Home ยป Cara Mengaktifkan Mikrofon di Google Meet di Laptop Termudah

Cara Mengaktifkan Mikrofon di Google Meet di Laptop Termudah

Ketika meeting secara online dengan bantuan Google maps terkadang mikrofon justru tidak berfungsi. Padahal berguna dalam hal penyampaian informasi dalam kegiatan rapat. Jangan khawatir karena ada 3 cara mengaktifkan mikrofon di Google meet di laptop apabila tidak bisa digunakan.

Dalam cara atau langkah penggunaannya sendiri juga tidak terlalu ribet. Sehingga permasalahan suara yang tidak keluar atau lain sebagainya itu dapat diatasi dengan cepat. Untuk itu ada baiknya dengan menyimak berbagai bahasan berikut:

Mengaktifkan Mikrofon di Google Meet

Pembahasan pertama tentunya berkaitan cara mengaktifkan mikrofon di Google meet di laptop. Mengingat bahwa mikrofon memiliki fungsi untuk penghubung pembicara dan pendengar dalam penyampaian informasi. Dipastikan jika ini tidak berfungsi maka rapat tidak bisa berjalan.

Bila menggunakan laptop sebagai sarana untuk membuka Google meet, langkah yang dilakukan juga sedikit berbeda. Untuk mengaktifkan mikrofon jika dibandingkan dengan penggunaan ponsel atau smartphone. Maka untuk itu harus dipahami dasar pembeda dan langkahnya.

1. Menyalakan Mikrofon

Cara pertama adalah dengan memanfaatkan tombol on off. Sebenarnya ini termasuk dalam fitur khusus yang difungsikan untuk mengaktifkan microphone. Apabila digunakan dalam rapat terutama dalam pemakaian laptop.

  • Tata caranya sendiri pertama dengan membuka Google meet lalu beranjak pada fitur mulai rapat..
  • Berikutnya adalah dengan menekan pada bagian sebelah kanan bawah yang menampilkan fitur opsi berikutnya pilih setelan.
  • Baru kemudian klik pada bagian mikrofon default setelah itu proses penyalaan mikrofon pun langsung selesai. Serta bisa mendengar suara dari lawan bicara ataupun menyampaikan suara yang disampaikan.

2. Tap Kamera dan Mikrofon

Berikutnya sebagai cara mengaktifkan mikrofon di Google meet di laptop bersamaan dengan tab kamera. Dilakukan jika tidak adanya panduan otomatis seperti cara yang dijelaskan di atas. Karena ada berbagai pengaturan yang harus dilakukan walau tidak banyak.

  • Pertama tentu dengan membuka Google meet dengan bantuan laptop lalu beranjak pada bagian gabung rapat.
  • Setelah itu pengguna harus menekan ke arah icon kamera yang letaknya di sebelah kanan bawah pada browser. ketika muncul menu baru ini maka klik perintah untuk mengizinkan untuk penggunaan akses kamera serta microphone.
  • Jika sudah dipastikan berubah menjadi warna merah maka dari itu klik perintah selesai guna menyimpan perubahan tersebut.

3. Gunakan Menu Recording

Lalu untuk dapat menghidupkan microphone selanjutnya dengan memanfaatkan menu recording. Hal ini biasanya digunakan apabila mikrofon justru sebelum tidak bisa dipakai dalam rapat. Tetapi untuk ini ada berbagai pengaturan umum yang wajib dilakukan.

  • Pertama dengan membuka bagian pengaturan suara yang letaknya ada di bagian bawah lalu tekan menu recording.
  • Kemudian pengguna harus menekan pada bagian opsi microphone selama dua kali klik pada bagian level.
  • Saat itu mikrofon juga harus dalam posisi aktif baru atur volume ini sesuai dengan kebutuhan. Terakhir masuk kembali pada Google meet untuk bisa memulai penggunaan mikrofon.

Kenapa Mikrofon Tidak Bisa Dipakai

Selanjutnya akan dibahas secara singkat berkaitan dengan penyebab mengapa mikrofon justru tidak dapat digunakan terutama saat sedang rapat. Hal ini ternyata karena berbagai masalah sepele. Contohnya saja karena lupa menghidupkan notifikasi pada bagian izinkan akses microphone.

Kasus lainnya juga dapat terjadi karena buruknya kualitas jaringan. Sehingga tidak memungkinkan untuk mengaktifkan fitur tersebut. Tetapi secara umum hal ini bukanlah masalah yang begitu serius bagi pengguna.

Jadi itulah berbagai bahasan singkat terutama terkait cara mengaktifkan mikrofon di Google meet di laptop. 3 cara yang telah dijelaskan ini sebenarnya hampir memiliki langkah pengerjaan yang sama. Tetapi bisa digunakan dalam berbagai situasi.

error: Content is protected !!