Home » 5 Cara Membuat Kamera Laptop Jernih dengan Mudah

5 Cara Membuat Kamera Laptop Jernih dengan Mudah

Kegiatan melakukan pertemuan dengan menggunakan Zoom meeting memang masih sering dilakukan meski aturan pandemi mulai longgar. Dibanding menggunakan Hp, orang kebanyakan lebih suka memakai laptop. Hanya saja, seringkali kamera tersebut terlihat buram. Lantas, bagaimana cara membuat kamera laptop jernih saat digunakan?

Terdapat berbagai alasan yang menjadi penyebab kenapa kamera laptop menjadi buram. Seperti tidak pernah dibersihkan ataupun memang mengalami kerusakan. Namun, sebelum membawanya ke tukang service, berikut beberapa cara supaya kamera perangkat PC dapat jernih kembali.

1. Membersihkan Lensa dari Kamera Laptop

Sebelum melakukan pertemuan secara virtual, pastikan terlebih dahulu bahwa lensa yang ada pada kamera laptop berada dalam keadaan bersih serta bebas dari kotoran ataupun debu. Kamera yang letaknya pada atas layar kadang tidak sengaja tersentuh ketika membuka dan menutup laptop.

Biasanya kamera yang secara tidak sengaja itu akan meninggalkan sidik jari. Tentu saja hal tersebut begitu mengganggu. Untuk mengatasinya, bersihkan menggunakan cairan pembersih proyektor atau lensa lalu usap menggunakan kain khusus lensa yang bersifat lembut.

Penggunaan tisu kering harus dihindari karena bahan yang ada pada tisu adalah kayu. Tetunya dari hal tersebut, ada kemungkinan bahwa pada bagian tisu tersebut terdapat unsur yang tajam. Bagian yang tajam tersebut mungkin saja dapat menggores permukaan dari lensa.

2. Melakukan Upgrade Driver Kamera Web

Permasalahan mengenai driver yang tidak update umumnya terjadi pada laptop jaman dulu. Beberapa komponen dari perangkatnya bahkan sudah tidak memperoleh update perangkat lunak dari produsen yang terkait, termasuk driver kamera web.

Cara membuat kamera laptop jernih dapat dilakukan dengan cara melakukan pengecekan pada keadaan driver di Windows Update. Bisa juga dilakukan dengan mencari manual serta mengunduh pada bagian support situs resmi produsen laptop tersebut. Lalu sesuaikan dengan tipe laptop yang dimiliki.

3. Memilih Lokasi dengan Cahaya yang Terang

Apabila keadaan kamera laptop telah bagus, selanjutnya cari suatu sudut ruangan atau tempat yang memiliki pencahayaan yang cukup terang. Hal ini karena salah satu penyebab hasil rekaman video tidak jernih adalah lokasi tempat pengambilan video tidak memiliki pencahayaan yang baik.

Sehingga hal yang bisa dilakukan yaitu pindah ke tempat yang terang. Hal ini dilakukan supaya hasil rekaman dari video serta peserta lain dapat dengan mudah melihat keadaan pertemuan virtual tersebut. Gunakan teras atau balkon yang bisa dimanfaatkan.

4. Mengatur Kecerahan Layar Laptop Secara Maksimal

Trik berikutnya yaitu dengan cara menggunakan kecerahan dari layar laptop itu sendiri. Jika perlu, atur kecerahan layar laptop menjadi maksimal sampai dengan 100% agar wajah dapat terlihat jelas serta terang.

Cara ini dapat diaplikasikan ketika sedang ditunjuk untuk menjawab suatu pertanyaan atau ketika melakukan presentasi. Setelah hal itu dilakukan, atur kembali kecerahan sesuai kebutuhan agar kesehatan mata tetap terjaga dan tidak mudah lelah.

5. Menggunakan  Latar Belakang yang Berwarna Cerah

Hal lain yang dapat dilakukan adalah menggunakan latar belakang yang memiliki warna cukup cerah. Jika sedang melakukan pertemuan virtual di rumah dan cat ruangan gelap, maka gunakan latar belakang buatan sebagai pilihan yang lain.

Penggunaan latar belakang yang cenderung gelap harus dihindari. Hal ini dikarenakan warna dari latar belakang cukup mempengaruhi hasil dari rekaman video kamera laptop.

Itulah 5 cara membuat kamera laptop jernih yang bisa diterapkan di saat melakukan pertemuan virtual. Selain kamera dari laptop, hal-hal seperti pencahayaan ruangan, latar belakang, dan kecerahan dari laptop itu sendiri pun memiliki banyak pengaruh dalam menghindari gambar yang buram.

BACA JUGA: laptop gaming ASUS ROG terbaik

error: Content is protected !!