Home » Cara Aktivasi Microsoft Office 365 Paling Mudah

Cara Aktivasi Microsoft Office 365 Paling Mudah

Office 365 ini dikenal sebagai program pengolah kata yang sudah terintegrasi dengan program lain. Cara aktivasi Microsoft Office 365 bisa dilakukan hanya dengan melihat petunjuk di website untuk versi original.

Sedangkan, aktivasi lewat CMD bisa dilakukan untuk program yang bersifat tidak resmi.

Proses aktivasi ini dilakukan tanpa biaya khusus, sehingga lebih efisien dan hemat. Berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai cara aktivasi Office 365 yang wajib disimak:

Apa Itu Microsoft Office 365?

Microsoft 365 merupakan layanan integrasi yang berfokus pada aspek kolaboratif. Software ini menggabungkan beberapa program dari Microsoft seperti Word, PowerPoint, Excel, Teams, On Note, Outlook, OneDrive serta Sharepoint.

Program tersebut sudah tersedia dalam satu software saja, sehingga pengguna tidak perlu mengunduh satu per satu. Microsoft 365 ini didukung dengan layanan cloud di OneDrive hingga 1 TB penyimpanan.

Selain itu, pengguna juga bisa mengaksesnya ke sejumlah perangkat seperti PC, ponsel, tablet, dan Mac. Hal ini tentu membantu meningkatkan tingkat produktivitas pengguna dan lebih efisien.

Proses aktivasi Office 365 ini terbilang cukup mudah dengan mengikuti petunjuk yang tersedia. Pengguna nantinya akan diminta login atau sign up ke akun Office terlebih dahulu. Lalu, sistem akan menampilkan “Panduan Aktivasi” yang bisa diikuti.

Pastikan pengguna mengikuti tata cara aktivasi yang benar untuk menghindari kesalahan. Program Office 365 kemungkinan sering bermasalah jika proses aktivasinya gagal dilakukan.

Apa Saja Kendala Proses Aktivasi Microsoft 365?

Terdapat sejumlah kendala yang muncul selama proses aktivasi program Office 365. Pertama, software yang sudah diunduh pengguna sebelumnya tidak mempunyai lisensi. Hal tersebut tentu menimbulkan masalah serta tidak bisa memulihkan fitur di dalamnya.

Oleh karena itu, pengguna perlu memeriksanya dengan masuk ke akun Office yang terdaftar. Pengguna dapat memeriksa salinan Office untuk mengecek kendala pada program selama digunakan.

Pengguna juga disarankan untuk mengecek status langganan dari Office 365. Jika masa berlaku habis, pengguna harus melakukan perpanjangan agar program bisa dipakai kembali.

Cara Aktivasi Microsoft Office 365

Pastikan pengguna telah mengunduh dan install Microsoft Office agar bisa melakukan aktivasi. Cara aktivasi Microsoft Office 365 cukup simple serta tanpa biaya. Berikut ini langkah-langkah aktivasi yang perlu disimak, antara lain:

  • Langkah pertama, pastikan program Microsoft Office sudah ditutup terlebih dahulu.
  • Kemudian, pilih “Start Menu” dan cari opsi “Windows Security” lewat search bar.
  • Lanjutkan dengan memilih opsi “Virus & Threat protection”. Lalu, klik “Manage settings” untuk menonaktifkan security atau antivirus di Windows.
  • Setelah itu, buka CMD (Command Prompt) serta pilih opsi “Run as administrator”.
  • Pengguna nantinya diminta untuk mengakses folder instalasi yang lokasinya berbeda-beda.
  • Selanjutnya, jalankan perintah sesuai script berikut d C:Program Files (x86)Microsoft OfficeOffice16.
  • Lakukan copy dan paste perintah selanjutnya, yaitu cd C:Program FilesMicrosoft OfficeOffice16. Lalu, tekan tombol “Enter” jika selesai.
  • Pengguna diminta mengkonversi program Microsoft dari lisensi ritel dengan memasukkan script yang tertera di halaman CMD, lalu tekan “Enter”. Nantinya akan muncul notifikasi “Office license installed successfully”.
  • Lalu, pengguna dapat menjalankan perintah yang tersedia untuk mengaktifkan Microsoft 365. Nantinya terdapat tulisan “Product activation successful” jika proses aktivasi berhasil dilakukan.
  • Terakhir, pengguna dapat membuka menu “File > Account” untuk memeriksa aktivasi. Jika tertulis “Product Activated” tandanya proses aktivasi Microsoft 365 sudah selesai.

Demikian pembahasan tentang cara aktivasi Microsoft Office 365. Pengguna bisa menerapkan petunjuk tersebut dengan tepat agar proses aktivasi berhasil. Setelah itu, program Microsoft Office 365 bisa kembali dipakai dengan normal.

error: Content is protected !!