Home » Langkah Cara Mengembalikan Postingan Instagram yang Terhapus Tanpa Aplikasi

Langkah Cara Mengembalikan Postingan Instagram yang Terhapus Tanpa Aplikasi

Ada waktunya ketika seseorang salah dalam menekan sesuatu membuatnya bisa kehilangan postingan instagram. Postingan bisa hilang hanya jika terkena peringatan dari instagram atau terhapus oleh pemiliknya. Berikut adalah langkah cara mengembalikan postingan instagram yang terhapus.

Menggunakan Recently Deleted adalah solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan ini. instagram memang sengaja menyediakan fitur tersebut bagi penggunanya yang tidak sengaja teh menghapus postingan instagramnya, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Download Instagram

Berikut ada cara untuk membuka instagram untuk yang masih kesulitan. Hal ini diperlukan untuk mengembalikan postingan yang terhapus:

  • Persiapkan terlebih dahulu aplikasi instagram pada smartphone dengan mengunduhnya di tempat platform masing-masing.
  • Jika sudah silahkan buka instagram dan login dengan akun yang ingin dikembalikan postingannya.
  • Pastikan login dengan alamat email atau username yang benar.
  • Tidak lupa juga mengisi password yang didaftarkan sebelumnya agar bisa masuk kedalam akun tersebut.
  • Agar lebih mudah lagi bisa coba untuk login via akun facebook dan gmail.

2. Buka Menu Recently Deleted

Untuk mengembalikan postingan instagram yang terhapus pengguna perlu masuk ke bagian menu recently delete. Letak menu tersebut ada pada bagian profil setting instagram. Untuk mengaksesnya pengguna bisa ikuti cara berikut:

  • Buka menu profil di pojok kanan bawah menu utama.
  • Tekan menu berbentuk garis tiga di bagian atas kanan layar.
  • Buka list menu pengaturan yang berbentuk seperti gerigi.
  • Di daftar menu pengaturan buka bagian account dan pilih recently deleted.

Atau jika masih kesulitan tinggal memanfaatkan kolom pencarian di atas menu pengaturan. Ketikkan kata Recently Deleted dan menu tersebut bisa langsung diakses untuk mengembalikan postingan yang terhapus.

3. Pilih Postingan

Setelah terbuka silahkan buka postingan yang ingin dipulihkan kembali kedalam feed instagram. Biasanya tidak sulit menemukan foto atau postingan yang dicari jika yang tidak sengaja terhapus hanya satu saja:

  • Lakukan pemulihan postingan dengan membuka konten tersebut.
  • Akan muncul sebuah ikon titik tiga di pojok kanan atas.
  • pilih restore setelah di klik agar bisa dikembalikan ke akun seperti semula.

Jika pengguna mencari postingan yang sudah dihapus dalam beberapa bulan atau bahkan tahun yang lalu, hal tersebut tidak bisa dilakukan. Sebab instagram hanya membatasi pengguna untuk memulihkan foto atau konten yang telah terhapus tidak lebih dari 30 hari lamanya.

4. Konfirmasi Akun

Setelah memilih postingan mana yang akan dikembalikan, postingan tersebut tidak akan langsung kembali. Pengguna harus mengkonfirmasi terlebih dahulu tindakan tersebut lewat email atau kode OTP yang dikirimkan lewat SMS.

Ini dilakukan untuk membuat pengamanan ganda pada akun instagram pengguna yang harus diperkuat keamanannya demi menghindari terjadinya pencurian akun. Berikut ini caranya: 

  • Masukkan kode OTP atau email yang harus dimasukkan kedalam instagram.
  • Masukkan kode tersebut yang isinya ada 6 digit nomor acak. 
  • Setelah langkahnya selesai dan postingan akan kembali seperti semula sebelum dihapus.
  • Jika ingin melakukan pemulihan pada postingan lainnya tidak perlu memasukkan kode OTP lagi. Cukup pulihkan mana saja postingan yang ingin dikembalikan.

Itulah sedikit informasi mengenai langkah cara mengembalikan postingan instagram yang terhapus. Caranya mudah dan sederhana untuk dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lain. Instagram sangat mempermudah penggunanya saat menghadapi masalah konten terhapus.

Namun perlu jadi catatan jika postingan yang bisa dikembalikan hanyalah postingan yang terhapus sebelum 30 hari. Jika sudah melalui waktu tersebut maka postingan akan terhapus secara permanen dan tidak akan bisa lagi dikembalikan seperti semula. 

error: Content is protected !!