Home » 4 Cara Mengatasi Google Play Store Terhenti dan Penyebabnya

4 Cara Mengatasi Google Play Store Terhenti dan Penyebabnya

Play Store merupakan layanan penyedia aplikasi yang sangat lengkap. Namun, pengguna juga perlu tahu cara mengatasi Google Play Store terhenti.

Sebab banyak orang mengeluhkan Play Store miliknya tiba-tiba berhenti atau tidak bisa dibuka. Biasanya hal ini ditandai dengan notifikasi “sayangnya, Play Store terhenti”.

Mengapa Play Store Terhenti?

Sebelum mencari tahu tentang cara mengatasi Play Store yang bermasalah, pengguna perlu mengetahui beberapa penyebab error yang terjadi. Sehingga bisa lebih diperhatikan dan meminimalisir terjadinya masalah kedepannya.

Berikut adalah beberapa penyebab yang sering terjadi:

  • RAM yang penuh. Banyak permasalahan seperti macet, lag, atau munculnya pesan error diakibatkan memori RAM penuh. Seringkali terjadi pada perangkat dengan RAM lebih rendah dari 3 GB yang sudah cukup lama digunakan.
  • File sampah yang menumpuk. Misalnya cache, virus, maupun file sementara yang lain. Jika jarang dibersihkan, bisa memenuhi perangkat karena ukurannya bertambah besar.
  • Sistem mengalami masalah. Bila masalahnya terjadi pada sistem, dapat berimbas ke berbagai aplikasi termasuk Play Store.
  • Play Store sudah kadaluwarsa. Jika tidak ada pembaruan (update) otomatis, Play Store menjadi kadaluwarsa sehingga perlu segera diperbarui.
BACA JUGA:  Mudah! Begini Cara Ganti PIN ShopeePay Agar Tetap Aman

Cara Mengatasi Google Play Store Terhenti

Beberapa penyebab notifikasi terhentinya Play Store telah dibahas di atas. Lantas, bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut? Inilah beberapa cara agar Play Store dapat berfungsi seperti semula:

1. Menghapus Cache

Cache terkesan sepele, padahal file sampah ini dapat menimbulkan penumpukan. Akibatnya, kinerja aplikasi yang lain bisa terhambat. Menghapus cache bisa membuat perangkat lebih lowong sehingga sistemnya dapat berjalan dengan lancar.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!