Home ยป Cara Melihat QR Code GoPay dengan Mudah

Cara Melihat QR Code GoPay dengan Mudah

GoPay merupakan sebuah layanan uang digital yang penggunaannya sangat mudah karena dilengkapi oleh QR Code. Cara melihat QR Code GoPay ternyata masih merupakan hal yang belum diketahui banyak orang.

Padahal jika dilihat dari banyaknya transaksi yang bisa dilakukan, QR Code GoPay penting untuk diketahui. GoPay ada akun milik pribadi dan ada pula GoPay khusus untuk pemilik GoFood yang umumnya dinamakan GoBiz.

Daftar Isi

Fungsi Kode QR GoPay

Sebelum mengetahui cara melihat QR Code GoPay, hal penting untuk diketahui adalah mengenai fungsi dari kode tersebut. Fungsi utama QR Code pada uang digital ini tentu adalah sebagai alamat tempat transaksi dituju.

Nantinya pengguna Gopay hanya perlu menunjukkan kode tersebut ketika akan melakukan pembayaran atau transaksi lainnya. Dengan demikian kegiatan transaksi akan jauh lebih mudah karena tidak diperlukan input secara manual.

Selain itu, kode ini juga sangat memudahkan para pelaku bisnis go-food untuk menerima pembayaran digital. Tidak hanya dalam GoJek dan GoBiz, kode ini bisa juga dipakai dalam berbagai transaksi di tempat umum lainnya.

Cara Melihat QR Code GoPay Milik Sendiri

Saat membeli barang di merchant GoPay, kode QR GoPay harus ditunjukkan ke penerima pembayaran untuk membayar. Nantinya transaksi tersebut akan dilakukan dengan scan kode QR milik sendiri.

Kode yang satu ini disebut kode QR milik sendiri karena untuk membedakan dengan kode GoPay khusus bisnis. Nantinya kode tersebut akan selalu berganti sehingga tidak mungkin untuk digunakan oleh orang lain.

Penggunaan GoPay untuk bertransaksi memang sedikit berbeda dengan kebanyakan uang digital yang ada. Dimana pengguna GoPay lah yang harus menunjukkan kode untuk di scan oleh merchant, berikut cara melihat kode tersebut.

  • Jalankan aplikasi GoJek lalu tap tombol bayar yang hanya menggunakan ikon kecil berbentuk panah mengarah ke sebelah atas.
  • Setelah itu, tap perintah pakai kode.
  • Masukkan enam angka PIN aplikasi GoJek.
  • Selanjutnya QR Code akan ditampilkan di layar ponsel.

Kode tersebut berlaku hanya selama 3 menit saja, dimana setelah lebih dari 3 menit kode tidak berlaku lagi. Apabila sudah tidak berlaku dan transaksi yang dilakukan belum selesai maka harus menggunakan kode baru.

Cara untuk memperoleh kode yang baru adalah dengan mengklik perintah minta kode baru letaknya tepat di samping timer. Setelah mendapatkan yang baru segeralah selesaikan transaksi agar tidak hangus kembali.

Cara Melihat Kode QR GoPay Di GoBiz

Sekarang GoPay telah terintegrasi secara langsung dengan sebuah aplikasi serumpun yang dinamakan dengan GoBiz. Aplikasi tersebut diciptakan khusus untuk memudahkan pelaku bisnis makanan yang merupakan bagian dari GoJek yaitu go-food.

Jika kode sebelumnya dibutuhkan untuk melakukan pembayaran dan transaksi lain semacam itu, QR yang satu ini justru sebaliknya. Wirausahawan yang telah terhubung sebagai mitra go-food lah yang akan membutuhkan kode ini.

Cara untuk mengetahui QR Gopay yang satu ini tentunya berbeda dengan kode yang sebelumnya. Hal ini karena aplikasi yang dipakai pun sudah berbeda yaitu tidak lagi dengan GoPay tetapi GoBiz, yaitu seperti berikut:

  • Akses aplikasi GoBiz kemudian langsung saja masuk ke Transaksi.
  • Setelah itu, tap ikon QR yang berada di kanan sebelah atas.
  • Tunggu beberapa detik sampai kode QR GoBiz dimunculkan.
  • Selanjutnya tunjukan QR tersebut kepada pembeli untuk melakukan pembayaran.

Itulah cara melihat QR Code GoPay milik sendiri dan juga milik pengguna sebagai mitra usaha go-food. Penggunaan QR Code tersebut kemungkinan nantinya akan diganti juga dengan sistem lainnya yang lebih canggih.

error: Content is protected !!