Home ยป Cara Membuat Pesan Otomatis di WA Tanpa Aplikasi Untuk Bisnis dan Pribadi

Cara Membuat Pesan Otomatis di WA Tanpa Aplikasi Untuk Bisnis dan Pribadi

Banyak orang menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi. Namun, terkadang pengguna tidak dapat menjawab pesan dengan cepat karena kesibukan. Tapi tidak perlu khawatir, tentunya ada cara membuat pesan otomatis di WA tanpa aplikasi yang dapat menjadi jalan keluar.

Daftar Isi

Cara Membuat Pesan Otomatis

Membuat pesan otomatis di WhatsApp tanpa aplikasi memiliki beberapa keuntungan yang dapat membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam menggunakan aplikasi tersebut. Baik melalui WhatsApp pribadi maupun versi business, berikut penjelasan caranya bisa diikuti.

1. Di WhatsApp Pribadi

Sebenarnya WhatsApp memiliki fitur pesan otomatis yang dapat membantu pengguna menjawab pesan dengan cepat dan efisien. Tapi banyak yang belum tahu dan masih mengandalkan aplikasi. Berikut adalah cara membuat pesan otomatis WhatsApp tersebut:

  • Akses menu utama WhatsApp kemudian klik ikon tiga titik. Kemudian pilih setting dari menu yang muncul.
  • Ketuk pesan otomatis lalu pilih tambahkan pesan otomatis baru.
  • Pada layar berikutnya, ketik pesan otomatis yang ingin dikirimkan. Pastikan untuk memilih penerima pesan dan memilih kapan pesan otomatis harus dikirim.
  • Pengguna juga dapat memilih untuk mengirim pesan otomatis hanya kepada orang-orang yang tidak terdaftar dalam kontak.
  • Setelah selesai mengisi formulir pesan otomatis, ketuk save untuk menyimpan pesan.
  • Pesan otomatis sekarang siap digunakan. Jangan lupa untuk klik aktifkan pesan otomatis apabila ingin memakainya.
BACA JUGA:  Bagaimana Cara Agar Video Call WhatsApp Ada Filter? Simak Selengkapnya

Jika ingin mengedit atau menghapus pesan otomatis, buka menu pengaturan. Pilih pesan otomatis yang ingin diedit dan lakukan perubahan yang diperlukan. Apabila ingin menonaktifkan pesan otomatis, pilih pesan otomatis yang ingin dinonaktifkan, dan ketuk nonaktifkan.

2. Di WA Business

Sering kali dijumpai pada akun-akun bisnis WA biasanya sebelum ditangani oleh admin, setiap calon pelanggan yang mengirim pesan pasti akan langsung mendapat pesan balasan otomatis dari sistem. Hal ini bisa didapat apabila menggunakan fitur dari WA Business dengan cara:

  • Buka aplikasi WhatsApp, kemudian ubah pengaturan WA dari pemakaian publik menjadi business.
  • Ketuk tanda tiga titik yang terdapat di layar samping atas ponsel sebagai akses pertama menuju menu pengaturan.
  • Pilih opsi business setting dari menu yang muncul.
  • Ketuk pesan otomatis pada halaman setelan bisnis.
  • Klik menu tambah pesan otomatis baru untuk membuat pesan.
  • Tentukan kapan pesan otomatis harus dikirimkan. Misalnya, saat pengguna tidak dapat menjawab pesan secara langsung atau berada di luar jam kerja.
  • Tulis pesan otomatis yang ingin dikirimkan pada kolom teks.
  • Jangan lupa aktifkan opsi balas otomatis untuk mengirimkan pesan.
BACA JUGA:  3 Cara Menghubungkan WhatsApp Hp ke Laptop, Mudah dan Tanpa Ribet!

Alasan Mengapa Harus Menggunakan Pesan Instan WhatsApp

Beberapa keuntungan bisa didapatkan jika memanfaatkan pesan instan WhatsApp, baik untuk kepentingan pribadi maupun bisnis. Adapun manfaatnya yaitu antara lain:

  • Menjawab Pesan dengan Cepat. Dengan pesan otomatis, pengguna dapat menjawab pesan lebih cepat tanpa harus menunggu waktu luang untuk membalas pesan tersebut. Fitur pesan otomatis memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan tanpa harus mengetik ulang pesan yang sama berulang kali.
  • Meningkatkan Efisiensi. Cara membuat pesan otomatis di WA tanpa aplikasi yang bisa diterapkan untuk dapat menghemat waktu dan upaya dalam menjawab pesan dari pengguna WhatsApp lainnya. Hal ini akan meningkatkan efisiensi sehingga pengguna dapat lebih produktif.
  • Meningkatkan Profesionalisme. Pesan otomatis dapat membantu meningkatkan kesan profesionalisme dalam komunikasi bisnis. Pesan otomatis juga bisa dijadikan sebagai isyarat untuk memberitahu klien atau rekan kerja bahwa pengguna sedang sibuk dan akan menjawab pesan sesegera mungkin.

Cara membuat pesan otomatis di WA tanpa aplikasi tidak sulit untuk diterapkan. Namun pastikan menggunakannya dengan bijak. Jangan gunakan pesan otomatis untuk mengabaikan atau menghindari tanggung jawab dalam menjawab pesan dari orang lain.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!