Home » Cara Membuat Link Email dan Kelebihannya

Cara Membuat Link Email dan Kelebihannya

Menggunakan email sebagai sarana komunikasi dan penyampaian informasi dengan pengguna lain merupakan suatu kemudahan dalam perkembangan teknologi. Bahkan sekarang ada cara membuat link email yang semakin memudahkan untuk langsung terhubung ke email dalam sekali klik.

Sebagian orang mungkin pernah menemui link email tetapi penasaran bagaimana cara untuk membuat hal semacam itu. Untuk itu, bisa simak dulu penjelasan tentang kegunaan dan cara selengkapnya membuat link email dalam ulasan berikut ini:

Daftar Isi

Apa Kelebihan Penggunaan Link Email

Penggunaan link email biasanya dimuat dalam suatu situs atau blog, untuk memudahkan audiens menghubungi alamat email tertentu. Selain dapat membantu seseorang untuk mengirim email dengan praktis, pengguna perlu mengetahui kelebihan dari penggunaan link email, yaitu:

  • Tidak perlu copy-paste pada alamat email.
  • Menghemat waktu dalam proses mengirim email.
  • Cara pembuatannya cukup dengan langkah mudah.

Bagaimana Membuat Link Email di Blog Post

Bila pengguna ingin mengakses situs biasa menggunakan format protokol di awali http:// maka untuk link email gunakan mailto:. Dengan format mailto:, sistem dapat langsung mengenali perintah sehingga nanti akan menampilkan pilihan aplikasi email client.

BACA JUGA:  Cara Ubah PDF Ke Powerpoint Bisa Dilakukan di PC dan HP

Penulisannya diikuti dengan alamat email tujuan serta domain yang digunakan seperti Gmail atau Outlook, contoh formatnya yaitu mailto:alamatemail@domain.com. Selanjutnya, blok seluruh format tulisan tersebut lalu klik ikon hyperlink hingga tulisan berubah warna atau muncul underline.

Bagaimana Membuat Link Email di Blog Widget

Proses pembuatan link email sebenarnya tidak terlalu sulit dan tidak jauh berbeda dengan cara membuat link biasa. Adapun cara membuat link email dapat ditempuh dengan mengikuti beberapa langkah yang akan dijelaskan di bawah ini:

1. Membuat Link Widget HTML

Ada cara mudah lainnya dengan menuliskan langsung menggunakan format HTML bila ingin mencantumkan link di luar blog post. Coba tuliskan pada bagian widget HTML yang ada di blog beserta mencantumkan judul dengan mengikuti contoh berikut:

  • Pada widget: <a href=“mailto:email@domain.com”>email@domain.com</a>.
  • Untuk link email beserta judul otomatis: <a href=“mailto:email@domain.com?subject=Ini%20judul%20email%20default”>email@domain.com</a>.
  • Sedangkan untuk membuat link email beserta judul dan isi pesan otomatis: <a href=”mailto:email@domain.com?subject=Ini%20judul%20email%20default&body=Pesan%20ini%20ditulis%20secara%20otomatis”>email@domain.com</a>.
BACA JUGA:  Cara Download Aplikasi SPSS di Laptop dan Cara Installnya

Adapun penulisan %20 merupakan format HTML yang diartikan sebagai spasi dan subject untuk merujuk pada judul email. Sedangkan default&body adalah untuk area penulisan isi pesan yang kelak akan muncul sesuai format secara otomatis.

2. Membuat Link Widget Image

Selain menuliskan pada blog post atau HTML, seseorang dapat membuat link berupa gambar dengan cara kerja yang sama. Kelak siapa saja hanya perlu menekan gambar yang telah dihubungkan ke link email, langkahnya sebagai berikut:

  • Pilih gambar yang ingin digunakan sebagai rujukan.
  • Sertakan keterangan, seperti “klik gambar untuk mengirim email”.
  • Pada blog pilih widget berupa Images.
  • Sertakan format link email seperti contoh blog post, lalu simpan.

Dalam menggunakan link email, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, misalnya penulisan format URL yang harus benar. Sebab, sistem tidak akan membaca format bila terjadi kesalahan penulisan, misalnya kurang tanda <, %20 atau tanda lainnya.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!