Saat ini, Instagram sudah berubah menjadi media pemasaran yang optimal dengan penempatan konten tertentu. Untuk melihat konten berdampak atau tidak, maka perlu dicek engagement rate-nya. Cara cek engagement rate Instagram bisa dilakukan dengan rumus tertentu.
Pada artikel ini, akan dijelaskan lima cara berbeda dengan tambahan rumus dan pembahasannya. Jadi pastikan untuk mendalami setiap rumus yang bisa difungsikan tersebut. Untuk mengetahuinya, lihat detail yang dipaparkan sebagai berikut:
1. Memakai Rumus ER Post
Untuk cara pertama, pengguna bisa memfungsikan rumus ER Post. Pada pemanfaatan rumus ini, pengguna akan memanfaatkan jumlah pengikut sebagai opsi pembagi dalam rumusnya. Hal ini dianggap akurat dalam perhitungan.
Jadi nantinya, pengguna bisa membagi jumlah engagement postingan tertentu dengan jumlah pengikut akun. Setelah ditemukan hasilnya, maka kalikan dengan 100. Nantinya, hasil inilah yang bisa didefinisikan sebagai engagement rate.
Meski rumusnya terlihat sederhana, namun pastikan untuk melakukan perhitungan dengan baik. Semakin baik proses perhitungannya, maka nantinya hasil yang didapat akan jauh lebih akurat dan lebih bermanfaat.
2 Memakai Rumus ERR
Selain menggunakan rumus ER Post, pengguna juga bisa memakai rumus ERR. Tujuan pemanfaatan rumus ini sebenarnya masih sama yaitu untuk mengetahui seberapa besar engagement rate dari akun Instagram yang dimiliki beserta kontennya.
Untuk melakukan perhitungan, maka pengguna harus membagi jumlah engagement postingan dengan reach yang didapat postingan tersebut. Hasilnya baru dikalikan dengan 100. Dengan proses ini, maka akan didapat hasil yang optimal.
Berbeda dengan rumus pertama, penggunaan rumus ERR ini tidak ada kaitannya dengan pengikut. Jadi perhitungannya akan lebih fokus ke jumlah orang yang berinteraksi dengan konten meski bukan termasuk pengikut akun.
3. Memakai Rumus Daily ER
Cara cek engagement rate Instagram ketiga bisa dengan memanfaatkan rumus Daily ER. Jika dua rumus di atas dipakai untuk melihat engagement rate secara keseluruhan dalam satu postingan, maka rumus ini hanya terbatas untuk satu hari.
Dengan memanfaatkan rumus ini, maka pengguna bisa mengetahui dalam satu hari seberapa interaksi pengikut terhadap akun dan konten. Hal ini tentunya akan sangat berguna apalagi untuk pebisnis yang mengandalkan pemasaran di Instagram.
Untuk mengetahui hasilnya, pengguna bisa membagi jumlah engagement satu hari dalam postingan tertentu dengan jumlah pengikut. Lalu hasilnya dikalikan dengan angka 100 sehingga ditemukan hasil yang sesuai dengan kebutuhan.
4. Memakai Rumus ER Impression
Pada opsi cara keempat, pengguna bisa memakai rumus ER Impression. Dengan memanfaatkan rumus ini, maka pengguna akan tahu seberapa sering konten muncul di layar pengguna lainnya. Jadi akan diketahui keefektifitasan konten.
Rumus ini bisa dijalankan dengan membagi jumlah engagement postingan tertentu dengan jumlah impression. Hasil yang didapat bisa dikalikan dengan angka 100 yang kemudian bisa dipakai sebagai data yang berguna dalam pengembangan pemasaran.
5. Memakai Rumus Views
Terakhir, ada rumus yang didasarkan pada views. Rumus ini sangat pas untuk dipakai jika konten yang dipakai adalah konten video. Jadi rumus ini akan memberikan hasil yang akurat pada engagement konten berbentuk video berdurasi berapapun.
Pengguna bisa membagi jumlah engagement konten video tertentu dengan jumlah views videonya. Lalu kalikan hasil yang didapat dengan angka 100. Pastikan perhitungan ini dilakukan dengan akurat agar hasilnya tidak salah.
Daftar cara cek engagement rate Instagram beserta rumus tersebut tentunya bisa dijadikan pedoman dan acuan. Karena rinciannya sudah sangat jelas, maka proses pemahamannya akan lebih mudah. Oleh karenanya, jangan sepelekan ulasan tersebut.