Home » Cara Cek Windows 10 Ori atau Tidak yang Wajib Diketahui!

Cara Cek Windows 10 Ori atau Tidak yang Wajib Diketahui!

Originalitas suatu produk memang memberikan nilai kelebihan tersendiri bagi penggunanya, termasuk pada produk Windows 10. Cara cek Windows 10 Ori pun bisa dilakukan dengan beberapa pilihan pengecekan. Cara-cara tersebut cukup mudah dipahami dan dilakukan pengguna.

Terkadang, Windows yang telah di Crack atau direkayasa hampir tidak terlihat celah perbedaan di beberapa hal. Meskipun membedakan Windows 10 Ori atau tidak seringkali menimbulkan kesulitan, tetapi pengguna bisa memperhatikan cara pengecekan seperti berikut ini:

Cara Cek Windows 10 Ori atau Tidak dengan Melihat Status Aktivasi Windows

Pengecekan sederhana ini bisa diterapkan dengan mudah oleh pengguna melalui beberapa cara. Berikut pilihan cara beserta langkah-langkahnya:

1. Melihat Status Aktivasi Melalui Menu Setting

Pilihan pertama yang bisa dilakukan untuk melihat status aktivasi Windows yakni melalui Menu setting. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka menu setting. Pengguna bisa membuka menu setting dengan mengklik Ikon jendela Windows, lalu pilih menu “Setting”. Bisa juga dengan mengakses dari kolom pencarian laptop/PC.
  • Klik pilihan Update & Security. Setelah menu setting telah tampil, klik pilihan Update & Security.
  • Pilih menu Activation. Dari beberapa pilihan yang ada, pilih menu “Activation”.
  • Lihat status Aktivasi Windows. Pengguna bisa membedakan status Aktivasi Windows yang terlihat. Jika ada informasi tentang lisensi Windows dari Microsoft,“Windows is activated with a digital license …”, menandakan Ori. Selain itu, biasanya tidak Ori.

2. Melihat Status Aktivasi Melalui Menu Properties

Berikutnya, pilihan untuk melihat status Aktivasi ini bisa melalui menu Properties. Biasanya, informasi yang ditampilkan juga lebih detail. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu This PC. Menu ini bisa diakses dari kolom pencarian laptop/PC dengan mengetikkan “This PC” atau menekan tombol Ikon jendela Windows pada keyboard bersamaan dengan tombol R, ketikkan “Explorer”, lalu pilih “This PC”.
  • Pilih menu Properties. Lakukan klik kanan pada pilihan “This PC”, lalu pilih menu “Properties”. Tampilan status Aktivasi akan terlihat beserta rincian informasi lainnya.

Cara Cek Windows 10 Ori atau Tidak dengan Melihat Windows Script Host

Apabila ingin mendapatkan hasil informasi yang jauh lebih rinci untuk memastikan, pengguna bisa menggunakan cara cek Windows 10 Ori atau tidak dengan Melihat Windows Script Host. Pilihan cara beserta langkah-langkahnya yaitu:

1. Melihat Windows Script Host Menggunakan Command Prompt

Mengakses perintah pengecekan menggunakan Command Prompt bisa dilakukan juga untuk mengecek Windows 10 ori atau tidak. Langkah menggunakan aksesnya yakni:

  • Akses command Prompt. Pengaksesan ini bisa dengan mengetikkan “CMD” pada bagian kolom pencarian di laptop/PC. Kemudian, setelah muncul menu pilihan Command Prompt, klik pilihan “Run as administrator”.
  • Ketikkan perintah. Pengguna bisa mengetikkan perintah akses yakni: slmgr.vbs /xpr. Kemudian, bisa menekan tombol enter.
  • Lihat status Windows yang terpasang. Nantinya pengguna bisa melihat informasi dari status Windows yang terpasang. Jika terlihat ada informasi “Volume activation will expired …”, menandakan Windows tersebut bukan Ori. Apabila “ … permanently activated” berarti Ori.

2. Melihat Windows Script Host Menggunakan Windows Run

Bagi pengguna yang ingin lebih cepat mengakses perintah pengecekan tersebut serta lebih detail, bisa menggunakan Windows Run. Langkah untuk melakukannya sebagai berikut:

  • Akses Windows Run. Pengaksesan ini bisa dilakukan dengan menekan tombol Ikon jendela Windows secara bersamaan dengan tombol R.
  • Ketikkan perintah akses. Pada kolom pengisian/pencarian yang muncul, ketikkan perintah akses yaitu: slmgr.vbs /dli, lalu pilih “OK”.
  • Lihat informasi. Tampilan informasi dari Windows Script Hosts akan terlihat lebih rinci, termasuk lisensi product key yang digunakan. Biasanya, jika Windows Ori, tidak akan ada informasi waktu kadaluarsa/expired. Sementara yang tidak Ori akan terlihat beserta Cracker-nya.

Dengan mengetahui cara cek Windows 10 ori atau tidak, pengguna bisa melakukan pengecekan tersebut pada perangkatnya dengan mudah dan cepat. Ada baiknya pengguna mengakses Windows 10 yang berlisensi resmi agar mendapatkan keamanan serta kenyamanan penggunaannya.

error: Content is protected !!