Aplikasi My Telkomsel menjadi andalan para pengguna provider tersebut untuk keperluan transaksi, baik mengisi pulsa, paket data, transfer. Banyak keuntungan yang didapat apabila menggunakan aplikasi tersebut. Namun ada saja kendala yang menyebabkan aplikasi My Telkomsel tidak bisa dibuka untuk digunakan.
Biasanya masalah ini terjadi akibat jaringan atau pembaharuan sistem sehingga sedikit menyulitkan penggunanya. Akan tetapi kendala tersebut tidak berlangsung lama, namun jika masih belum login juga bisa mengikuti tahapan dibawah ini:
1. Restart Jaringan Internet
Kendala pertama yang menyebabkan aplikasi My Telkomsel gagal login adalah jaringan internet yang terganggu.
Hal ini berlaku ketika sistem sedang sibuk membaca, namun ternyata jaringan buruk. Jika dibiarkan saja sebenarnya tidak masalah namun lebih baik untuk meresetnya ulang dengan cara berikut:
- Masuk ke menu jaringan internet pada ponsel.
- Kemudian cari wifi lalu off kan. Tunggu beberapa saat baru kemudian dinyalakan kembali.
- Jika menggunakan paket data lakukan hal yang sama.
- Biarkan jaringan internet memulih, lalu coba ulangi lagi masuk ke dalam aplikasi My Telkomsel.
2. Hidupkan Mode Pesawat
Selain memulihkan jaringan internet, menyalakan mode pesawat juga menjadi alternatif lain untuk mengatasi permasalahan sulit login di aplikasi My Telkomsel. Cara ini dinilai efektif mengembalikan jaringan internet dengan cepat tanpa melalui banyak tahapan yakni:
- Tarik pintasan layar menu utama ponsel dari atas ke bawah hingga menampilkan menu baru.
- Pilih menu airplane mode dengan mengetuk ikon pesawat yang ada di sana.
- Tunggu hingga tanda berubah warna menjadi biru atau hijau.
- Perhatikan tanda jaringan yang ada di layar utama, jika silang dan muncul tanda pesawat, artinya mode pesawat telah berhasil diaktifkan.
- Tunggu beberapa saat, matikan mode pesawat hingga jaringan kembali normal.
- Buka aplikasi My Telkomsel apabila jaringan internet telah sepenuhnya pulih.
3. Hapus Data Aplikasi My Telkomsel
Jika dengan memulihkan jaringan internet gagal mengatasi masalah aplikasi My Telkomsel tidak bisa dibuka, bisa jadi hal ini karena sampah yang menumpuk. Apabila item tidak diperlukan seperti cache, cookie, dan trash memenuhi file penyimpanan tentu harus dihapus dengan cara:
- Masuk ke menu setting pada ponsel, kemudian klik aplikasi.
- Berikutnya masuk ke menu manajemen aplikasi dan pilih My Telkomsel.
- Scroll ke bawah, pilih hapus data.
- Setelah itu pengguna bisa mencoba kembali untuk mengakses aplikasi My Telkomsel.
4. Install Ulang Aplikasi
Solusi menghadapi permasalahan aplikasi My Telkomsel yang tidak dapat dibuka lainnya bisa menggunakan cara install ulang. Biasanya metode ini kerap dipakai sebagai jalan pintas paling cepat untuk mengatasi error aplikasi. Caranya cukup mudah yakni:
- Buka pengaturan ponsel, dan masuk ke menu manajemen aplikasi.
- Selanjutnya pilih aplikasi My Telkomsel. Lalu cabut pemasangan dengan menekan pilihan hapus atau uninstall.
- Tunggu beberapa saat, lalu lakukan instalasi ulang dari paystore.
- Selanjutnya masuk ke aplikasi dengan melakukan verifikasi ulang nomor ponsel agar bisa tersambung dengan aplikasi.
5. Restart Ponsel
Apabila seluruh cara di atas belum dapat menangani masalah aplikasi My Telkomsel tidak bisa dibuka, cara terakhir yang bisa dicoba yakni merestart ponsel. Pastikan seluruh jendela aplikasi yang aktif telah tertutup agar ponsel tetap awet. Kemudian lakukan restart seperti biasa.
Itulah beberapa cara untuk mengatasi aplikasi My Telkomsel tidak bisa dibuka. Terkadang pengguna aplikasi My Telkomsel sering kesulitan masuk akibat dua kendala utama.
Kendalanya yakni sampah yang menumpuk, atau jaringan yang bermasalah. Jika hal itu terjadi, menggunakan beberapa cara di atas sebagai solusi dapat dilakukan.