Home » 3 Cara Mengatasi Sinyal Full Tapi Internet Lemot dan Penyebabnya

3 Cara Mengatasi Sinyal Full Tapi Internet Lemot dan Penyebabnya

Sinyal penuh, namun internetnya lambat tentu sangat mengganggu. Untuk itulah perlu mengetahui cara mengatasi sinyal full tapi internet lemot sehingga dapat segera diatasi. Ada berbagai tindakan yang dapat dilakukan agar internet bisa digunakan dengan lancar seperti sebelumnya.

Penyebab Internet yang Lemot

Sebelum membahas tentang cara mengatasi internet yang lemot, mari mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Ada beberapa faktor yang membuat internet lebih lemot dibandingkan biasanya, yakni seperti berikut:

  • Sistem smartphone yang bermasalah. Jika koneksinya bagus namun internet lambat, bisa jadi smartphone yang mengalami masalah. Misalnya penuh dengan file cache sehingga mengakibatkan lag atau jaringan tidak kuat.
  • Provider kesulitan menjangkau wilayah. Semua provider memiliki jangkauan serta kuota berbeda-beda pada setiap wilayah. Jika berada di tempat tertentu seperti pedalaman atau basement, tentu akan sulit menangkap sinyal.
  • Banyak pengguna di wilayah tersebut. Alasan lainnya adalah banyak pengguna operator tersebut yang ada di satu tempat. Sehingga, kecepatan internetnya melambat dibandingkan biasanya.
  • Kuota internet habis, sehingga walaupun sinyal penuh namun internetnya tidak bisa digunakan. Seringkali kuota yang habis terlambat disadari oleh pengguna smartphone sehingga pulsanya tersedot.

Cara Mengatasi Sinyal Full Tapi Internet Lemot

Pada pembahasan sebelumnya telah dipaparkan beberapa faktor yang menyebabkan internet lemot. Jika kondisi tersebut terjadi, jangan khawatir karena ada banyak solusi yang bisa dicoba. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi permasalahan ini:

1. Restart Data Seluler

Cara pertama yang dapat dilakukan sangat sederhana, berkaitan langsung dengan data seluler itu sendiri. Dengan melakukan restart, sinyal bisa di-refresh sehingga koneksinya bisa lebih lancar daripada sebelumnya. Langkah-langkahnya seperti berikut:

  • Geser menu notifikasi yang ada di atas layar.
  • Carilah opsi “Mobile data” atau “Data seluler”. Klik tombol tersebut untuk mematikannya.
  • Tunggu beberapa menit, kemudian nyalakan ulang dengan klik tombolnya lagi.
  • Bila perlu, pengguna bisa mematikan perangkatnya kemudian menyalakan ulang setelah beberapa menit. Cara ini dinilai efektif untuk menguatkan kembali jaringan internet.

2. Mengaktifkan Mode Pesawat

Menyalakan mode pesawat (airplane mode) merupakan cara mengatasi sinyal full tapi internet lemot yang seringkali ampuh. Mode pesawat akan mematikan jaringan secara keseluruhan, sehingga perangkat tidak bisa digunakan untuk internet, telepon, maupun SMS. Caranya adalah seperti berikut:

  • Geser layar notifikasi yang ada di hp masing-masing. Cari tulisan “Airplane mode”, atau cukup cari logo pesawat terbang.
  • Klik pada tombol tersebut untuk menyalakan mode pesawat.
  • Biarkan menyala untuk beberapa saat, kemudian matikan mode pesawatnya. Dengan begitu, perangkat akan berusaha untuk mencari jaringan yang lebih kuat dibandingkan sebelumnya.

3. Mengubah Jaringan Menjadi 4G LTE

Cara mengatasi sinyal full tapi internet lemot berikutnya adalah mengatur setelan jaringan agar terus menetap di 4G LTE. 4G merupakan koneksi yang mencukupi untuk berbagai aktivitas, berbeda dengan 3G maupun 2G yang sangat terbatas.

Dengan mengaktifkan 4G only, maka perangkat akan berusaha menangkap jaringan dengan kecepatan tinggi. Sementara itu jaringan lain misalnya 3G akan diabaikan, sehingga kecepatan internet bertambah cepat. Berikut cara mengaktifkannya:

  • Masuk menuju menu pengaturan di perangkat.
  • Carilah menu “Jaringan seluler”, lanjutkan dengan “Jenis jaringan”.
  • Ganti jaringan tersebut menuju 4G LTE, lalu simpan pengaturannya.
  • Bisa juga dengan mengakses kode dial yaitu mengetikkan ##4636## lalu memilih 4G LTE. Selesai, sekarang perangkat yang digunakan akan mengupayakan sinyal selalu berada dalam kondisi 4G.

Itulah penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi sinyal full tapi internet lemot. Dengan mengetahui informasi ini, harapannya bisa segera mengatasi masalah tersebut. Sebab, di zaman seperti ini kebutuhan internet sangat masif dan penting untuk berbagai aktivitas.

error: Content is protected !!