Home » Cara Bikin Bagan di Word Paling Mudah

Cara Bikin Bagan di Word Paling Mudah

Bagan sering digunakan dalam membuat suatu struktur organisasi, pembagian tugas, dan lain sebagainya. Cara bikin bagan di Word sangat mudah dipelajari sehingga pengguna dapat melakukannya sendiri dengan cepat tanpa membutuhkan jasa pengetikan.

Ketika membuat bagan di MS. Word pengguna sebaiknya melakukannya dengan tidak terburu-buru supaya hasilnya rapi dan tidak terjadi kesalahan. Pengguna harus mengurutkan garisnya dengan kolom dan kolom dengan kolom dengan urutan yang tepat.

Cara Membuat Bagan di Microsoft Word

Bagan telah dikenal sebagai sebuah grafik yang menampilkan suatu data berupa angka dengan tata letak yang ringkas. Visual yang disajikan dengan ringkas ini dapat menunjukkan hubungan antar data yang penting dengan  sekali baca.

Pengguna dapat membuat sebuah bagan dengan bentuk tabel yang menyesuaikan properti yang digunakan supaya lebih interaktif. Hal ini akan membuat para pembacanya mudah memahami dan menangkap informasi yang disampaikan melalui bagan tersebut.

1. Menggunakan Fitur SmartArt

Fitur dalam Microsoft Word yang sering digunakan untuk membuat bagan struktur organisasi adalah SmartArt. Fitur ini merupakan fasilitas penting yang ada di MS Word untuk membuat desain untuk mengkomunikasikan sebuah informasi.

  • Pertama buka lembar kerja di Microsoft Word lalu pilih “Insert” pada menu ini akan dimunculkan beberapa opsi, pilihlah opsi “SmartArt”.
  • Selanjutnya pilihlah bentuk struktur sesuai dengan kebutuhan pengguna misalnya, “Hierarchy” klik opsi tersebut lalu pilih OK.
  • Selanjutnya isi data pada struktur tersebut tepat pada tulisan “Type your text here” atau bisa juga isikan langsung pada kotak yang sudah tersedia.

2. Menggunakan Fitur Shapes

Selain memanfaatkan fitur SmartArt cara bikin bagan di word juga dapat dilakukan dengan menggunakan fitur Shapes. Struktur atau bagan organisasi yang dibuat dengan Shapes bahkan bentuknya dapat disesuaikan dengan mudah.

  • Buka tab menu “Insert” lalu klik opsi shapes dilanjutkan dengan pilih Text Box.
  • Setelah itu tarik dan drag mouse lalu arahkan agar menjadi sebuah bentuk kotak, atau sesuai keinginan.
  • Untuk mempercantiknya pengguna bisa mengklik shape lalu pilih menu “Format ” dan klik warna sesuai selera.
  • Selanjutnya beri tulisan pada shape sesuai data yang akan dijadikan bagan.
  • Kemudian susunlah bagan tersebut.
  • Setelah itu hubungkan bagan ini dengan garis yaitu dengan klik tab menu “Insert” lalu pilih Shapes  dan klik bentuk line.
  • Arahkan mouse dengan cara mendrag nya dan atur garis agar menghubungkan bagian bagan.
  • Kemudian tekan Shift lalu pilih semua bagian dan garis-garisnya. Lalu pilih menu “Format” dilanjutkan dengan memilih opsi Group agar bagan tidak berpindah-pindah tempat.

Cara Membuat Bagan dengan Bentuk Grafik, Diagram Batang, atau Lingkaran

Pengguna bisa membuat bagan di MS Word dengan berbagai bentuk meliputi grafik, lingkaran, atau diagram. Bentuk  dari diagram ini tentu harus disesuaikan dengan keperluan misalnya jumlah data yang banyak akan rumit jika disajikan dalam lingkaran.

Contohnya data mengenai jumlah penduduk setiap tahun selama 10 tahun, data ini tentu lebih efisien disajikan dalam diagram batang. Sedangkan data tentang hobi para siswa pada suatu kelas akan lebih menarik dalam bentuk lingkaran.

  • Buka Microsoft Word lalu pada lembar kerjanya klik Insert kemudian klik Chart.
  • Tentukan bentuk bagan yang diinginkan lalu klik bentuk bagan tersebut pada pilihan yang tersedia.
  • Lanjutkan dengan mengisi data yang diperlukan.
  • Setelah itu atur layout diagram dan tentukan informasi apa saja yang ingin ditampilkan.
  • Pengguna juga dapat mengatur desain pada diagram lalu menambahkan, mengurangi, serta mengedit poin-poin diagram.

Itulah pembahasan mengenai cara bikin bagan di Word yang penting untuk diketahui dan dipelajari terutama oleh para pelajar. Dengan menggunakan bagan penyajian, berbagai macam data akan menjadi lebih mudah untuk disajikan.

error: Content is protected !!