Home » Cara Melihat Password / PW Wifi di Laptop Windows dan Apple!

Cara Melihat Password / PW Wifi di Laptop Windows dan Apple!

Fitur wifi di laptop ada yang menyediakan connect to automatically agar meskipun kata sandi lupa masih bisa terhubung. Namun, bagaimana jadinya jika lupa kata sandi dan tidak menggunakan fitur tersebut? Maka, harus tahu cara melihat pw wifi di laptop. Berikut ini cara yang bisa diikuti:

Cara Melihat Password Wifi di Laptop Windows

Laptop memiliki tipenya masing-masing. Ada yang paling populer digunakan masyarakat yaitu dengan tipe windows. Ada dua cara yakni dengan fitur Wifi di windows dan juga dengan aplikasi CMD. Agar semakin jelas simak penjelasannya.

Periksa di Fitur Wifi Laptop Windows

Cara pertama yang bisa dilakukan yakni dengan memeriksa kata sandi di PC tipe windows. Pengguna bisa mengshare pw yang menyambung di laptop tapi kelupaan apa kata sandinya. Maka, bisa dicek melalui toolbar di wifi and settings di PC. Langkahnya adalah berikut ini:

  • Arahkan pointer ke menu toolbar wifi. Biasanya berada di bawah pojok kanan berdampingan dengan tools lainnya seperti baterai.
  • Di pilihan tools wifi ada menu banyak, pilih yang network and internet settings sebagai opsi melihat wifi.
  • Kemudian klik pada menu wifi lagi dan klik ikon yang terdapat tulisan change adapter options, letaknya ada di bawah halaman ikon tersebut.
  • Lihatlah apakah ada wifi yang tengah menyambung di laptop atau masih sedang digunakan. Jika ada langsung saja klik kanan.
  • Kemudian pilih status maka akan diarahkan ke perintah wireless properties untuk melihat status wifi nya.
  • Pilihlah tab keamanan atau security pada ikon yang sudah diklik sebelumnya. Ketika di klik security akan muncul network security key.
  • Klik di bagian bawahnya pada ikon tersebut lalu akan muncul juga show character. Klik menu tersebut dan akan terlihat wifi di laptop yang sedang digunakan.
BACA JUGA:  6 Cara Cek Kecepatan IndiHome, Ikuti Panduannya Berikut Ini!

Gunakan CMD yang Menjadi Aplikasi Bawaan PC

Aplikasi tersebut merupakan bawaan laptop sehingga tidak perlu menginstallnya kembali. Hanya saja terdapat pada tipe laptop yang windows. CMD memang didesain untuk melakukan berbagai macam instruksi satu diantaranya yaitu sebagai cara melihat pw wifi di laptop. Berikut ini langkahnya:

  • Pertama buka menu start lalu ketik di search dengan aplikasi run. Bisa juga dengan memakai kombinasi keyboard windows+R lalu ketik CMD dan ok.
  • Saat menggunakan salah satu di antara keduanya di atas kemudian akan muncul kotak dengan background hitam.
  • Ketikkan pada kotak tersebut tanpa adanya tanda kurung berupa ‘netsh wlan show profiles’ lalu lanjutkan dengan klik enter.
  • Maka CMD akan memberikan informasi terkait semua sambungan wifi apa saja yang pernah tersambung di laptop.
  • Pilih wifi yang ingin diketahui kata sandinya. Lalu pakai rumus dengan ketik netsh wlan show profiles “nama ssid wifi” key=clear di kolomnya.
  • Hasilnya akan terlihat yaitu kata sandi wifi, untuk melihatnya buka dulu menu security settings lalu klik di key content.
BACA JUGA:  6 Cara Mengetahui No Indihome, Mudah Dilakukan!!

Cara Melihat Pw Wifi di Laptop Apple

Selain windows sebagian besar juga ada yang menggunakan laptop tipe apple. Berbeda dengan windows yang menggunakan fitur wifi dan CMD, di tipe apple ini bisa gunakan aplikasi Mac.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!