Home ยป Cara Cek Voucher Tri Sudah Terpakai Atau Belum dan Tips Membelinya

Cara Cek Voucher Tri Sudah Terpakai Atau Belum dan Tips Membelinya

Bagi pengguna Tri, keberadaan voucher dapat menunjang kebutuhannya akan internet. Pengguna juga perlu mengetahui cara cek voucher Tri sudah terpakai atau belum sehingga tidak sampai kelewatan. Sebab, terkadang banyak yang tidak menyadari jika vouchernya telah terpakai.

Pengguna, umumnya membeli voucher untuk internet karena fleksibel. Kendati demikian, terkadang voucher tidak dapat di-redeem. Salah satu penyebabnya yaitu kode voucher telah terpakai. Oleh sebab itu, penting bagi pengguna untuk mengetahui cara memeriksanya.

Daftar Isi

Penyebab Voucher Tri Gagal Digunakan

Bukan hanya pengguna Tri saja, hampir seluruh operator pernah menghadapi masalah seperti voucher yang tidak masuk. Ada berbagai hal yang membuat voucher tidak bisa digunakan, di antaranya yaitu:

  • Kode voucher yang tidak valid. Bagian ini penting untuk diperiksa pertama kali, sebab banyak orang salah mengetik 16 digit pada vouchernya. Untuk itu, pastikan memeriksa kembali apakah kode yang diketikkan sudah benar atau memakai aplikasi Bima.
  • Masa aktif vouchernya telah habis. Penyebab lainnya adalah karena masa aktifnya telah berakhir (expired). Jika demikian, pengguna wajib untuk mengganti yang baru.
  • Voucher sudah digunakan. Tidak jarang, kode voucher tanpa disadari sudah terpakai. Seperti yang diketahui, kode ini hanya berlaku untuk satu kali sehingga tidak bisa digunakan kembali. Namun, kondisi ini juga bisa terjadi karena gangguan jaringan.
BACA JUGA:  Cara Mengaktifkan Paket Smartfren yang Telah Dinonaktifkan

Cara Cek Voucher Tri Sudah Terpakai Atau Belum

Salah satu dari penyebab yang dipaparkan sebelumnya adalah voucher yang telah terpakai. Hal ini membuat pengguna gagal mengisi vouchernya. Namun, bagaimana cara untuk mencari tahu status voucher yang sudah terpakai? Mari simak langkah-langkahnya di sini:

  • Masuk ke aplikasi dial pada perangkat masing-masing.
  • Jika sudah, ketikkan kode dial *878*1# kemudian lakukan panggilan dengan kartu Tri yang digunakan. Perlu diketahui bahwa menghubungi kode tersebut gratis, sehingga tidak perlu risau pulsanya akan terpotong.
  • Ketikkan nomor serial di voucher yang hendak dicek. Nomor ini ada di bagian bawah barcode.
  • Nomor serial ini tidak sama dengan kode voucher. Kode perlu digosok terlebih dahulu, sedangkan nomor serial (disebut juga kode induk) tertera langsung di voucher. Jika sudah diketik, kirimkan nomor serial tersebut.
  • Tunggu sesaat, berikutnya pengguna akan mendapatkan notifikasi melalui SMS. Dalam SMS tersebut, akan ada informasi mengenai apakah vouchernya masih aktif atau tidak.
  • Apabila ternyata voucher tersebut sudah terpakai, tandanya tidak bisa digunakan karena hanya bisa dipakai sekali. Solusinya adalah mengganti voucher dengan yang baru.
BACA JUGA:  5 Cara Mempercepat Koneksi Internet Smartfren 4G Agar Normal Kembali

Tips Sebelum Membeli Voucher Tri

Sebelumnya sudah dijelaskan mengenai cara cek voucher Tri sudah terpakai atau belum. Metode tersebut sangat bermanfaat untuk memeriksa sejak awal, sehingga bisa diganti apabila memang telah terpakai. Selain itu, ada cara lain untuk memeriksa voucher Tri, baik pulsa ataupun internet:

  • Pastikan kondisi voucher masih dalam keadaan baik, tandanya belum pernah digunakan oleh orang lain sebelumnya.
  • Periksa masa berlaku dari voucher tersebut.
  • Pastikan bahwa voucher belum digunakan melalui *878*1#. Sehingga bisa segera diganti jika sudah tidak dapat digunakan.
  • Periksa dengan teliti isi kuota internetnya. Sebab, kadangkala ada aturan pembagian pada kuota yang tidak diketahui pengguna. Contohnya ada kuota yang aktif pada jam tertentu saja, atau ada batasan untuk aplikasi tertentu saja.
  • Sesudah membeli vouchernya, usahakan untuk langsung digunakan. Hindari menyimpannya untuk meminimalisir risiko terpakai atau kadaluarsa.

Demikian ulasan tentang cara cek voucher Tri sudah terpakai atau belum. Sebagai pengguna Tri, sekarang tersedia aplikasi Bima yang lebih praktis dan memudahkan berbagai transaksi. Sehingga, tidak perlu mengalami kekeliruan seperti salah memasukkan kode atau tidak sengaja terpakai.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!