Home » Cara Melacak Nomor Telepon Penipu, Dengan dan Tanpa Aplikasi

Cara Melacak Nomor Telepon Penipu, Dengan dan Tanpa Aplikasi

Cara melacak nomor telepon penipu merupakan informasi yang dibutuhkan oleh banyak orang. Tidak jarang terjadi, masyarakat mendapatkan gangguan dari nomor yang berusaha untuk melakukan penipuan. Baik melalui telepon hingga pesan. Apalagi, modus penipuan semakin cerdik.

Sebagai upaya untuk mewaspadai tindakan penipuan online, pengguna perlu lebih berhati-hati dalam menanggapi nomor asing. Namun, berkat kemajuan teknologi yang pesat, sekarang masyarakat dapat mencoba berbagai cara untuk melacak pelaku melalui nomor ponselnya.

 

Cara Melacak Nomor Telepon Penipu dengan Aplikasi

Dewasa ini, semakin banyak apps yang bisa digunakan masyarakat untuk melacak siapa pemilik dari nomor ponsel. Termasuk ketika diganggu oleh penipu, maka beberapa apps berikut ini dapat membantu pengguna melacaknya:

BACA JUGA:  Cara Merekam Layar Hp dengan Suara yang Wajib Dicoba

1. Menggunakan TrueCaller

Pertama ada aplikasi bernama TrueCaller. Apps berukuran 60 MB ini merupakan pilihan utama banyak orang untuk melacak nomor hp. Terbukti, jumlah unduhannya melebihi 500 juta dan menjadi Editor’s Choice. Berikut langkah sederhana untuk menggunakan aplikasinya:

  • Unduh TrueCaller melalui toko aplikasi dengan klik “Install”.
  • Setelah aplikasi berhasil terpasang di perangkat, lakukan registrasi terlebih dahulu. Masukkan data sesuai yang diminta dengan benar. Ikuti instruksinya hingga langkah memverifikasi data. Selanjutnya pengguna bisa melihat daftar panggilan serta daftar SMS untuk melihat semua nomor yang pernah menghubungi.
  • Ketuk pada menu “Contacts”, lalu masukkan nomor yang hendak dilacak.
  • Tunggu sesaat, aplikasi akan memberikan hasil pelacakan nomor hp. Informasinya berupa identitas serta lokasi dari pemilik nomor tersebut.
  • Begitu pengguna berhasil masuk, izinkan aplikasi untuk mengakses kontak dengan klik “Allow”.
BACA JUGA:  Cara Membuat Aplikasi Di Playstore Gratis dan Cara Mengunggahnya

2. Menggunakan GetContact

Aplikasi berikutnya yang direkomendasikan untuk melacak identitas penipu melalui nomor hp adalah GetContact. Apps besutan Getverify LDA ini hanya berukuran 36 MB, dan jumlah unduhannya lebih dari 100 juta.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!