Pihak Xiaomi sudah menyediakan 2 metode cara mengatasi lupa akun Mi yang bisa dilakukan oleh para pelanggannya. Dengan begitu, walaupun para pelanggan melupakan akun Mi nya, tetap bisa diakses dan dipulihkan kembali dengan beberapa tahap akses.
Lupa akun atau kata sandi sebenarnya hal yang umum di masyarakat yang serba internet sekarang. Karena itu, tidak heran jika banyak orang yang lupa dengan akun Mi dan tidak bisa mengaksesnya. Memahami hal tersebut, Xiaomi menyediakan dua cara yang akan dibahas di bawah ini agar para pengguna tidak kehilangan akses pada akunnya.
Membuka Akun Mi dengan Nomor IMEI
Cara pertama mengatasi masalah lupa akun Mi ini adalah dengan menggunakan nomor IMEI. Mengapa hanya lupa akun sampai membutuhkan nomor iMEI pada smartphone? Hal ini karena akun Mi memiliki sistem keamanan otomatis yang dapat mengunci akun.
Apalagi, jika para pelanggan sudah jelas lupa dengan akun Mi namun masih tetap masih memaksa masuk. Terutama, dengan memaksakan kata sandi maupun email yang tidak tepat, sistem akan melihat ini sebagai bentuk usaha pembobolan akun dan akhirnya terkunci.
Namun, bukan berarti akun tidak bisa kembali lagi. Karena itu, dibutuhkan nomor IMEI smartphone sebagai sarana verifikasi dengan cara di bawah ini:
- Akses situs resmi dari Xiaomi melalui browser yang ada di smartphone maupun perangkat lain.
- Masuk ke opsi ‘Permohonan Buka Kunci’ yang ada pada tampilan utama website.
- Kemudian, masukkan nomor IMEI dari smartphone.
- Lengkapi informasi dengan lokasi pembelian smartphone yang paling tepat.
- Selanjutnya, para pemilik smartphone akan diminta untuk mengisi formulir secara lengkap.
- Untuk memperkuat bukti, para pengguna bisa melampirkan foto HP, bukti kotak kardus, dan jika bisa invoice pembelian smartphone.
- Masukkan nomor HP yang masih aktif, untuk kode verifikasi via SMS.
- Setelah kode verifikasi dimasukkan, para pengguna bisa mensubmit permohonan pada website.
Untuk cara ini pihak Xiaomi membutuhkan waktu setidaknya 3 hari untuk melakukan konfirmasi. Setelah data diri pengguna dan permohonan dinyatakan valid maka permohonan mengganti password dan akses baru akan dikabulkan.
Membuka Akun Mi yang Hanya Lupa Kata Sandi
Jika para pengguna hanya melupakan kata sandi untuk akun Mi saja, sedangkan untuk emailnya masih merupakan email yang benar. Maka, ada cara yang lebih mudah untuk membuka akun Mi yang lupa akun ini.
Karena para pengguna bisa memanfaatkan akses email yang memang sudah didaftarkan pada akun Mi. Berikut adalah cara yang bisa dilakukan:
- Buka akses situs resmi Xiaomi melalui browser yang ada di smartphone, bisa juga menggunakan browser yang ada pada perangkat lain.
- Klik ‘Lupa Sandi’ yang ada di tampilan utama situs.
- Kemudian, masukkan email yang sudah tertaut dengan akun Mi atau mungkin nomor HP jika memang ada.
- Kirimkan permohonan pemulihan sandi pada kontak yang sudah dicantumkan.
- Kode verifikasi akan diterima melalui email yang sudah tertaut dengan akun Mi.
- Masukkan kode verifikasi ke akun dengan menggunakan email yang sudah tertaut dengan email.
- Atur kata sandi baru untuk menjadi akses baru pada akun Mi.
- Setelah kata sandi ditetapkan, para pengguna bisa mencoba login kembali ke akun Mi pada smartphone.
Cara di atas hanya bisa dilakukan jika email dan nomor telepon memang benar sudah tertaut pada akun Mi. Email dan nomor telepon juga harus masih bisa diakses dan aktif agar kode verifikasi bisa diterima.
Itulah cara mengatasi lupa akun Mi yang bisa dilakukan oleh para pengguna. Tenang saja, lupa adalah hal yang wajar. Karena itu, pihak Xiaomi memberi cara untuk memulihkannya pada para pengguna.