Home ยป Cara Mengatasi Laptop Lemot yang Pastinya Mudah Untuk Diikuti

Cara Mengatasi Laptop Lemot yang Pastinya Mudah Untuk Diikuti

Banyak pengguna laptop yang mengeluh bahwa laptopnya menjadi lemot. Oleh sebab itu, diperlukan cara mengatasi laptop lemot yang bisa diikuti oleh para pengguna. Jika sudah mengetahuinya, maka pengguna tak akan mengeluhkan hal serupa.

Pastinya kelima cara yang tersaji bisa dicoba dan diikuti dengan mudah baik bagi pengguna laptop baru maupun lama. Gunakan cara yang diinginkan dan sekiranya perlu untuk laptop. Kelima cara yang bisa dilakukan adalah seperti berikut:

Daftar Isi

1. Gunakan Antivirus yang Ringan

Cara mengatasi laptop lemot yang pertama adalah dengan beralih menggunakan program antivirus yang ringan. Pengguna harus menyesuaikannya dengan kapasitas RAM pada laptop. Antivirus yang berukuran besar akan membuat laptop semakin berat menanggung beban cache.

Oleh sebab itu, cara ini harus diperhatikan dengan baik. Jangan sampai membebani ponsel dengan program yang terlalu besar ukurannya. Pastikan untuk memilih program antivirus yang tidak berat sehingga tak akan mengganggu kinerja pada laptop.

2. Bersihkan Cache Secara Berkala

Kemudian beralih pada masalah cache yang kerap menjadi momok bagi pengguna laptop maupun PC. Pengguna dituntut harus selalu membersihkan sampah atau residu yang sudah menumpuk di dalamnya. Hal tersebut guna melancarkan kinerja pada laptop tersebut.

Cache bisa ditemukan di menu Recycle Bin dan pada menu lainnya. Bersihkan semua cache dari pelbagai macam aplikasi dan program yang terpasang pada laptop. Jika sudah dibersihkan, biasanya laptop akan jauh lebih cepat saat dioperasikan.

Terutama jika pengguna suka menimbun cache di dalam laptop, hal tersebut akan fatal bagi kinerja laptop. Pengoperasian akan lama dikarenakan sampah internal yang tertimbun menghambat perintah pada sistem laptop. Langkah untuk membersihkannya adalah sebagai berikut:

  • Buka File Manager.
  • Klik kanan dan pilih opsi Properties.
  • Pilih General, dan klik tombol Disk Cleanup.
  • Tunggu proses pembersihan hingga selesai secara menyeluruh.

3. Matikan Sistem Indexing yang Menyala

Bagi pengguna Windows 7 tentu sudah tak asing dengan fitur sistem indexing. Apabila laptop terasa lemot, maka matikan fitur tersebut agar bisa digunakan dengan cepat dan tidak terhambat. Fitur tersebut bisa membebani laptop yang digunakan.

Jika pengguna mematikan sistemnya, maka laptop akan kembali ringan dan tidak lemot seperti sebelumnya. Cara ini bisa diterapkan oleh pengguna PC atau laptop dengan sistem operasi Windows 7.

4. Hapus Program yang Tidak Digunakan

Cara keempat ini adalah dengan menghapus pelbagai program yang sekiranya sudah tak diperlukan lagi. Dengan menghapusnya, maka RAM laptop akan tidak terbebani dan akhirnya tidak akan memberatkan sistem laptop. Hal tersebut membuat penuh sistem penyimpanan.

Tentunya pengguna tak akan mau jika kinerja laptop menjadi menurun disebabkan oleh banyaknya program tak terpakai. Jadi hapuslah program yang tak terpakai agar menghemat ruang penyimpanan pada perangkat.

5. Lakukan Disk Defragmenter Secara Rutin

Beralih ke cara yang terakhir yaitu dengan melakukan disk defragmenter secara rutin. Bagi pengguna Windows 7, pastinya memerlukan cara yang satu ini untuk mempercepat kinerja. Sistem Windows yang lama akan membuat laptop berat untuk digunakan.

Pengguna bisa melakukan proses disk defragmenter selama semalam karena membutuhkan waktu yang agak lama. Jadi, pengguna bisa melakukannya saat malam hari sambil ditinggal tidur. Keesokannya laptop akan hadir dengan suasana yang fresh dan tidak lemot.

Demikian ulasan mengenai lima cara mengatasi laptop lemot yang pastinya mudah untuk disimak dan diikuti dengan baik oleh pengguna. Kelima cara di atas akan memperbaiki kinerja laptop menjadi lebih cepat dan tak akan susah dijalankan.

error: Content is protected !!