Setiap perusahaan dibuat atau didirikan, pasti memiliki tujuan yang berbeda-beda. Semua tujuan tersebut biasanya tertanam dalam sebuah logo yang punya makna tersendiri, sehingga tidak bisa sembarangan dibuat. Berikut ada cara membuat logo brand yang memiliki arti, diantaranya:
1. Ketahui dan Pahami Tujuan Brand
Sebelum langsung menggambar logo, pahami terlebih dahulu tujuan dari adanya logo tersebut untuk apa. Tujuan pembuatan logo ada berbagai macam, jadi penting sifatnya untuk mengetahui tujuan pembuatan Logo.
Logo brand dibuat pastinya disesuaikan dengan arah yang ingin dituju oleh sebuah Brand. Memahami tujuan dari brand bisa membuat suatu gambaran mengenai logo yang akan dibuat sehingga logo akan sangat bermakna. Logo tersebut akan menjadi identitas yang melekat untuk Brand yang dibuat.
Intinya membuat logo brand tidak bisa dibuat sembarangan desain sana-sini. Logo brand harus dibuat secara terarah sesuai dengan filosofi dan tujuan brand dibentuk.
2. Cari Referensi
Setelah mengetahui apa yang menjadi tujuan dan filosofi dari sebuah brand, saatnya desainer mencari referensi. Disini pencarian referensi dilakukan harus secara efektif, agar tidak memakan banyak waktu. Carilah hal-hal yang berkaitan dengan filosofi yang hendak dibangung sebuah brand.
Dengan menemukan filosofinya terlebih dahulu, orang atau desainer tidak akan kebingungan dalam menentukan referensi. Jika filosofi dan tujuan brand belum ditemukan, desainer kelas dunia pun akan kebingungan membuat brand karena tidak punya arah tujuan yang pasti.
Ada banyak referensi logo di dunia ini yang tidak salah untuk dijadikan sebuah inspirasi. Ada banyak orang yang sukses dengan cara ini membuat logo karena terinspirasi dari logo brand lain.
3. Buat Sketsa
Setelah menemukan referensi yang sesuai untuk dijadikan inspirasi, saatnya membuat suatu sketsa logo. Biasanya untuk membuat desain logo brand, satu jenis desain saja tidak cukup. Desainer biasanya membuat beberapa jenis desain lain, untuk alternatif yang bisa dipilih.
Jika satu tidak cocok, maka ada opsi lain yang bisa dipilih langsung atau dengan sedikit modifikasi lagi. Setelah dirasa cocok dari beberapa desain yang dibuat, tinggal pilih yang paling memungkinkan untuk dipakai. Sisanya hanya lakukan finishing agar hasil makin maksimal.
4. Pilih Warna dengan Filosofi
Dalam logo sebuah brand, warna adalah hal yang cukup penting karena logo tidak cuma terdiri dari warna hitam saja. Ada banyak bentuk, tulisan, atau angka yang harus diwarnai sehingga tampak lebih bagus serta menarik.
Dalam pemilihan ini tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti filosofi pemilihan warna yang menentukan pemilihan warna apa saja yang cocok dengan logo serta brand tersebut.
Logo yang dibuat dengan bermakna punya warna yang bagus hasilnya. Namun tak jarang juga brand yang menggunakan tidak terlalu banyak warna untuk logo mereka. Termasuk pada brand-brand mewah yang hanya menggunakan sedikit warna saja untuk logonya.
5. Buat Sederhana
Banyak yang belum menyadari jika semakin modern zaman, semakin sederhana juga logo-logo dari setiap brand. lIhatlah brand yang sudah bertahan lama dan kini merubah logo mereka menjadi lebih sederhana.
Contoh yang nyata adalah pada apple yang identik dengan logo apel digigit sebagian. Dahulu sejak mereka awal muncul warna logo mereka itu berwarna-warni layaknya pelangi. Namun seiring perkembangan zaman, mereka menyederhanakan logonya menjadi satu warna saja yaitu hitam atau putih.
Itulah beberapa cara membuat logo brand agar menghasilkan logo yang bermakna. Logo sebuah brand tidak bisa dianggap remeh pembuatannya karena itu bisa jadi salah satu faktor menentukan nasib brand kedepannya.