Home » Cara Belajar Main Saham agar Cepat Dapat Cuan yang Melimpah

Cara Belajar Main Saham agar Cepat Dapat Cuan yang Melimpah

Cara belajar main saham untuk mendapatkan keuntungan harus dilakukan menggunakan strategi paling baik. Para pemula tidak boleh terlalu bernafsu dan ceroboh ketika hendak mengambil keputusan, karena pengaruhnya besar.

Instrumen efek adalah salah satu jenis investasi dalam jangka panjang, tujuannya tentu untuk mendapatkan banyak keuntungan. Ada banyak hal perlu diperhatikan sebelum memulai aktivitas trading.

Banyak investor terlalu terburu-buru ingin segera profit sehingga mengakibatkan kurang hati-hati. Dampaknya menimbulkan kerugian berupa dana menjadi sia-sia. Seharusnya bekali diri dengan ilmu yang cukup.

Kegagalan merupakan hal wajar di setiap percobaan. Namun kegagalan tanpa mau belajar adalah hal yang perlu dihindari. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kerugian saat melakukan transaksi di pasar modal.

Cara Belajar Main Saham untuk Pemula

Pahami perbedaan saham dan reksadana dengan penuh ketelitian. Bermain dalam dunia efek membutuhkan pemahaman sebelum praktek. Selama ini trader hanya mengetahui bahwa saham menghasilkan keuntungan besar, padahal resikonya juga besar.

Para pemula harus menggali informasi valid secara teliti. Adanya teknologi berperan penting dalam memperoleh informasi dan data. Jangan mengandalkan kata orang tanpa melakukan riset secara mendalam.

Gunakan dana secara bijak dengan membeli sedikit demi sedikit saat harganya turun. Modal adalah hal paling penting saat akan melakukan trading. Membeli instrumen investasi memerlukan sedikitnya Rp 100 ribu saja.

Adanya teori beli saat harga sedang merosot tidak berarti Anda bisa melakukan pembelian tanpa berpikir panjang. Saham turun juga menjadi pertanda kurang baik, seperti kerugian atau kepailitan.

Beli saham perusahaan perbankan atau industri produk makanan. Dua bidang ini merupakan jasa yang selalu dibutuhkan kehadirannya di tengah masyarakat. Keuntungan atau labanya terbilang stabil bahkan bisa naik.

Pilih perusahaan dengan kondisi keuangan stabil. Segera lakukan riset dengan membaca asal-usul perusahaan terkait. Metode ini sangat penting bagi pemula untuk mengetahui cara belajar main saham secara aman.

Pantau selalu dinamika bursa efek setiap hari. Dengan mengetahui kondisi pasar modal, para trader bisa menganalisa kemungkinan pertumbuhan atau pergerakan di masa depan. Lebih untung bagi diri sendiri.

Memilih indeks saham yang paling tepat untuk Anda adalah langkah penting, tentu tidak boleh terlewatkan begitu saja. Indeks saham merupakan portofolio indikasi perubahan harga dalam sebuah pasar.

Untuk pemula, investor bisa memilih indeks LQ45 atau IDX30. LQ45 mengukur kinerja harga 45 emiten berlikuiditas tinggi, kapitalisasi pasar besar, serta mempunyai dukungan fundamental baik.

Cara Belajar Main Saham, Ketahui Modal Awalnya

Di era digital seperti sekarang membeli instrumen efek semakin mudah dan cepat. Transaksi penjualan atau pembelian bisa dilakukan secara online melalui perangkat mobile atau komputer. Berapa sih modal awalnya?

Harga saham ditentukan setiap satu lembar, namun pembelian minimalnya harus dilakukan sebanyak satu lot. Menurut peraturan Bursa Efek Indonesia, satu lot saham terdiri dari 100 lembar.

Investor terlebih dahulu perlu menyediakan dana sesuai harga, kemudian melakukan pembayaran transaksi termasuk fee untuk broker atau perusahaan sekuritas. Biasanya proses ini dilakukan setelah berhasil mendaftarkan diri.

Dalam transaksi penjualan, total dana yang diperoleh investor adalah sebesar nilai harga jual dikurangi biaya transaksi dan pajak penghasilan. Biaya transaksi pastinya berbeda pada setiap perusahaan sekuritas.

Umumnya, biaya transaksi berkisar antara 0,2 hingga 0,3 persen dari nilai keseluruhan pembelian instrumen, sudah termasuk PPn. Sedangkan untuk penjualan akan ditambah PPh sebesar 0,1 persen.

Modal awal sangat dipengaruhi tiga faktor, yaitu harga saham perusahaan, jumlah atau intensitas, serta biaya transaksi perusahaan sekuritas. Saat ini, modal awal mulai Rp 100 ribu.

Misalkan pada Februari 2021, Mong ingin membeli 2 lot emiten PT BBAC seharga Rp 1.000 per lembar. Sedangkan biaya transaksi sebesar 0,3 persen, ditetapkan oleh perusahaan sekuritas C.

Total dana yang dibutuhkan Mong adalah sejumlah Rp 200.600. Lebih rinci, Rp 200 ribu untuk membeli 2 lot emiten, sedangkan Rp 600 untuk biaya transaksi.

Setahun kemudian, yaitu Februari 2022, Mong memutuskan melakukan transaksi jual 2 lot emiten PT BBAC tersebut. Harga emiten milik PT BBAC naik dari Rp 1.000 menjadi Rp 1.200 per lembar.

Pada transaksi jual, Mong akan dikenakan biaya sebesar 0,3 persen serta pajak penghasilan yaitu 0,1 persen. Sehingga total keuntungan Mong adalah sebanyak Rp 239.040 berdasarkan perhitungan.

Cara Belajar Main Saham Blue Chip

Bagi investor yang terjun dalam dunia saham, pasti sudah mengenal istilah blue chip, lapis kedua, ketiga, atau indeks LQ45. Blue chip merupakan jenis paling direkomendasikan.

Blue chip merupakan jenis efek perusahaan dengan kondisi finansial baik, sudah beroperasi lama, skala besar, mempunyai kinerja dan reputasi terjamin. Kondisi finansial diukur dari pendapatan stabil dari waktu ke waktu.

Blue chip mencerminkan sebuah perusahaan dengan produk barang maupun jasa yang berkualitas tinggi serta bisa diterima secara luas. Sebenarnya istilah ini muncul untuk menggambarkan emiten berharga tinggi di Amerika Serikat.

Penggunaan istilah blue chip bukan sekadar untuk emiten berharga tinggi, tapi juga kualitas paling baik. Kumpulan emiten blue chip biasanya tersedia dalam bentuk indeks, seperti indeks LQ45.

Indeks LQ45 mengukur kinerja 45 emiten, dipilih dengan mempertimbangkan aspek likuiditas serta kapitalisasi pasar. Tentunya terdapat berbagai kriteria khusus untuk bisa masuk dalam deretan 45 emiten tersebut.

BACA JUGA: Apa Itu Analisis Fundamental Saham

Bagi investor atau trader yang menginginkan profit dari investasi efek, mengetahui kumpulan indeks di Bursa Efek Indonesia merupakan strategi penting. Hal ini menentukan seberapa jauh dana Anda akan berkembang.

Sebelum terjun ke dunia pasar modal, ada baiknya membekali diri dengan berbagai ilmu pengetahuan dan kemampuan analisa. Cara belajar main saham bukan sekadar hal sepele, melainkan bisa mengubah nasib Anda.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!