Home » Rumus Jitu Cara Menentukan Harga Jual Produk Agar Profit

Rumus Jitu Cara Menentukan Harga Jual Produk Agar Profit

Cara menentukan harga jual menjadi sebuah rencana yang harus diketahui setiap pengusaha apabila ingin memulai bisnis. Karena setiap rencana jual akan mempengaruhi nilai jual dan untung pada seorang pelaku bisnis.

Tidak hanya berlaku bagi orang sudah pro berbisnis, tapi harga jual suatu produk atau jasa wajib dipahami oleh pemula. Dalam menentukan harga suatu layanan produk maupun jasa akan melancarkan usaha.

Kesuksesan bisnis yang dijalankan pengusaha salah satunya terletak pada penentuan harga jual yang diberikan kepada konsumen. Tentunya setiap jasa maupun produk tertentu wajib memiliki harga sesuai dengan nilai yang ditawarkan.

Anda akan meraih pencapaian terbaik dalam menjalankan usaha ketika sudah berhasil menentukan harga sebuah produk. Namun dalam menentukan hal tersebut harus menggunakan cara khusus agar konsumen tertarik untuk membeli.

Bayangkan saja, jika belum mengetahui cara menentukan sebuah harga barang yang dijual pasti tidak bisa maksimal. Bahkan para pembeli jarang melirik ketika barang tertentu dibanderol tanpa menggunakan rumus.

Barangkali Anda baru pertama kali menjalankan bisnis di era sekarang, perlu diperhatikan bahwa penjualan akan lancar bila sudah menentukan harga. Besar kecilnya harga tergantung dari produk yang mau dijual.

Agar tidak bingung ketika ingin menawarkan produk tertentu, berikut ini adalah cara menentukan sebuah harga jual terbaik. Pastikan mengikuti seluruh tips cara menghitung sebuah harga produk sebelum Anda jual.

Cara Menentukan Harga Jual Sesuai Fungsinya

Cara Menentukan Harga Jual

Tujuan utama dalam berbisnis yaitu agar mendapatkan banyak keuntungan dari harga yang sudah ditentukan secara tepat. Penentuan harga sangat berpengaruh terhadap permintaan konsumen apabila sudah dipikirkan dengan matang.

Dalam menghitung harga barang yang akan dijual, kami sarankan Anda melihat dulu dari fungsinya. Mengingat setiap barang memiliki fungsi berbeda-beda, jadi kalau bisa melakukan riset secara mendalam agar berhasil menjualnya.

Cara menentukan harga jual melihat dari fungsinya bertujuan untuk menentukan besar atau kecilnya harga yang ada. Kalau memiliki fungsi penting, bisnis pemula bisa memberikan banderol sedikit mahal.

Misalkan akan berbisnis barang-barang mewah, pasti selalu menawarkan harga tinggi dibandingkan produk biasa. Hal ini dipengaruhi oleh fungsi dari barang itu sendiri yang cenderung penting dan barangnya punya spesifikasi tinggi.

Dengan menentukan sebuah harga sesuai fungsinya, maka Anda akan mendapatkan banderol sesuai yang bisa diberikan pada produk. Adapun fungsi lain yang bisa membuat barang memiliki harga selangit atau justru murah.

Peran produk bagi konsumen dapat mempengaruhi harga, sebab semakin besar kemampuan produk menyelesaikan masalah dijamin harganya mahal. Walapun mahal, Anda bisa menerima keuntungan besar ketika sudah berhasil dibeli konsumen.

Langsung saja, inilah cara terbaik untuk menghitung harga produk agar tidak mengalami kerugian. Berikut penjelasan lengkap dalam upaya menentukan tarif suatu jasa ataupun produk agar mampu menambah keuntungan melimpah.

Penentuan Tarif Markup dalam Bisnis

Cara Menentukan Harga Jual

Markup paling umum ditentukan sebagai bentuk persentase dari seluruh biaya perolehan produk maupun jasa. Biaya yang diperoleh umumnya berasal dari hasil pembelian barang atau jasa dan biaya hasil produksi.

Dalam upaya menambahkan persentase markup sebagai cara menentukan harga jual, pastikan segera putuskan markup keuntungan anda. Ketika sudah berhasil menghitung persentase markup, maka tentukan sebuah tarif produk yang akan dijual.

Rumusnya adalah: Harga Jual = Harga Perolehan + (Harga Perolehan x % Markup)

Adapun contoh dari penghitungan tarif menjual barang. Misalkan Anda ingin membuka usaha kuliner harga Steak 20 ribu.

Biaya perolehan 20 ribu rupiah tersebut harus sudah terdapat hitungan biaya bahan baku dan tarif produksi. Cakupan mulai ongkos karyawan, listrik, tempat, serta risiko produk tidak dapat laku di pembeli.

Cara menentukan harga jual dengan keinginan untung sebanyak 30%, maka rumus tadi diterapkan. Yaitu harga jual menjadi 20 ribu + (20 ribu x 30%), tarif jual adalah Rp26.000.


Dengan cara markup, dijamin Anda bisa mendapatkan sebuah keuntungan per porsi sebanyak 6 ribu rupiah. Tinggal dikalikan saja terhadap target penjualan dalam sehari, maka otomatis pendapatan Anda jadi terlihat jelas.

Namun tidak hanya di sini saja, mengingat ada cara menghitung harga produk yang dijual dari margin. Apabila belum cukup dengan menghitung harga secara markup, penjelasan berikutnya wajib diketahui sekarang.

Menentukan Tarif Jual Berdasarkan Margin

Cara Menentukan Harga Jual

Cara menentukan harga jual selanjutnya bisa memanfaatkan margin, yang mungkin belum banyak pengusaha amatir tahu. Harga margin ditentukan perbandingan tarif menjual dan modal ketika sedang berbisnis produk atau jasa tertentu.

Ketika sudah tahu harga yang akan dijual ke pembeli, maka Anda tinggal melakukan perkiraan perbandingan dengan modal.

Formula menghitung margin bisa dilakukan dengan Harga Jual – Harga Perolehan / Harga Jual.

Langsung saja melihat contohnya, yaitu dengan perhitungan margin agar tidak kebingungan ketika akan diterapkan. Kembali ke menu Steak dalam bisnis kuliner, Anda menentukan harga jual sebesar 20 ribu rupiah.

Kemudian dari biaya perolehan menghabiskan tarif 16 ribu rupiah, yang berarti bisa disimpulkan memakai rumus tadi. 20 ribu – 16 ribu, kemudian dibagi 20 ribu, akhirnya ketemu margin 20%.


Cara ini dapat dijadikan sebagai tarif menjual produk tertentu agar cepat memperoleh keuntungan tanpa merugi. Setiap barang jual memiliki fungsi berbeda-beda, jadi pastikan selalu menentukan melalui cara tersebut.

BACA JUGA: 6 Jenis Indikator Kepuasan Pelanggan

Manfaat setelah biaya jual ditentukan, maka otomatis bisa memperlancar proses jual beli dalam berbisnis. Jangan sampai ketika belum berhasil memiliki tarif menjual berani memulai bisnis, dikhawatirkan timbul kendala selama dijalankan.

Penentuan setiap harga dijamin mudah dihitung oleh setiap penjual mulai dari sekarang. Pengusaha amatir harus menentukan cara menentukan harga jual dengan tepat agar untung banyak dan pembeli berdatangan.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!