, pihak Shopee akan mengirimkan pesan verifikasi melalui email. Bukalah email, kemudian kliklah link yang telah diberikan.
- Dengan mengklik link tersebut, email telah terverifikasi, dan proses penggantian email di Shopee melalui browser laptop atau PC selesai sampai di sini. Akun sudah siap digunakan untuk belanja online lagi.
Cara Mengganti Alamat Email di Shopee Melalui Aplikasi Shopee di Smartphone
Shopee menyediakan aplikasi yang bisa digunakan oleh beragam jenis smartphone dengan basis Android maupun iOS. Perangkat Android yang bisa mengaksesnya adalah versi 4.4 ke atas. Sedangkan iOS membutuhkan perangkat dengan versi iOS 10.0 ke atas.
Layaknya versi website, cara mengganti email di Shopee juga bisa dilakukan melalui aplikasinya dengan mudah. Namun memang, saat menggunakan aplikasi, akan ada perbedaan dalam nama menu yang harus diakses oleh penggunanya. Berikut cara mengubah email-nya:
- Setelah aplikasi Shopee terbuka baik itu Shopee biasa ataupun versi lite, pergilah ke tab ‘Saya’. Letaknya ada di sisi bawah paling kanan dari layar smartphone.
- Ketika menunya terbuka, cobalah lihat opsi menu nomor dua dari bawah di atas menu-menu utama. Nama opsinya adalah ‘Pengaturan Akun’.
- Pada tab ‘Akun Saya’, pilihlah menu yang paling atas, yakni ‘Keamanan & Akun’. Nantinya pengguna akan diarahkan pada tampilan layar yang berisi informasi pribadi penggunanya.
- Pilihlah opsi ‘Email’, letaknya ada di opsi menu paling tengah. Tidak jauh berbeda dengan versi website, isilah terlebih dahulu password saat diminta, kemudian klik saja opsi ‘Lanjut’.
- Gantilah email lama dengan alamat email yang baru, setelah itu klik ‘Selesai’.
- Ceklah inbox dari alamat email yang baru saja pengguna daftarkan. Pihak Shopee akan meminta pengguna untuk melakukan proses verifikasi menggunakan link yang dikirimkan melalui email.
- Apabila sudah melakukan verifikasi melalui email, proses penggantian email sudah selesai.
Demikianlah pembahasan mengenai dua cara mengganti email di Shopee, baik dengan bantuan aplikasi maupun website. Apabila saat akan melakukan langkah-langkah di atas pengguna lupa password Shopee-nya, lakukanlah perubahan password dahulu dengan metode verifikasi kode OTP.