Di masa sekarang ini, banyak kegiatan yang dilakukan secara online, selain praktis cara online dianggap lebih modern. Termasuk cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati secara online. Berikut penjelasan lengkapnya mengenai cara yang dibutuhkan untuk aktivasi kartu Telkomsel.
1. Melaporkan ke Akun Sosial Media Telkomsel
Ketika pengguna Telkomsel terlambat mengisi pulsa melewati masa tenggang, kartu yang dipakai akan hangus. Namun, pelanggan bisa mengaktifkannya lagi dengan menghubungi E-Care Telkomsel. Pengguna bisa mengembalikan nomornya agar bisa dipakai lagi.
Untuk memudahkan aduan, operator Telkomsel menerima aduan pelanggan melalui sosial media, diantaranya Twitter, simak langkahnya:
- Masuk ke dalam akun Twitter dan kunjungi profil resmi Telkomsel.
- Kirimkan DM atau Direct Message ke akun tersebut berisikan permintaan Reaktivasi Prepaid.
- Admin dari akun Telkomsel akan membalas DM tersebut dan ikutilah instruksi dari customer service untuk mengisi link formulir yang diberikan.
- Unggah dokumen yang diperlukan seperti foto KTP, Kartu Keluarga, dan kartu SIM yang dibutuhkan saat mengaktivasi ulang nomor.
- Proses verifikasi selanjutnya adalah video call antara customer service dan pengguna untuk memastikan keaslian data.
- Jika proses sudah selesai dan telah disetujui maka reaktivasi sudah berhasil.
2. Menelepon ke Nomor *888*89#
Nomor HP adalah bagian dari identitas pengguna. Saat memakai satu nomor, pengguna akan memakai nomor tersebut dalam waktu lama. Nomor tersebut sudah dipakai untuk verifikasi berbagai aplikasi bahkan data perbankan.
Namun, jika nomor tersebut hangus, pengguna bisa mencoba cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati secara online melalui langkah berikut:
- Masuk ke panggilan telepon dan tekan nomor *888*89#.
- Akan muncul pilihan dan tekan nomor 1 yaitu Aktivasi Kartu.
- Di pilihan selanjutnya tekan tombol Setuju.
- Masukkan data-data yang dibutuhkan seperti NIK, KK, dan KTP.
- Setelah proses selesai, pengguna akan mendapatkan SMS berisi pemberitahuan apakah permintaan disetujui atau tidak.
3. Migrasi Nomor ke Kartu Halo
Cara ini bisa dilakukan jika kartu yang sudah melewati masa tenggang belum mencapai 15 hari. Jika sudah lewat 15 hari, maka proses migrasi tidak bisa dilakukan. Migrasi ini dapat mencegah nomor yang sudah dipakai hangus.
Memakai Kartu Halo juga memiliki berbagai kelebihan, maka bisa dipilih menjadi solusi untuk mengembalikan nomor yang dinonaktifkan. Berikut langkahnya:
- Masuk ke website Telkomsel untuk memulai migrasi kartu.
- Tekan tombol bertuliskan Beralih Sekarang.
- Masuk dengan menuliskan nomor HP pada kolom yang tersedia.
- Siapkan persyaratan yang dibutuhkan seperti KTP dan Kartu Keluarga.
- Ikuti instruksi hingga akhir dan nomor pengguna akan di migrasi ke Kartu Halo.
4. Menghubungi Call Center Telkomsel
Selain cara-cara di atas, pengguna bisa langsung menghubungi nomor call center Telkomsel untuk aktivasi kartu. Nomor yang bisa dihubungi adalah 0807 1811 811 untuk pertanyaan umum dan nomor 188 untuk customer care. Silakan pilih nomor untuk customer care terlebih dahulu.
Siapkan data berupa nomor NIK KTP dan jelaskan maksud dan tujuan dengan jelas kepada operator. Panggilan ini dikenakan biaya pulsa, maka harus pastikan bahwa pulsa yang dimiliki cukup. Jika panggilan terputus, pengguna perlu mengulang dari awal prosesnya.
Demikian cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati secara online yang mudah dilakukan. Tentunya dengan berbagai cara di atas, nomor yang sudah dipakai akan selamat dari penonaktifan. Sehingga pengguna tidak akan repot mengganti nomor sebagai identitas yang sudah dipakai sebelumnya.