Home » Cara Cek Resi Standard Express, Mudah, Praktis dan Cepat

Cara Cek Resi Standard Express, Mudah, Praktis dan Cepat

Maraknya jual beli secara online membuat jasa pengiriman juga semakin banyak digunakan, seperti Standard Express. Oleh karenanya semakin banyak orang membutuhkan cara cek resi Standard Express untuk mengetahui posisi barang yang dibeli.

Selain itu, melacak posisi barang juga dibutuhkan untuk memastikan keamanan paket. Tak jarang pengecekan resi dilakukan oleh pembeli karena tak sabar ingin segera menerima paket yang sudah dibeli.

Ketidaksabaran tersebut sontak membuat pembeli mengecek resi hingga berkali-kali sebelum paketnya benar-benar datang. Untuk mengecek resi, berikut cara yang bisa dilakukan:

1. Cara Cek Melalui Cekresi.com

Cara yang satu ini tergolong praktis dan dapat dikerjakan dalam waktu yang cukup singkat. Jika melakukan pengecekan, pembeli harus membuka peramban lalu cari “Cara cek resi Standard Express” lalu klik artikel dari Cekresi.com.

Setelah itu tunggu hingga situs terbuka dan temukan kolom tracking untuk memasukkan nomor resi. Jika sudah ketemu, masukkan nomor resi pada kolom yang sudah tersedia di laman Cekresi.com dan pastikan nomor resi sudah diketik dengan benar, klik tombol CEK RESI.

Tunggu beberapa saat hingga muncul kotak untuk memasukkan kode verifikasi yang berupa kombinasi angka dan huruf lalu klik VERIFIKASI. Setelah memasukkan kombinasi kode verifikasi dengan benar, pengguna akan mendapatkan informasi mengenai paket yang dimiliki.

Jika salah, pengguna akan diberi tahu untuk mengulang proses pengecekan atau menggunakan cara lain setelah mencoba berulang kali tetapi gagal.

2. Cara Cek Melalui Aplikasi Shopee

Cara yang selanjutnya bisa digunakan adalah melalui aplikasi Shopee setelah melakukan pembelian. Resi dari pembelian bisa dicek secara langsung setelah penjual mengirimkan barang atau sudah menyerahkan paket kepada jasa pengiriman.

Untuk menggunakan cara ini pengguna bisa langsung membuka aplikasi Shopee yang sudah terinstal di ponsel lalu pilih menu Saya yang terletak pada pojok kanan bawah. Klik ikon bergambar mobil pada menu Pesanan Saya dan secara otomatis akan muncul daftar pembelian barang yang sudah dilakukan.

Pilih pesanan hingga muncul halaman baru berupa daftar barang yang dibeli dari satu toko dan klik ‘LIHAT’.  Setelah itu akan muncul tampilan peta dengan keterangan tentang progres pengiriman barang. Tak hanya itu saja, pengguna juga disuguhkan informasi tentang perkiraan tanggal barang akan sampai di tempat tujuan.

3. Cara Cek Melalui Website Bea Cukai Indonesia

Perlu diketahui bahwa barang yang dibeli dari luar negeri pasti akan melalui proses pengecekan bea cukai terlebih dulu. Oleh sebab itu pengguna bisa menggunakan cara ini jika melakukan pembelian barang di luar negeri. Cara mengecek resi melalui bea cukai sangat mudah, berikut informasinya:

  • Buka peramban pada ponsel, laptop, atau komputer dengan mengetikkan alamat situs resmi Bea Cukai, yaitu beacukai.go.id/barangkiriman.
  • Setelah itu pengguna akan diarahkan ke halaman utama dan langsung saja pilih menu Tracking.
  • Masukkan dengan teliti nomor resi pengiriman pada kolom yang sudah disediakan.
  • Masukkan juga keycode barang, klik Submit jika sudah mengisi dengan benar.
  • Secara otomatis info tentang status pengiriman akan muncul dan pengguna bisa klik See Details jika ingin mengetahui informasi lebih lengkap.
  • Informasi tentang barang sampai di Indonesia dan proses pengecekan sudah selesai juga akan dicantumkan hingga proses pengiriman oleh jasa ekspedisi lokal.

Itulah beberapa informasi tentang cara cek resi Standard Express yang bisa dipilih oleh pengguna. Saat melakukan pengecekan, pastikan sudah mengisi kombinasi nomor resi dengan benar agar tidak terjadi kesalahan.

error: Content is protected !!