Home ยป Cara Membuat Link Absen di Zoom dengan 2 Metode Berbeda

Cara Membuat Link Absen di Zoom dengan 2 Metode Berbeda

Saat membuat Zoom meeting dengan partisipan banyak, maka host akan kesulitan untuk melakukan absensi satu per satu. Maka akan lebih efisien jika partisipan diberikan link absennya. Cara membuat link absen di Zoom sebenarnya sangat mudah.

Pada artikel ini, akan diberikan proses pembuatannya sehingga bisa langsung diikuti. Penasaran bagaimana metode yang bisa dijalankan? Untuk mengetahui jawabannya, lihat, amati dan ikuti cara-cara berikut ini:

Pakai Fitur Registrasi

Opsi pertama yang akan dijelaskan ini memanfaatkan fitur registrasi. Jadi untuk membuat link absen di Zoom, pengguna bisa memfungsikan fitur ini. Saat fitur ini dipakai, maka pengguna bisa memanfaatkannya sebagai media log in dan absensi.

Meskipun bukan akun Zoom pro, fitur yang satu ini akan tetap ada dan bisa difungsikan siapa saja. Proses pembuatannya juga tidak membingungkan sehingga sangat mudah dijalankan. Berikut langkah-langkah pastinya:

  • Pengguna bisa masuk terlebih dahulu ke Zoom yang terpasang di perangkat.
  • Kemudian, buka menu “Meetings” yang ada di jajaran menunya.
  • Lalu pencet opsi “Schedule a Meeting” untuk membuat jadwal baru.
  • Pada halaman selanjutnya, tambahkan data pada formulir sesuai kebutuhan meetings.
  • Jangan lupa juga untuk mencentang bagian “Registration:Required”. Dengan mencentang bagian ini, maka nantinya pengguna lain yang masuk harus melakukan pendaftaran dan datanya akan masuk.
  • Jika sudah selesai, pencet tombol “Simpan”.
  • Nantinya, sistem akan memberikan sebuah link pendaftaran untuk orang lain. Bagikan saja linknya agar bisa diisi orang lain sebagai langkah pendaftaran dan absen.

Tujuh langkah di atas tentunya bisa langsung diikuti sampai selesai. Mungkin bagi pengguna yang masih belum familiar akan merasa asing dengan prosesnya. Meski demikian, proses di atas tidak akan membingungkan.

Justru dengan memanfaatkan fitur tersebut, maka pengguna akan dimudahkan karena tidak harus memakai media aplikasi atau situs lainnya. Jadi tidak heran jika proses tersebut sangat direkomendasikan untuk dijalankan.

Pakai Fitur Akun Pro

Selain menggunakan fitur Registrasi, cara membuat link absen di Zoom juga bisa dijalankan dengan fitur akun pro. Jadi, fitur ini hanya bisa dipakai untuk akun Zoom Pro saja. Sedangkan akun yang gratis tidak bisa memakainya.

Jika memanfaatkan cara ini, maka pengguna tidak harus membuat link absensi di awal. Rincian partisipan Zoom bisa diketahui dengan laporan khusus dalam bentuk link file Excel. Untuk membuatnya, simak detail berikut ini:

  • Untuk memulainya, pengguna bisa masuk ke Zoom yang ada di perangkat.
  • Lalu pada bagian kiri, ada menu “Manajer Akun”. Pencet saja menu ini untuk melanjutkannya.
  • Saat diarahkan ke halaman baru lainnya, pengguna bisa memencet tombol “Laporan”.
  • Kemudian untuk proses selanjutnya, masuk ke bagian “Active Hosts”.
  • Nantinya akan muncul beberapa meeting yang sudah atau sedang dilakukan. Pilih saja salah satunya untuk melihat hasil laporannya.
  • Jika pengguna diarahkan ke halaman lainnya, maka pencet saja tombol “Jumlah Partisipan”.
  • Apabila pengguna diberikan data berisikan partisipan yang ikut meeting, maka pencet tombol “Export” untuk mengunduhnya. Dengan demikian, hasilnya bisa dijadikan absen partisipan Zoom meeting.

Dengan memanfaatkan metode ini, maka pengguna tidak perlu bingung membuat data di awal. Semua partisipan akan masuk data dan laporan. Jadi tidak akan ada kendala yang muncul karena partisipan lupa mengisi absensi atau yang lainnya.

Demikianlah penjelasan tentang cara membuat link absen di Zoom yang bisa diikuti. Karena penjelasannya sudah sangat jelas, maka pengguna bisa langsung mengikutinya tanpa harus kebingungan dan tanpa harus menerima hambatan.

error: Content is protected !!