Home » 5 Cara Kompres Video Tanpa Aplikasi Paling Mudah dan Praktis

5 Cara Kompres Video Tanpa Aplikasi Paling Mudah dan Praktis

Cara kompres video tanpa aplikasi menjadi informasi yang penting untuk diketahui. Sebab, tidak dipungkiri bahwa ukuran file video relatif besar dibandingkan lainnya seperti musik atau foto. Namun, saat ini semakin banyak aktivitas yang membutuhkan keberadaan video baik dalam urusan pekerjaan maupun pendidikan.

Seringkali ada batasan ukuran saat ingin mengunggah video. Atau, ruang penyimpanan dalam perangkat cukup terbatas. Agar bisa meminimalisir (kompres) ukuran video, pengguna bisa menggunakan satu dari beberapa pilihan situs berikut ini:

1. Mengakses Compressify.com

Situs pertama yang dianjurkan untuk mengompres ukuran video adalah Compressify.com. Pengguna bisa mengakses dan menggunakannya secara gratis. Dengan tampilan halamannya yang sederhana dan mudah digunakan, situs ini sering digunakan masyarakat yang pekerjaannya berkaitan dengan jejaring sosial.

Kualitasnya sudah banyak dibuktikan untuk mengompres video dengan kualitas yang tetap terjaga. Ukurannya bisa berkurang hingga mencapai 40% dari ukuran yang asli. Namun perlu diingat bahwa ukuran video yang dapat diunggah ke sini maksimal 8 MB. Berikut cara mengonversinya:

  • Buka browser, kemudian ketikkan nama Compressify.com pada kolom pencarian.
  • Pada halaman utamanya, ketuk “Choose file”. Pilih video dari galeri, pastikan ukurannya tidak melebihi 8 MB.
  • Tunggu sesaat, Compressify akan mengompres video sehingga ukurannya mengecil.
  • File yang terkompresi secara otomatis akan didownload menuju penyimpanan. Formatnya akan menjadi WebM.

2. Menggunakan Videosmaller.com

Cara kompres video tanpa aplikasi sebelumnya terbatas untuk video berukuran hingga 8 MB saja. Jika membutuhkan situs yang bisa mengompres video berukuran besar, Videosmaller adalah jawabannya.

Bahkan, pengguna bisa mengunggah video hingga maksimal 500 MB. Proses kompresinya pun relatif cepat, hanya beberapa menit saja. Belum lagi, kualitas filenya tidak berbeda jauh dari yang asli. Berikut cara kompresinya:

  • Masuk ke situs Videosmaller.com melalui browser masing-masing.
  • Untuk mengupload video yang ukurannya hendak dikecilkan, klik “Browser”.
  • Setelah video berhasil terunggah, pilih “Upload video” agar proses kompresi bisa dimulai.
  • Ketuk “Download file” untuk menyimpan video hasil kompresi ke dalam perangkat.

3. Mengunjungi Onlineconverter.com

Berikutnya ada situs yang mendukung beragam format video. Tidak hanya Mp4, melainkan juga MKV, 3GP, FLV, WMV, dan masih banyak lainnya. Kapasitas video yang bisa diunggah ke situs ini paling banyak 200 MB. Untuk mengecilkan ukuran dari videonya, dapat mengikuti langkah-langkah ini:

  • Ketikkan Onlineconverter.com pada browser.
  • Di halaman utamanya, pilih “Choose file”, kemudian tentukan video apa yang ukurannya akan dikompres.
  • Pengguna juga bisa memilih kualitas videonya sesuai kebutuhan. Berikutnya tekan “Compress”. Pilih “Download now”, maka video akan diunduh ke perangkat.

4. Memakai YouCompress

Cara kompres video tanpa aplikasi juga bisa dilakukan melalui situs YouCompress. Situs yang cukup terkenal ini banyak digunakan oleh pengguna yang ingin mengompres video dengan cepat, seperti berikut:

  • Jalankan browser, lalu ketikkan nama YouCompress.
  • Masuk menuju halaman tersebut, lalu tekan “Upload file & compress”.
  • Pilih video yang ukurannya ingin dikecilkan. Setelah itu, otomatis YouCompress akan melakukan kompresi dan langsung menyimpan videonya dalam perangkat.

5. Mengakses Video2Edit

Berikutnya ada Video2Edit, situs untuk kompres video dengan kemampuan yang cepat diiringi kualitas baik. Situs dengan latar belakang ungu yang menarik ini penggunaannya sangat mudah, yakni:

  • Buka halaman Video2Edit melalui browser.
  • Pilih opsi “Compress video”, lalu ketuk “Choose file” untuk mengambil video dari galeri.
  • Pilih target formatnya, misalnya Mp4. Selanjutnya tekan “Start” untuk menjalankan kompresi.

Demikian pembahasan tentang cara kompres video tanpa aplikasi, yaitu melalui aplikasi. Sekarang banyak situs yang bisa digunakan untuk mengurangi ukuran video sehingga bisa menyimpannya dengan ukuran lebih bersahabat. Pengguna dapat memilih situs yang dianggap paling praktis dan sesuai kebutuhannya.

error: Content is protected !!