Home » Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi Dengan Mudah dan Cepat

Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi Dengan Mudah dan Cepat

Baterai pada ponsel tentunya menjadi bagian yang sangat penting untuk diperhatikan. Jika cepat habis, maka bisa diindikasikan bahwa baterainya tidak sehat. Maka dari itu, diperlukan cara cek kesehatan baterai Xiaomi agar pengguna ponsel tersebut dapat mengantisipasi kerusakan yang akan terjadi.

Xiaomi menjadi salah satu merk ponsel yang kerap dipakai. Baterai ponselnya pun harus diperhatikan dengan baik agar tidak terjadi kerusakan. Pengguna harus mengetahui bagaimana caranya untuk mengecek kesehatan baterai pada ponsel merk Xiaomi melalui ulasan berikut:

Penyebab Baterai Xiaomi Tidak Sehat

Baterai pada ponsel kerap disepelekan kesehatannya, padahal aspek tersebut sangatlah penting untuk kinerja ponsel. Apabila baterai ponsel tidak sehat, maka kinerja ponsel pun akan menurun. Salah satu penyebab dari kerusakan baterai adalah dikarenakan penggunaan yang berlebihan sehingga baterai menjadi drop.

Penyebab lainnya yang dapat menimbulkan kerusakan pada baterai ponsel pun beragam seperti contoh yang kerap ditemui yaitu menggunakan ponsel dalam keadaan sedang diisi dayanya. Hal tersebut pastinya akan mempengaruhi tingkat kesehatan pada baterai. Alangkah baiknya jika ponsel didiamkan selama mengisi daya.

Penggunaan aplikasi yang terlalu berat dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan baterai tidak sehat. Kondisi ini dapat membuat ponsel menjadi gampang panas serta boros baterai. Oleh karena itu, pengguna disarankan untuk mencopot aplikasi yang boros baterai untuk mencegah kerusakan.

Cek Kesehatan Baterai Melalui Pengaturan

Tentunya Xiaomi memiliki fitur atau menu pengaturan yang tersedia di dalamnya. Menu tersebut dapat menjadi salah satu cara cek kesehatan baterai Xiaomi secara mudah dan pastinya tanpa memerlukan koneksi internet ataupun biaya untuk mengeceknya. Berikut ini tahapan mengeceknya lewat pengaturan:

  • Buka menu Pengaturan di HP Xiaomi terlebih dahulu. Pada setiap ponsel terdapat menu pengaturan yang memuat aturan serta bisa difungsikan untuk mengelola ponsel. Menu ini bisa ditemukan pada bar atas ponsel, ataupun mencarinya secara manual di kumpulan aplikasi yang terpasang.
  • Temukan sub menu Baterai pada menu Pengaturan. Cari sub menu bertuliskan Baterai yang ada pada pengaturan ponsel. Biasanya pada menu ini akan ditampilkan persentase, dan juga mode hemat daya baterai.
  • Klik tulisan Penggunaan Baterai. Menu tersebut memuat fitur seperti bisa melacak aplikasi apa saja yang digunakan selama 24 jam, dan juga data mengenai aktivitas di dalam ponsel yang menghabiskan daya baterai.
  • Perhatikan status baterai selama 24 jam. Status baterai yang tersedia menyuguhkan data aplikasi apa saja yang sering digunakan dan analisis pengonsumsian dayanya.
  • Atur pengoptimalan aplikasi. Pada langkah terakhir, pengguna bisa mengaktifkan pengoptimalan pada aplikasi agar bisa membersihkan sisa cache memori ataupun menghilangkan sistem yang masih berjalan di latar belakang.

Cek Kesehatan Baterai Melalui Kode Dial Up

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mengetahui kesehatan dari baterai Xiaomi adalah dengan menelepon kode dial up *#*#4636#*#* yang akan membawa pengguna untuk bisa mengetahui informasi tentang baterai setelah meneleponnya. Tentunya cara ini sangatlah mudah untuk dipraktekkan oleh pengguna.

Pertama, panggil nomor *#*#4636#*#* serta tunggu hingga tersambung. Kemudian, layar akan memunculkan informasi pada ponsel secara otomatis. Pilih opsi “Battery Info” dan klik sub menu “Battery Health” untuk mengecek kesehatannya. Biasanya baterai ponsel yang sehat akan bertuliskan health, sedangkan not health untuk yang tidak.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara cek kesehatan baterai Xiaomi yang dapat dengan mudah untuk diikuti oleh pengguna. Cara yang telah tersedia pun juga aman untuk dijalankan. Pengguna bisa bebas mengikuti cara melalui pengaturan ataupun menelepon nomor yang telah disediakan.

error: Content is protected !!