Home » 2 Cara Mengembalikan Kontak WA yang Hilang Karena di Reset Pabrik

2 Cara Mengembalikan Kontak WA yang Hilang Karena di Reset Pabrik

Kehilangan kontak WA setelah melakukan reset pabrik pada handphone Android merupakan hal yang umum terjadi. Terdapat cara mengembalikan kontak WA yang hilang karena di reset pabrik untuk mengatasi hal tersebut. Pengguna tidak perlu panik menghadapinya.

Terdapat layanan Google yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah hilangnya kontak WA, yakni aplikasi Google Contact dan akun Gmail. Kedua layanan Google ini bisa dimanfaatkan jika pengguna telah melakukan sinkronisasi otomatis sebelumnya menggunakan akun Gmail.

Daftar Isi

Menggunakan Google Contact

Google Contact merupakan aplikasi dari Google yang memfokuskan diri untuk mencadangkan dan menyinkronkan kontak yang tersimpan di seluruh perangkat penggunanya. Jadi, sekalipun berpindah-pindah gadget, selama kontak telah tercadangkan ke cloud Google, daftar kontak akan aman.

BACA JUGA:  Cara Melihat Pesan yang Sudah Dihapus Di WA Tanpa Aplikasi

Google Contact juga bisa digunakan untuk menambah, mengedit, merapikan, serta menampilkan daftar kontak sesuai jenis akunnya. Begitu juga reset pabrik, kontak WA akan tetap aman apabila menggunakannya Google Contact. Lalu, bagaimanakah cara mengembalikan kontak WA-nya?

  • Unduhlah aplikasi Google Contact di Play Store. Agar tidak salah mengunduh, pastikan aplikasi Kontak yang diunduh berasal dari perusahaan Google LLC. Aplikasinya berukuran 16 MB dan bisa digunakan pada Android 6.0 ke atas.
  • Akseslah Google Contact yang sudah di-install. Jangan lupa untuk melakukan login dengan alamat email yang digunakan untuk mencadangkan data-data WA.
  • Kliklah ikon menu tiga garis. Jika sudah muncul pilihan, pilihlah menu ‘Pengaturan’, dan kliklah opsi ‘Kembalikan Perubahan’. Nantinya, akan muncul beberapa pilihan waktu perubahan, yakni custom, 10 menit, 1 jam, kemarin, dan seminggu yang lalu.
  • Pilihlah periode waktu perubahan. Perhatikanlah dengan baik pemilihan waktunya. Sebab, aplikasi ini mengembalikan kondisi kontak sesuai dengan waktu yang dipilih. Jika pilihannya 1 jam, kontak akan kembali seperti 1 jam yang lalu.
  • Kliklah tombol ‘Konfirmasi’ jika sudah menentukan. Tunggulah beberapa saat sampai daftar kontak yang sebelumnya hilang kembali seperti semula. Ceklah daftar kontak WA-nya secara berkala.
BACA JUGA:  Cara Spam WA Tanpa Aplikasi, Tidak Perlu Download Lagi

Menggunakan Gmail

Gmail bisa menjadi salah satu cara mengembalikan kontak WA yang hilang karena di reset pabrik. Inilah alasan mengapa menautkan alamat email di Android dan mengatur sinkronisasi otomatis itu penting, sebab Gmail dapat mem-backup daftar kontak.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!