Home » Cara Membuat Flowchart di Excel yang Mudah dan Sederhana, Yuk Dicoba!

Cara Membuat Flowchart di Excel yang Mudah dan Sederhana, Yuk Dicoba!

Jika mendengar kata flowchart, mungkin sebagian orang akan langsung merujuk Microsoft Visio, yang memang dikhususkan untuk pembuatan diagram. Namun, jika hanya ingin membuat flowchart sederhana, pengguna bisa beralih ke cara membuat flowchart di Excel lho!

Flowchart atau diagram alir sendiri adalah sebuah gambar berisi simbol-simbol yang saling terhubung. Flowchart memberi gambaran bagaimana berjalannya sebuah sistem, dan juga mempermudah penggunanya menganalisis serta memahami jalannya sebuah proses. Lantas, bagaimanakah caranya membuat flowchart?

Cara Membuat Flowchart di Microsoft Excel dengan Memanfaatkan Shape

Shapes adalah salah satu opsi yang tersedia dan bisa ditemukan di menu Insert di Microsoft Excel. Opsi ini berisi berbagai macam bentuk, seperti lines, basic shapes, block arrows, equation shapes, flowchart, bahkan stars and banners.

Nantinya shapes tersebut dapat diisi dengan teks, ataupun saling dihubungkan satu sama lain sampai membentuk sebuah flowchart. Penggunaan shapes ini cocok untuk orang-orang yang ingin membuat flowchart dari nol namun sifatnya sederhana. Begini cara membuatnya:

  • Kliklah mouse sebelah kanan pada sembarang cell, kemudian pilihlah ‘Column Width’, lalu masukkanlah ukuran cell yang diinginkan.
  • Bukalah menu ‘Page Layout’, kliklah ‘Align’ pada bagian ‘Arrange’, kemudian pilihlah ‘Snap to Grid’. Mengaktifkan dan menonaktifkan ‘Snap to Grid’ ini bertujuan agar pengguna lebih mudah mengubah juga menempatkan shapes di grid.
  • Klik opsi ‘Orientation’ di ‘Page Layout’ dan pilihlah opsi ‘Landscape’ untuk mengubah orientasi lembar kerja.
  • Pilihlah menu ‘Insert’, lalu klik lah opsi ‘Shapes’ yang ada di bagian ‘Illustrations’ jika lembar kerja sudah siap. Pilihlah shapes yang ada di bagian ‘Flowchart’.
  • Tambahkanlah teks ke shapes dengan cara mengklik shapes yang ada, kemudian langsunglah mengetik. Jika ingin mengatur tata letak teks/font, klik pada teks, nantinya akan muncul pengaturan pada ribbon di bagian atas.
  • Manfaatkan ‘Line Arrow’ untuk menghubungkan masing-masing shapes flowchart. Hubungkan dan carilah titik yang pas dengan memperhatikan titik-titik yang bisa dikoneksikan dengan kursor yang sudah berbentuk +.
  • Untuk menambah jelas flowchart, tambahkan teks di antara garis-garis konektor. Gunakanlah ‘Text Box’ yang ada di menu ‘Format’. Sedangkan untuk mengatur garis konektor, gunakanlah opsi ‘Shape Outline’ pada menu ‘Format’.
  • Aturlah gaya sesuai keinginan. Untuk mengatur keseluruhan desain, tekan dan tahan tombol ‘Shift’ di keyboard, klik masing-masing shapes, kemudian klik menu ‘Format’. Klik menu dropdown di kanan bawah kotak ‘Theme Styles’ pada bagian ‘Shape Styles’.
  • Jika flowchart sudah selesai, pengguna bisa menekan tombol ‘Ctrl’ dan ‘S’ untuk menyimpannya.

Cara Membuat Flowchart di Microsoft Excel Menggunakan Fitur SmartArt

Jika menggunakan cara membuat flowchart di Excel dengan fitur yang satu ini, pengguna bisa langsung memanfaatkan template yang tersedia. SmartArt yang cocok untuk flowchart sendiri adalah bentuk list, process, hierarchy, relationship dan matrix. Begini penggunaannya:

  • Pilihlah menu ‘Insert’, lalu pilihlah opsi ‘SmartArt’, nantinya akan muncul berbagai jenis tipe flowchart. Pilihlah bentuk yang sesuai dengan jenis proses yang ingin ditunjukkan pada flowchart.
  • Isilah flowchart yang sudah dipilih dengan mengklik pada masing-masing shapes yang ada.
  • Hapuslah shapes yang ada jika memang tidak diperlukan. Namun jika kurang, pengguna bisa menambahkannya dengan mengklik menu ‘File’ di SmartArt Tools. Lalu, kliklah ‘Add Shape’, pilihlah ‘Add Shape After’ ataupun ‘Add Shape Before’.
  • Jika ingin merubah shapes-nya, klik kanan pada shapes, lalu pilih ‘Change Shapes’, pilihlah shapes sesuai kebutuhan. Jika ingin melakukan styling, klik saja ‘Design’ di SmartArt Tools.
  • Apabila sudah dirasa cukup, simpanlah dengan menekan tombol ‘Ctrl’ dan ‘S’.

Demikianlah pembahasan mengenai cara membuat flowchart di Excel menggunakan Shapes dan juga SmartArt. Pada dasarnya, membuat flowchart menggunakan shapes ataupun SmartArt sama saja, hanya saja SmartArt lebih praktis untuk digunakan. Semua bergantung pada kenyamanan penggunanya.

error: Content is protected !!