Home ยป Cara Mengatasi Touchscreen Ngangkat Dengan Mudah

Cara Mengatasi Touchscreen Ngangkat Dengan Mudah

Cara mengatasi touchscreen ngangkat sebenarnya sangat mudah dilakukan, namun kebanyakan orang masih tidak memahaminya. Sehingga tidak sedikit orang yang menanganinya dengan membawa ke tempat service Hp, padahal akan memakan biaya yang tidak sedikit.

Dengan memahami tata cara mengatasinya, tentu siapapun akan dapat memperbaikinya dengan gampang tanpa perlu membawanya ke tempat service Hp. Tentu saja hal tersebut akan lebih menghemat uang.

Penyebab touchscreen Ngangkat

Tentunya ada banyak hal yang menyebabkan touchscreen jadi ngangkat. Setelah mengetahuinya, maka akan mudah untuk antisipasi agar touchscreen tidak ngangkat. Lantas apa saja penyebabnya? Perhatikan penjelasan di bawah ini

  • Hp terjatuh. Hal ini sangatlah rawan sekali dan sering terjadi. Selain dapat merusak komponen dalam Hp, tentu juga dapat mengakibatkan touchscreen ngangkat. Oleh karenanya, berhati-hatilah dalam membawa Hp, jangan sampai terjatuh.
  • Baterai kembung. Termasuk hal langka namun memang benar adanya, karena jika sudah rusak baterai akan mengembung dan menambah besar ukurannya. Dengan kerusakan tersebut juga dapat membuat touchscreen ngangkat.
  • Lem kurang kuat. Hal ini jarang terjadi, karena setiap pabrik akan memberikan lem yang kuat pada touchscreen Hp. Namun jika sebelumnya sudah pernah dibongkar, maka ada kemungkinan hal ini bisa terjadi.

Cara Mengatasi Layar Ngangkat

Seperti yang disebutkan di awal, penting untuk memahami tata cara mengatasi touchscreen ngangkat. Agar ketika suatu saat mengalaminya, tidak perlu bingung atau sampai membawa ke tempat service. Karena diperbaiki secara mandiri juga bisa.

Sebelum masuk pada caranya, terlebih dahulu harus menyiapkan beberapa bahan untuk memperbaiki layar nanti. Beberapa bahan tersebut ialah lem T7000 atau B7000, double tape, dan karet gelang. Jika sudah siap semua, maka lakukanlah langkah-langkah ini:

  • Pertama-tama, pastikan semua bagian dari Hp telah bersih dari debu, terutama bagian samping. Pastikan telah benar-benar bersih, agar saat pemasangan touchscreen tidak ada kotoran yang mengganjal.
  • Jika sudah dibersihkan, maka lap semua bagian Hp dengan kain atau tisu untuk memastikannya telah kering.
  • Setelah itu berikan lem pada bagian pinggiran dalam dari Hp. Pastikan telah memberikan secara merata pada bagian touchscreen yang ngangkat. Lakukan tahap ini dengan perlahan, agar tidak membuat touchscreen semakin ngangkat nantinya.
  • Jika dirasa telah cukup dan rata, maka silahkan tempel touchscreen dan tekan secara halus agar lem merekat dengan sempurna.
  • Kemudian silahkan gunakan double tape untuk merekatkannya. Namun jika bagian touchscreen yang ngangkat hanya sedikit, maka cukup gunakan karet gelang saja. Pastikan telah mengikatnya dengan erat.
  • Lalu silahkan diamkan hingga beberapa saat sampai lemnya kering secara sempurna.
  • Jika sudah merekat sempurna, maka silahkan lepas double tape atau karet gelangnya.
  • Setelah itu, silahkan perhatikan seluruh bagian samping Hp, apakah touchscreen sudah merekat dengan sempurna. Pastikan juga tidak ada lem yang keluar, jika ada maka bersihkan secara perlahan.
  • Selesai, touchscreen Hp sudah kembali seperti semula.

Cara di atas bisa dilakukan jika touchscreen hanya ngangkat biasa (tidak sampai merusak atau membuat mati layar). Namun jika touchscreen telah mengangkat dengan parah (sampai merusak layarnya), maka pemilik perlu membawanya ke service center.

Hal tersebut karena untuk memperbaiki touchscreen yang ngangkat dengan parah diperlukan keahlian khusus. Jika nekat, maka dapat membuatnya semakin rusak parah.

Demikian cara mengatasi touchscreen ngangkat. Praktekkan cara tersebut jika Hp pengguna mengalaminya. Tentu saja tidak perlu mengeluarkan biaya untuk jasa service, cukup diperbaiki sendiri dengan cepat, mudah, dan murah.

error: Content is protected !!