Home » 6 Cara Bisnis Kaos untuk Pemula dan Tips Promosinya

6 Cara Bisnis Kaos untuk Pemula dan Tips Promosinya

Kaos memang menjadi satu bisnis yang menjanjikan bila brand yang dibangun berhasil merambah pada kalangan anak muda. Apalagi bila pelaku usaha berhasil membuat suatu desain yang cukup ikonik untuk dijadikan suatu trendsetter di kalangan masyarakat. Cara bisnis kaos pemula pun sebenarnya juga bisa dibilang susah-susah gampang.

Kini berani memunculkan desain kaos yang unik memang menjadi salah satu bisnis yang tengah banyak diminati oleh pelaku bisnis kaos. Hal ini tentunya berkaitan dengan permintaan customer yang kebanyakan akan selalu mengikuti trend. Lalu, bagaimana sih cara memulai usaha kaos? Simak ulasannya berikut ini:

1. Buat Rancangan Bisnis

Rancangan bisnis akan selalu menjadi hal yang penting dilakukan sebelum memulai untuk membuka usaha. Hal ini dilakukan supaya nantinya saat bisnis akan berjalan, pelaku usaha tidak perlu merasa kebingungan saat mengelola usaha yang tengah dijalankan.

Mulai dari branding kaos yang akan dipasarkan, target pasar hingga pemasaran yang akan dilakukan. Semuanya dapat dilakukan secara terstruktur dan tepat sasaran supaya usaha dapat berkembang.

usaha bisnis kaos

2. Buat Branding yang Unik dan Mudah Diingat

Cara bisnis kaos pemula selanjutnya adalah memikirkan branding kaos yang unik dan mudah diingat. Penentuan branding nantinya akan menjadi satu hal yang dapat membedakan kaos yang dibuat pelaku usaha dengan jenis kaos yang lain.

Branding ini juga bisa membuat kaos nantinya akan tampak lebih berkualitas bila dibandingkan dengan kaos yang tanpa brand. Buat brand yang sekiranya unik dan juga mudah diingat oleh customer.

bisnis kaos strategi

3. Cari Pemasok Kaos yang Bagus

Bekerja sama dengan pemasok kaos yang bagus juga menjadi penting untuk dilakukan. Hal ini tentunya nanti akan berkaitan dengan kualitas kaos yang akan dijual. Mencari harga pemasok kaos yang terjangkau juga akan penting dilakukan. Pastikan bahwa kualitas kaos berada pada kualitas yang bagus namun, tetap dengan harga yang terjangkau.

Pastikan bahwa harga pembelian kaos tidak akan terlalu tinggi sehingga nantinya membuat harga jual kaos setelah ditambahkan desain terlalu mahal. Sesuaikan juga dengan perkiraan modal awal yang akan digunakan.

BACA JUGA:  11 Merk Baju Terkenal di Mall Yang Populer di Indonesia

usaha bisnis kaos

4. Buat Desain yang Unik dan Berkesan

Membuat desain yang unik dan juga berkesan tentu akan menjadi poin penting untuk membuat kaos laku terjual. Trendsetter baju desain sendiri dengan logo atau desain yang unik memang tengah menjadi incaran. Buat juga desain yang sekiranya akan memberikan kesan unik dan berbeda bila dibandingkan dengan desain kaos dari produk lain.

Melakukan riset tentang apa yang tengah trend juga akan menjadi satu hal yang bisa dilakukan untuk selalu bisa update tentang jenis desain yang tengah diminati oleh masyarakat. Memperhatikan lingkungan sekitar juga bisa menjadikan ide baru yang fresh untuk setiap desain kaos yang akan dibuat.

5. Cari Jasa Sablon yang Berkualitas

Apabila desain telah ditemukan maka, langkah selanjutnya adalah mencari informasi tentang jasa sablon yang bagus. Pastikan bahwa jasa sablon yang akan dipakai juga memiliki harga yang normal namun tetap dengan kualitas sablon yang bagus.

Hal ini tentu penting dilakukan supaya kualitas desain yang akan dibuat nantinya juga akan sesuai dengan ekspektasi.

cara bisnis kaos pemula mudah

6. Lakukan Pemasaran Secara Online dengan Maksimal

Buat promosi semenarik mungkin dengan menunjukkan detail kaos dan bahan yang digunakan. Untuk itu di bawah ini akan dijelaskan tips promosi kaos sablon agar bisa menguntungkan.

