Home » Cara Menggabungkan File PDF di Laptop Dengan Atau Tanpa Aplikasi

Cara Menggabungkan File PDF di Laptop Dengan Atau Tanpa Aplikasi

Menggabungkan file memang menjadi salah satu pekerjaan yang dinilai mudah. File yang berformat pdf pun untuk menggabungkannya juga mudah. Cara menggabungkan file pdf di laptop bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi atau situs online Berikut penjelasannya:

Cara Menyatukan Atau Menggabungkan PDF Dengan Bantuan Aplikasi

Memang terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menggabungkan file pdf, salah satunya adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna juga tidak perlu mengakses situs atau semacamnya. Karena itu mari simak apa saja aplikasinya.

1. Gunakan Adobe Reader

Cara pertama yang bisa pengguna lakukan saat akan menggabungkan file pdf adalah dengan memanfaatkan aplikasi bernama Adobe Reader. Tentunya sebelum menggunakan aplikasi ini, pengguna harus terlebih dahulu mengunduhnya. Jika sudah, maka tinggal ikuti langkah cara sebagai berikut.

  • Langkah yang perlu pengguna lakukan adalah dengan membuka aplikasi Adobe Reader kemudian klik menu tab tools, biasanya ada di bagian atas sebelah kiri.
  • Jika sudah, maka pengguna bisa pilih opsi combine files pada halaman tersebut.
  • Kemudian klik add files bila ingin memilih file pdf yang akan digabungkan, lalu klik combine jika file sudah dipilih.
  • Setelah itu file akan secara otomatis tergabung, tinggal klik tab file lalu pilih save as untuk mengunduh dan menyimpan ke penyimpanan.
BACA JUGA:  5 Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10

2. Pakai Foxit Reader

Pada urutan kedua, pengguna juga bisa memakai aplikasi bernama Foxit Reader. Cara menggunakan aplikasi Foxit Reader juga cukup mudah, dan hanya perlu mengunduh aplikasinya dulu di laptop. Selanjutnya tinggal ikuti tata caranya berikut:

  • Pertama bisa buka menu file lalu klik create, jika sudah maka bisa dilanjutkan dengan klik from multiple files.
  • Jika sudah pada bagian merge multiple klik centang lalu tinggal klik add files dan tinggal pilih file yang akan digabungkan.
  • Jika semua sudah diunggah, pengguna bisa edit urutan dari file tersebut lalu tinggal klik convert untuk menggabungkan.
  • Kemudian pengguna bisa pilih tempat penyimpanan yang akan digunakan untuk menyimpan file hasil gabungan tersebut, selesai.

Cara Menyatukan Atau Menggabungkan PDF Dengan Bantuan Situs

Jika sebelumnya adalah cara menggabungkan file pdf di laptop menggunakan aplikasi tambahan, maka kali ini akan diuraikan dengan bantuan situs. Dengan bantuan situs pengguna tidak perlu mendownload aplikasi yang bisa membuat penyimpanan di laptop menipis. Agar jelas, berikut ulasannya:

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Test Mode Windows 10 agar Layar Bersih

1. Gunakan Small PDF

Cara yang akan diuraikan kali ini adalah dengan menggunakan situs bernama Small pdf. Penggunaannya pun cukup mudah, pengguna hanya perlu masuk pada situs resminya yakni smallpdf.com. Pada halaman utama bisa klik menu lihat semua alat pdf.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!