Membuat invoice di Excel jika tidak tahu caranya memang akan terasa sulit. Invoice biasa digunakan untuk mengetahui jumlah, jenis dan harga suatu barang. Berikut ini cara membuat invoice di Excel dengan mudah dan tentu akan sangat membantu!
Cara Membuat Invoice melalui Template Excel
Secara singkat, invoice merupakan dokumen yang berisi tentang catatan barang seperti jumlah, jenis dan harga barang. Invoice juga sering disebut faktur atau tagihan yang dapat dikirimkan ke perusahaan sesuai dengan ketentuan.
Berikut ini bagaimana cara membuat invoice di Excel dengan menggunakan template yang sudah tersedia di Excel. Untuk menggunakan cara ini pengguna perlu mengikuti langkah berikut ini:
- Langkah pertama, buka terlebih dulu aplikasi Microsoft Excel.
- Setelah aplikasi terbuka, pilih menu File, lalu pilih New selanjutnya pilih template Invoice, pilih template sesuai dengan keperluan.
- Jika membutuhkan template invoice yang sederhana, pengguna dapat memilih Invoice that calculate total.
- Selanjutnya, klik download pada bagian kanan untuk menggunakan template invoice.
- Isi data invoice sesuai dengan keperluan, mulai dari nama usaha, alamat, kode pos dan nomor telepon yang aktif, kota tempat perusahaan, email dan dokumen penting yang lain.
- Setelah itu, pilih bagian Bill To dan pastikan mengisi identitas perusahaan atau birokrasi yang akan dibuat faktur pembayarannya. Isi juga dokumen dengan lengkap.
- Jika identitas sudah ditulis dengan lengkap dan benar, selanjutnya adalah mengisi bagian tabel invoice.
- Pada bagian tabel invoice terdapat istilah Amount yang merupakan jumlah atau nilai uang pembayaran. Istilah Description yang merupakan nama barang yang ditagih pembayarannya.
- Setelah data sudah terisi semua, atur mata uang atau currency dengan cara memblok bagian Amount kemudian klik kanan.
- Pilih format Cells kemudian pilih Currency pilih Symbol dan pilih OK.
- Selanjutnya simpan invoice yang telah dibuat dan invoice sudah dapat digunakan dan dikirim ke perusahaan lain sesuai dengan keperluan.
Cara Membuat Invoice dengan Template sendiri di Excel
Selain dengan memanfaatkan template yang telah disediakan oleh Excel, pengguna juga dapat membuat template sendiri untuk membuat invoice loh. Invoice dapat digunakan untuk mempermudah mengetahui jumlah, jenis dan harga barang.
Selain itu, invoice juga dapat digunakan untuk membuat tagihan atau faktur untuk dikirimkan ke perusahaan lain. Berikut ini langkah jika pengguna ingin membuat template invoice sendiri:
- Pilih opsi New Blank Workbook. Selanjutnya, pilih File lalu pilih New Workbook.
- Selanjutnya, buat header faktur atau invoice sesuai yang diinginkan.
- Pada bagian header faktur pengguna dapat menambahkan informasi mengenai nama usaha, alamat, nomor telepon, kota dan email.
- Setelah itu, tambahkan tanggal jatuh tempo untuk pembayaran.
- Tambahkan pula informasi kontak termasuk nama klien, kota, alamat dan nomor telepon.
- Buat daftar layanan juga produk dengan terperinci, meliputi nama, deskripsi layanan produk, harga tiap unit, jumlah yang dibeli, jumlah total dan deskripsi penting yang lain.
- Gunakan fungsi SUM untuk menghitung total keseluruhan.
- Masukkan juga syarat pembayaran dan catatan tambahan lainnya yang diperlukan.
- Template invoice buatan pengguna sendiri telah berhasil dibuat dan dapat langsung digunakan sebagaimana mestinya.
Itu dia bagaimana cara membuat invoice di Excel yang ternyata cukup mudah dan juga dapat menggunakan template yang sudah tersedia di Excel. Dengan menggunakan invoice, pengawasan terhadap jumlah, jenis dan harga barang jadi lebih detail dan terperinci sesuai kebutuhan.