Kaos sablon juga perlu dipromosikan agar menarik minat pembeli dan omsetnya pun akan semakin bertambah. Lantas, apa saja tips-tips promosinya? Berikut ulasannya:

Melalui Google Bisnis

Sebenarnya banyak platform yang bisa dimanfaatkan sebagai promosi. Seperti halnya dengan Google Bisnis yang saat ini banyak digunakan para pengusaha baik kecil, menengah ataupun yang sudah besar.

Dengan memanfaatkan Google bisnis maka promosi pun bisa dijalankan. Bisnis tersebut bisa muncul di kolom pencarian Google, ketika orang yang sedang mencari melalui mesin pencarian. Namun, ada sejumlah hal yang harus diterapkan agar promosi melalui platform ini bisa menghasilkan.

Gunakan Media Sosial

Era teknologi yang semakin maju, membuat seseorang dituntut untuk tanggap dan bisa memanfaatkan berbagai platform yang tersedia. Seperti halnya media sosial. Media sosial bisa menunjang bisnis online yang sedang dijalankan. Melalui promosi yang dilakukan disini, maka jualan pun akan berjalan dan mudah dipromosikan.

Ada berbagai medsos yang bisa dimanfaatkan. Untuk bisnis kaos sablon, instagramlah yang dirasa paling cocok untuk mempromosikan jualan ini. Namun, Facebook juga bisa digunakan sebagai ajang promosi yang bagus pula, karena penggunaannya yang terbilang banyak.

BACA JUGA:  Cara Memulai Bisnis Baju Desain Sendiri Dengan Omzet Puluhan Juta

Sedangkan untuk instagram memiliki keunggulan dari segi gambar. Para pelanggan bisa melihat secara langsung hasil kaos sablon yang dihasilkan melalui gambar-gambar yang dipajang di instagram. Selain itu, ada fitur live yang juga bisa dimanfaatkan ataupun fitur reels yang saat ini sedang populer.

Ikuti Pameran

Biasanya, ada suatu instansi atau perusahaan tertentu yang mengadakan pameran-pameran bagi para pelaku usaha kecil dan menengah. Jangan ragu untuk mengikuti pameran ini, dikarenakan akan menambah koneksi. Selain itu juga bisa mempromosikan bisnis yang sedang dijalankan.

Orang-orang yang berkunjung bisa tahu ada produk yang menarik yang mungkin saja menarik minatnya. Jangan lupa siapkan kartu nama yang berisi kontak bisnisnya, medsos serta katalognya jika ada. Berikan pada para pengunjung yang hadir di pameran tersebut, agar bisa dilihat dan dikunjungi.

Melalui Komunitas atau Perkumpulan

Bisnis kaos terutama sablon tentu erat kaitannya dengan para komunitas. Para anggota komunitas atau suatu perkumpulan tertentu senang membuat kaos yang sama sebagai bentuk identitas dirinya. Sebagai seorang pebisnis yang pandai melihat peluang, tentu bisa mempromosikannya melalui komunitas satu ke lainnya.

Dengan begitu, kaos yang dijual pun bisa lebih mudah dipromosikan. Tipsnya, untuk promosi lewat komunitas berikan harga yang miring ataupun suatu bonus tertentu sebagai penawarannya. Biasanya, para komunitas akan senang dengan hal ini karena pesanannya dalam jumlah yang banyak.

Buatlah Kartu Nama dan Disebarkan ke Kerabat

Cara promosi berikutnya yakni bisa secara konvensional.  Misalnya dengan membuat kartu nama dan menyebarkannya ke kerabat terdekat. Meski terlihat sederhana, namun cara ini bisa mempromosikan kaos sablon yang sedang dijual.

Dengan begitu, omset pun bisa bertambah. Apalagi, promosi dari mulut ke mulut biasanya memiliki kekuatan yang terbilang besar. Jadi, dapat dicoba untuk diterapkan terutama untuk lingkungan terdekat.

BACA JUGA: Contoh Jualan Grosir Daster

Hal ini lantaran, orang Indonesia masih banyak yang percaya akan rekomendasi yang diberikan saudara atau temannya. Dengan adanya kartu nama, maka akan lebih mudah pula disebarkan dan direkomendasikan oleh orang terdekat.

Nah, itulah tips promosi yang bisa dilakukan untuk bisnis kaos sablon. Meski sudah umum dilakukan, namun tips-tips di atas punya kekuatan yang cukup besar untuk promosi.

Apalagi dengan memanfaatkan berbagai platform yang ada malah bisa menambah omset yang didapatkan. Meski begitu, cara promosi konvensional juga harus dipertimbang untuk melengkapi promosi secara digital.

Bagikan artikel: