Home » Inilah Cara Membuka Protected View Excel

Inilah Cara Membuka Protected View Excel

Dalam file MS. Excel seringkali hanya dapat dilihat, hal tersebut karena fitur Protected View yang dimiliki Excel. Maka dari itu penting untuk mengerti bagaimana cara membuka Protected View Excel agar pengguna dapat membuka file tersebut

Protected View sering dijumpai pada file Microsoft, tidak hanya Excel, namun pada Word dan Power Point juga ada. Fitur itu dibuat agar pengguna hanya dapat membaca file saja tanpa dapat mengubahnya. Berikut penjelasannya.

Cara Membuka Protected View Excel

Protected View Excel merupakan fitur yang terdapat pada semua aplikasi Microsoft, baik Excel, Word, dan Power Point. Kemudian pengguna juga diwajibkan untuk membuka fitur tersebut, atau jika tidak pengguna hanya dapat melihat atau membaca filenya.

Untuk dapat mengubah atau mengedit data dalam file Excel, tentu saja pengguna harus bisa membuka Protected View Excel terlebih dahulu. Tapi tak perlu khawatir, untuk dapat membukanya sangatlah mudah, yaitu sebagai berikut.

1. Membuka Via Properties Excel

Cara pertama untuk membuka Protected View Excel adalah dengan sedikit mengutak-atik properties pada file Excel. Cara ini terbilang cukup praktis dan mudah, untuk lebih jelasnya simak step by step di bawah ini:

  • Cari file Excel yang hendak dibuka.
  • Kemudian klik kanan file tersebut lalu klik “Properties”.
  • Selanjutnya pilih menu “General” dan pilih “Unblock” pada pojok kanan bagian bawah.
  • Selesai, Protected View Excel telah terbuka.

2. Membuka Via Trust Center

Cara membuka Protected View Excel selanjutnya adalah dengan membuka Trust Center. Di sana, pengguna tidak hannya dapat membuka Protected View Excel, melainkan pada file Word dan Power Point juga bisa. Lebih lengkapnya, simak berikut ini:

  • Bukalah aplikasi MS. Excel pada laptop.
  • Selanjutnya pilih menu “Options” pada pojok kiri bagian bawah.
  • Kemudian klik menu “Trust Center” pada bawah halaman.
  • Lalu pilih “Trust Center Settings”.
  • Setelah itu, di sana akan terdapat beberapa menu. Pada bagian Protected View, hapus semua centang pada kolomnya.
  • Kemudian jika sudah, pilih “Ok”
  • Selesai, Protected View pada Excel telah terbuka.

Setelah mengetahui cara membukanya, pengguna juga perlu mengetahui apakah fungsi dari Protected View Excel. Apa fitur itu memang ada begitu saja? Atau memang ada fungsinya? Lantas apakah fungsi dari Protected View Excel? Simak berikut ini

Fungsi Protected View Excel

Ternyata fitur Protected View Excel memiliki fungsi yang sangat berguna, terutama dalam menjaga keamanan file maupun perangkat laptop. Fitur tersebut akan menjaga perangkat pengguna dari berbagai virus, malware, dan worm yang menempel pada dokumen.

Fitur ini juga berguna bagi user Windows yang melihat file dengan memakai Read Only (mode baca). Jika ingin mengeditnya pengguna juga dapat memakai mode proteksi, dengan begitu perangkat pengguna tetap aman terjaga.

Fitur Protected View Excel umumnya terdapat pada file yang diperoleh dari hasil download pada internet. Seperti unduhan dari Email, WhatsApp, Telegram, dan lainnya. Pada fitur tersebut juga terdapat pesan peringatan, agar pengguna berhati-hati dalam membuka file.

Jadi telah jelas sampai sini, kalau fitur Protected View Excel bukan sekedar ada saja, melainkan sengaja dibuat oleh pihak Microsoft. Yang fungsinya tiada lain untuk menjaga perangkat pengguna dari ancaman segala bentuk virus yang ada.

Itulah cara membuka Protected View Excel, lakukanlah cara di atas dan ikuti step by step dengan teliti. Tujuannya agar Protected View pada file Excel dapat dibuka dengan mudah dan cepat.

error: Content is protected !!