Home » 5 Cara Mengatasi YouTube Loading Terus dan Penyebabnya

5 Cara Mengatasi YouTube Loading Terus dan Penyebabnya

Mau nonton video di YouTube tapi loading lama? Ketahui dulu apa penyebabnya agar bisa diatasi dengan benar. Ada banyak cara mengatasi YouTube loading terus yang bisa dipraktekkan. Tidak butuh kemampuan khusus, semua orang juga bisa melakukannya.

Penyebab Pemutaran Video di YouTube Loading

Platform konten digital ini diakses oleh miliaran pengguna pada saat bersamaan. Jadi, tidak heran jika mengalami buffering dan bermasalah. Beberapa permasalahan umum yang menjadi penyebab tampilan YouTube loading sebagai berikut:

  • Koneksi jaringan internet tidak stabil. Selain akses data, tingkat kestabilan jaringan juga sangat mempengaruhi. Jaringan internet yang cepat dan stabil akan sangat berpengaruh terhadap kelancaran pemutaran video. Apalagi jenis video yang memiliki kualitas tinggi (HD Quality)
  • File cache dan data aplikasi menumpuk. File sampah (cache dan data) sangat berpengaruh terhadap performa aplikasi. Penumpukan file sampah pada sebuah aplikasi secara berlebihan bisa menimbulkan masalah di kemudian hari. Aplikasi akan menjadi berat dan lemot saat dioperasikan.
  • Penyimpanan memori terlalu penuh. YouTube merupakan aplikasi dengan tingkat konsumsi memori besar. Apalagi bagi yang suka mengunduh video untuk kemudian dilihat secara offline. Terlalu banyak menyimpan aplikasi pada perangkat juga akan membuat kinerja aplikasi menjadi lambat.
  • Aplikasi YouTube tidak update. Seperti kebanyakan aplikasi lainnya, YouTube juga merupakan aplikasi yang perlu update secara berkala. Meskipun pada beberapa smartphone merupakan aplikasi bawaan, namun pengguna tetap perlu melakukan pembaruan aplikasi.
  • Server YouTube sedang bermasalah. Selain beberapa permasalahan internal pengguna, penyebab lain yang mungkin terjadi adalah server YouTube sedang bermasalah. Jika tampilan YouTube loading tidak hanya dialami satu pengguna, bisa jadi server YouTube down.

Cara Mengatasi YouTube Loading Paling Ampuh

Setiap permasalahan pasti memiliki solusi. Begitu pula dengan tampilan YouTube yang loading. Berikut ini adalah cara mengatasi YouTube loading terus yang bisa dilakukan sendiri di rumah:

BACA JUGA:  8 Cara Mendapatkan Uang dari Youtube yang Wajib Dicoba

1. Perbaiki Koneksi Jaringan Internet

Pastikan perangkat terhubung dengan jaringan internet melalui WiFi atau paket data. Coba matikan sambungan internet, tunggu 10 – 20 detik dan hidupkan kembali. Cek status jaringan dan prioritaskan pada jaringan 4G LTE.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!